UNTUK INDONESIA
Mengenal Istilah Bekibolang dan Bekitabolang
Setiap pengendara sepeda motor dan mobil banyak yang belum mengetahui istilah Bekibolang dan Bekitabolang.
Pengendara tidak diperbolehkan belok kiri langsung kecuali ditentukan oleh rambu lalu lintas. (Foto: Instagaram/budayadisiplin)

Jakarta - Setiap pengendara sepeda motor dan mobil banyak yang belum mengetahui istilah Bekibolang dan Bekitabolang. Bekibolang merupakan sinonim dari 'belok kiri boleh langsung', sementara Bekitabolang merupakan sinonim dari 'belok kiri tidak boleh langsung'.

Istilah tersebut biasa digunakan bagi pengendara yang hendak belok di persimpangan yang terdapat lampu lalu lintas. Pada umumnya di persimpangan tersebut akan terdapat rambu-rambu yang menunjukkan mengenai larangan belok kiri langsung maupun diperbolehkan belok kiri langsung.

Pada dasarnya, tidak semua kendaraan diperbolehkan langsung belok kiri saat di persimpangan. Kecuali, ada rambu-rambu yang memperbolehkan untuk jalan terus dan sebagainya.

Hal tersebut pun sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, yang ditetapkan dalam Rapat Paripurna DPR RI pada 26 Mei 2009 yang kemudian disahkan oleh Presiden RI pada 22 Juni 2009.

Baca juga: Kecelakaan Lalu Lintas dan Sistem Transportasi Kita

Pada pasal 112 ayat 3 tertulis bahwa, "Pada persimpangan Jalan yang dilengkapi Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas, Pengemudi Kendaraan dilarang langsung berbelok kiri, kecuali ditentukan lain oleh Rambu Lalu Lintas atau Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas," dikutip dari portal Kementerian Luar Negeri, Kamis, 5 Maret 2020.

Dengan adanya UU tersebut, setiap pengendara tidak boleh sembarangan belok kiri saat melewati persimpangan. Harus dipastikan keberadaan rambu yang mengatur tentang imbauan belok kiri. Apabila melanggar, pengendara akan dikenakan sanksi kurungan dua bulan atau denda maksimal paling banyak Rp 500 ribu.[]

Berita terkait
Video: Aksi YouTuber Bergulat di Lampu Merah
Salah satu YouTuber membuat konten unik melakukan gulat di lampu merah. Aksi tersebut mengundang perhatian pengguna jalan.
Imbas Lampu Lalu Lintas Padam, Ini Kata Polisi
Polda Metro Jaya menurunkan personel untuk menangani keamanan lalu lintas hingga objek vital selama listrik padam di Jakarta.
Listrik Mati, Lampu Lalu Lintas Tak Berfungsi
Sejumlah lampu pengatur lalu lintas di kawasan Jakarta Barat tak berfungsi. Itu akibat pemadaman listrik bergilir oleh PLN.
0
Pertamina Sulap Lapangan Bola Jadi RS Darurat Covid-19
Pertamina menyulap bekas lapangan sepak bola seluas 22.700 meter persegi di Simprug, Senayan, Jakarta Selatan menjadi RS Darurat Covid-19.