UNTUK INDONESIA
Memakai Lensa Kontak dengan Cara yang Sehat
Kita hanya memiliki sepasang mata, maka harus dirawat dengan baik. Jika pakai lensa kontak, maka pakailah dengan benar agar mata tetap sehat.
Ilustrasi: Cara memakai lensa kontak (Foto: pressherald.com)

Ingat, kita hanya punya sepasang mata, maka rawatlah dengan baik!

Merawat lensa kontak (softlens) dengan benar dapat membantu Anda melihat lebih baik dan menjaga mata Anda tetap sehat. Diperkirakan lebih dari 125 juta orang di dunia yang memakai lensa kontak atau dua persen dari jumlah penduduk dunia. Di AS diperkirakan ada 45 juga warga yang memakai lensa kontak, sedangkan di Jepang diperkirakan lebih dari 13 juta warga Neger Sakura itu memakai lensa kontak.

Jika lensa kontak dirawat dengan benar, maka lensa kontak memberikan cara yang aman dan efektif untuk memperbaiki penglihatan. Lensa kontak merupakan lensa korektif, kosmetik, dan terapi yang pasang di kornea mata.

Namun, perlu diingat juga bahwa memakai lensa kontak bisa meningkatkan peluang Anda terkena infeksi mata, terutama jika Anda tidak merawatnya dengan cara yang benar.

Ada dua jenis lensa kontak yang dikenal luas, yaitu: 

Soft Contact Lenses. Lensa jenis ini lembut dan lentur sehingga nyaman dipakai. Namun, soft lens lebih rapuh dan perlu dibersihkan lebih sering daripada hard lenses karena terbuat dari bahan silicone hydrogel (jenis plastik lembut yang mampu menyerap banyak air). Lensa jenis ini dijual bebas.

Hard Contact Lenses. Lenda ini bentuknya lebih kaku dan keras, tapi memberikan penglihatan yang lebih tajam. Lensa ini berpori sehingga oksigen bisa masuk. Hard lens tidak dijual bebas, tapi melalui resep dokter.

Sejarah panjang penemuan lensa kontak yang disebut dimulai tahun 1508 berdasarkan sketsa kacamata yang ada dalam buku catatan Leonardo da Vinci. Tahun 1888 Adolf Fick melakukan serangkaian uji coba. Akhirnya setelah melewati serangkaian uji coba pada tahun 1935 Fick berhasil membuat lensa kontak. Tahun 1960 lensa kontak berkembang dengan bahan Hydrogel yang ditemukan oleh ahli kimia dari Ceko bernama Otto Wichterle dan Drahoslav Lim.

Kesehatan lensa kontak dimulai dari Anda.

Baik pemakai lensa kontak dan penyedia perawatan mata memainkan peran yang penting dalam perawatan mata yang tepat. Berbincang dengan perawat mata membantu Anda agar lebih memahami cara yang sehat untuk melindungi mata Anda dari infeksi karena pemakaian lensa kontak.

Ikuti instruksi dokter mata tentang cara memakai, membersihkan, dan menyimpan lensa kontak dengan benar. Ini akan membawa kenyamanan dan manfaat lensa kontak dan menurunkan peluang terkena infeksi mata. Kebiasaan perawatan lensa kontak serta mengikuti saran dokter mata sangat penting untuk menjaga kesehatan mata.

Pakailan lensa kontak dengan aman. Ini langkah yang perlu dilakukan untuk melindungi mata, yaitu: 

1. Jangan memakai lensa kontak saat tidur kecuali ada saran dari dokter mata. Studi menunjukkan kalau lensa kontak dipakai ketika tidur akan meningkatkan kemungkinan infeksi mata sebanyak 6 sampai 8 kali.

2. Jangan pernah mencampur larutan segar dengan larutan lama atau bekas. Pakailah larutan yang baru karena kalau dicampur akan menurunkan daya larutan membunuh kuman.  

3. Lensa kontak jangan dicampur dengan air. Lensa kontak bisa terpapar kuman dari air yang seterusnya akan ke mata.

Hindari memakai lensa kontak yang jelek karena bisa merusak penampilan, bahkan bisa menyebabkan infeksi pada mata. (Sumber: cdc.gov, alodokter.com, id.wikipedia, dan sumber-sumber lain).

Berita terkait
Tips Memilih Kacamata Berdasarkan Bentuk Wajah
Kini sudah tersedia berbagai model bingkai kacamata yang dipakai sebagai alat bantu penglihatan sekaligus fashion bagi pemakainya.
Kacamata Pintar 2018 akan Didukung Alexa
perusahaan Vuzix akan segera merilis sebuah kacamata pintar berteknologi Augmented Reality (AR) dengan dukungan asisten digital virtual Alexa milik Amazon.
Cantiknya Mata dengan Softlens Tapi Tilik Resikonya
Nah, pengaruh positifnya sih banyak. Tapi harus hati-hati loh dengan bahaya penggunaan softlens itu. Baca info berikut:
0
Cara Produksi Gula Merah dari Kelapa Sawit di Aceh
Warga Kota Subulussalam, Aceh melakukan sebuah inovasi pengolahan gula merah yang dihasilkan dari sadapan batang pohon sawit.