UNTUK INDONESIA

Mengenang Gli, Kucing Setia Penjaga Masjid Hagia Sophia

Gli, kucing penjaga setia Masjid Hagia Sophia di Turki kini tinggal kenangan, meninggal dalam usia 16 tahun.
Gli, kucing penjaga setia Masjid Hagia Sophia di Turki kini tinggal kenangan, meninggal dalam usia 16 tahun. (Foto: Tagar|fellowprimo.com|Gli).




.

Jakarta - Gli, kucing penjaga setia Masjid Hagia shopia di Turki ini kini tinggal kenangan. Kucing berwajah chubby itu meninggal dunia dalam usia 16 tahun lantaran uzur, pada 6 November 2020 lalu. 

Instanbul menjadi surganya kucing. Setiap sudut kota dipenuhi oleh ribuan kucing. Di kota ini, kucing diperlakukan layaknya bangsawan. Tak heran jika Instanbul terkenal di seantero dunia sebagai "Kota Kucing".

Gli lahir di Hagia Sophia pada tahun 2004. Ia merupakan kucing jenis Europian Shorthair, atau kucing berbulu pendek yang berasal dari Swedia.

Gli berperawakan gemuk dengan mata sipit berwarna hijau. Gli memiliki dua saudara kandung, yang jantan bernama Pati dan betina dinamai Kizim.

Seperti diberitakan dari felloprimo.com, Gli termasuk yang beruntung dibandingkan dua saudaranya. Ia paling mendapat perhatian dan disayang pengunjung yang datang ke Hagia Shopia.

Salah satu saudara Gli, mati dalam usia muda. Sementara satunya lagi menjadi kucing jalanan di Istanbul. Tingkah lakunya yang lucu membuat Gli menjadi salah satu daya tarik wisatawan domestik dan turis asing selama bertahun-tahun sebelum berubah fungsi dari museum menjadi masjid lagi.

Barack ObamaMantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama saat mengunjungi Hagia Sophia bersama Presiden Turki, Tayyep Erdogan, menyempatkan diri membelai Gli. (Foto: Tagar|fellowprimo.com|Barack Obama).

Gli pertama kali mulai dikenal luas di dunia saat kunjungan mantan Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama saat mengunjungi Hagia Sophia pada 2009 silam. Obama terpesona dengan tingkah lucu Gli dan ikut-ikutan membelai kucing itu seperti Presiden Turki, Recep Erdogan. Foto Obama dan Erdogan membelai Gli ramai di media sosial.

Gli pun menjadi bintang Instgram dengan followers mencapai lebih dari 100.000. Umut Bahceci, seorang pemandu wisata Turki menjadi orang paling berjasa memperkenalkan Gli dengan membuat akun Instagram.

"Saya mulai memperhatikan Gli setiap kali pergi ke Hagia Sophia. Ia berpose dengan pengunjung seperti layaknya seorang model," kata Bahceci kepada Reuters.

Katanya lagi,"Saya seolah-olah mendapat pesan seperti, 'Gli, kami akan datang ke Istanbul untuk melihat Anda. Ini benar-benar perasaan yang sangat menyenangkan."

Saat Presiden Erdogan memutuskan untuk mengalifungsikan Hagia Sophia menjadi masjid, mucul perdebatan apakah Gli harus pindah dari Hagia Sophia? Saat perdebatan berlangsung, Juru Bicara Kepresidenan Turki, Ibrahim Kalin mengatakan kepada Reutres bahwa Hagia Sophia sudah menjadi rumah bagi Gli dan dia tetap tinggal di sana.

Namun, kini penjaga setia Hagia Sophia sudah tidak ada lagi. Mereka - para pengunjung baik wisatawan domestik dan turis asing yang sering berkunjung dan kenal dekat, tentu merasa kehilangan Gli.

Ribuan kucing ada di setiap sudut kota Instanbul. Apakah diantara ribuan itu, bisa menjadi pengganti Gli yang disayangi banyak pengunjung Hagia Sophia? []

Berita terkait
14 Orang Tewas, 419 Korban Terluka Akibat Gempa Turki
Sedikitnya 14 orang tewas dan 419 lainnya luka-luka setelah gempa bumi dahsyat di Laut Aegea merobohkan bangunan di kota Izmir, Turki.
Aliansi NATO Makin Tidak Sabar dengan Agresi Turki
Amerika Serikat dorong negara-negara anggota NATO untuk bekerja dengan Turki atasi perpecahan yang buat Ankara bergerak lebih dekat ke Rusia
Khutbah Pertama Salat Jumat di Hagia Sophia Turki
Turki melaksanakan salat Jumat pertama di masjid Hagia Sophia dengan dihadiri ribuan jemaah, termasuk Presiden Recep Tayyip Erdogan.
0
Mengenang Gli, Kucing Setia Penjaga Masjid Hagia Sophia
Gli, kucing penjaga setia Masjid Hagia Sophia di Turki kini tinggal kenangan, meninggal dalam usia 16 tahun.