Mau Jadi Pro Finance? Yuk, Kenali Lebih dalam Profesi Ini

Seorang financial banker di luar negeri sendiri memiliki kehidupan yang lebih mapan dibandingkan di Indonesia.
Profesi Finance (Foto:Tagar/Pixels/Snapwire)

Jakarta – Menjadi seorang Finance memang diminati oleh banyak orang. Pasalnya, profesi ini dibutuhkan di berbagai macam perusahan bahkan instansi pemerintahan. Selain itu, gaji yang ditawarkan dalam posisi finance juga tidak main–main sehingga diminati oleh banyak orang. Bagi anda yang berminat menjadi seorang finance, simak informasi dibawah ini lebih dalam untuk mengenal profesi Finance.

Profesi Finance merupakan profesi yang memiliki tanggung jawab dalam pencarian, pengelolaan, pengalokasian dana, dan melakukan pembayaran pada suatu perusahaan atau instansi pemerintahan.

Seorang finance bertanggung jawab dalam mengatur kebutuhan uang kas dan memastikannya sesuai dengan pencatatan yang dilakukan oleh bagian Accounting. Pada hal ini, seorang Finance memiliki hak memegang uang perusahaan termasuk menerima dan mengeluarkan uang tersebut baik pada kas, bank, deposit, dan investasi.

Peran seorang Finance adalah membantu dan melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh Koordinator Keuangan dan Umum, melaksanakan pencatatan dan pengumpulan data-data dan atau bukti-bukti transaksi dalam kegiatan perusahaan, menyusun bukti-bukti laporan secara baik dan benar, mengklarifikasi semua transaksi yang terjadi dalam perusahaan kepada Koordinator Keuangan dan Umum, menyusun dokumen-dokumen kegiatan-kegiatan akuntansi dan keuangan perusahaan.

Juga menerima pembayaran atau setoran tagihan dari hasil-hasil transaksi kegiatan usaha perusahaan, membayarkan tagihan-tagihan kepada pihak luar perusahaan setelah data-data dan syarat kelengkapannya terpenuhi, serta setelah mendapat persetujuan dari pimpinan atau pejabat perusahaan yang diberi wewenang untuk itu, mengklasifikasikan semua tagihan-tagihan yang timbul dan atau yang akan dibayarkan pada pihak luar melalui Koordinator Keuangan dan Umum.

Kemudian, bertanggung jawab mengatur pemasukan dan pengeluaran kas kecil, membukukan dan mengadministrasikan semua transaksi penerimaan dan pengeluaran kas Perusahaan.

Mengumpulkan dan mengarsipkan data-data dan atau bukti-bukti transaksi yang terjadi dalam perusahaan, menyusun tagihan-tagihan sesuai tanggal jatuh tempo dan menjadwalkan pembayaran tagihan-tagihan pada pihak luar Perusahaan, mengurus administrasi pada bank atau lalu lintas keuangan Perusahaan pada bank yang telah ditetapkan, dan yang terakhir bertanggung jawab kepada finance manager

Peluang kerja sebagai seorang Finance akan selalu terbuka, karena seorang finance mengatur segala urusan keuangan di suatu perusahaan. Finance berperan penting dalam mengelola uang dan proses aktual untuk memperoleh dana yang mempengaruhi kehidupan perusahaan. 

Finance berhubungan dengan pengawasan, penciptaan dan studi keuangan, perbankan, kredit, investasi, aset, dan liabilitas yang membentuk sistem keuangan. Seorang Finance akan Mencatat semua transaksi keuangan, Melakukan transaksi keuangan perusahaan, Melakukan pembayaran kepada supplier, mengontrol aktivitas keuangan atau transaksi keuangan perusahaan, dan membuat laporan mengenai aktivitas keuangan perusahaan.

Seorang financial banker di luar negeri sendiri memiliki kehidupan yang lebih mapan dibandingkan di Indonesia. Hal ini dikarenakan financial banker di luar negeri memiliki penghasilan lebih tinggi. Sebagai contoh, seorang financial banker di Singapura memiliki kisaran pendapatan minimal US$120.000 (Rp1,4 miliar) hingga US$300.000 (Rp3,5 miliar) per tahun. Bagaimana tertarik menjadi seorang Finance?[]


(Ratu Mitha Amelia)

Baca Juga:

Berita terkait
Arti Manajer Investasi Menurut Otoritas Jasa Keuangan
Menurut OJK, manajer investasi adalah perusahaan yang mendapat izin usaha untuk melakukan kegiatan usaha manajemen investasi.
Manfaat Asuransi bagi Keuangan dan Kehidupan
Cindy Xie dan Lolita Setyawati kembali mengingatkan jangan pernah menunda-nunda memiliki asuransi karena sangatlah penting
5 Kunci Sukses Mengatur Keuangan
Ada beberapa hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi pengelolaan keuanganmu.
0
Mau Jadi Pro Finance? Yuk, Kenali Lebih dalam Profesi Ini
Seorang financial banker di luar negeri sendiri memiliki kehidupan yang lebih mapan dibandingkan di Indonesia.