Mensos Risma, Usaha Keras Salurkan Bantuan Bencana Alor

Menteri Sosial Tri Rismaharini sangat memahami kebutuhan masyarakat Alor terhadap bantuan logistik pemerintha. Ia telah berusaha keras, memastikan.
Menteri Sosial Tri Rismaharini. (Foto: Tagar/Kemensos RI)

Jakarta - Menteri Sosial Tri Rismaharini sangat memahami kebutuhan masyarakat Alor terhadap bantuan logistik pemerintah. Ia telah berusaha keras, memastikan bantuan untuk korban bencana tersebut diterima masyarakat selekas mungkin.

Mensos menyatakan kedatangannya di Adonara yang belum tiga hari pascabencana, sudah disambut reaksi emosional masyarakat. "Nah ini di Alor kan sudah lebih dari tiga hari. Tapi memang kapal saya tidak bisa merapat," kata Mensos usai rapat kerja dengan Komisi VIII di Jakarta, Kamis, 3 Juni 2021.

Mensos mengungkapkan berbagai usaha yang dilakukannya agar bantuan logistik segera sampai ke tangan masyarakaat terdampak Siklon Seroja di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dengan pertimbangan sama, ia memutuskan menerbangkan bantuan dari Surabaya "Karena kalau dari Jakarta akan lebih lama," katanya.

Namun tiba di lokasi bencana, persoalan tidak semudah yang dibayangkan. Karena dampak Siklon Seroja belum sepenuhnya reda sehingga otoritas syahbandar belum mengizinkan adanya aktivitas pelayaran.


Nah ini di Alor kan sudah lebih dari tiga hari. Tapi memang kapal saya tidak bisa merapat.


Infrastruktur telekomunikasi juga belum pulih sehingga komunikasi masih sulit dilakukan. "Kalau seperti ini, bantuan tidak bisa segera terkirim. Syahbandar melarang penyeberangan Jadi anak buah saya, saya suruh naik perahu nelayan jam 2 pagi. Supaya ngga terdetek syahbandar. Jadi anak buahku taruhan nyawa saat itu," kata Mensos.

Dengan berbagai kendala tersebut, bantuan untuk Kecamatan Adonara, Kabupaten Flores Timur, dapat tersalurkan. Namun untuk Kabupaten Alor, saat itu masih sulit ditembus.

Mensos kemudian menyambut bantuan dari pejabat DPRD Kabupaten Alor yang membantu mendistribusikan bantuan kepada penyintas bencana. []


Baca juga: Permintaan Risma Kepada ASN Kemensos di Hari Lahir Pancasila




Berita terkait
Kemensos Berhasil Evakuasi 4 ODGJ dalam Pasungan di Cianjur
Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Sosial RI menyampaikan Kemensos berhasil melakukan evakuasi untuk empat ODGJ dan dirujuk ke rumah sakit.
Kemensos dan Dinsos Bersinergi Lancarkan Hari Lanjut Usia Nasional
Kementerian Sosial dan Dinas Sosial terus berupaya memastikan hak-hak para lansia terpenuhi, termasuk melayani dan menyiapkan ruang untuk mereka.
Kemensos Bahas Sistem Pengumpulan Sumbangan Sosial Melalui PUB
Kementerian Sosial RI berupaya menyempurnakan Rancangan Peraturan Menteri Sosial soal Penyelenggaraan Pengumpulan Sumbangan Masyarakat.
0
Mensos Risma, Usaha Keras Salurkan Bantuan Bencana Alor
Menteri Sosial Tri Rismaharini sangat memahami kebutuhan masyarakat Alor terhadap bantuan logistik pemerintha. Ia telah berusaha keras, memastikan.