UNTUK INDONESIA
Marbut Masjid Dimakamkan Ala Covid-19 di Agam
Seorang marbut asal Padang Pariaman dimakamkan sesuai protap Covid-19 di kampung istrinya di Kabupaten Agam.
Pemakaman seorang marbut masjid yang positif Covid-19 di Kabupaten Agam. (Foto: Tagar/Rifa Yanas)

Agam - Setelah lima hari bertarung melawan maut, seorang marbut masjid yang dinyatakan positif terpapar Covid-19 meninggal dunia, Senin, 27 April 2020. Pasien asal Kabupaten Padang Pariaman itu dimakamkan di kampung istrinya di Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Informasi yang kami terima pasien sempat dirawat di RS Unand lalu dirujuk ke RSUP M Djamil Padang.

Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Agam Martias Wanto mengatakan permintaan pemakaman dilakukan di kampung istrinya sesuai kehendak keluarga. Prosesi pemakamanya pun sesuai protap Covid-19.

"Informasi yang kami terima pasien sempat dirawat di RS Unand lalu dirujuk ke RSUP M Djamil Padang. Dinyatakan meninggal dunia Senin menjelang subuh, sekitar pukul 03.00 Wib. Statusnya positif Covid-19,” katanya kepada Tagar melalui pesan WhatshApp, Senin, 27 April 2020.

Hingga kini, tercatat sudah 7 orang jenazah yang dimakamkan di wilayah Kabupaten Agam sesuai protokol Covid-19. Namun, dari hasil tes swab pasien sebelumnya hanya dia yang positif Covid-19.

“Jika dikalkulasi seluruhnya, lima pasien hasilnya negatif. Hanya dua yang positif, satu warga Kabupaten Padang Pariaman ini, satu lagi warga Kecamatan Sungaipua, Agam,” jelasnya

Selain itu, menurut Martias, ada satu pasien baru yang juga dikabarkan meninggal dunia di RSAM Bukittinggi dan juga warga Kabupaten Agam.

“Magrib jelang berbuka ini kami dapat laporan ada pasien PDP asal Biaro yang meninggal dunia. Namun hasil swabnya belum keluar dan kemungkinan akan dimakamkan besok," katanya.

Menyikapi fenomena itu, Martias mengimbau warga Agam tidak panik dan tetap tenang menanggapi isu yang berkembang.

"Tetap jalankan pola hidup sehat dan bersih, serta taati protokol kesehatan seperti social dan physical distancing, pakai masker, hindari keramaian dan lainnya,” katanya. []



Berita terkait
Ramadan Perdana 2020, Satu Rumah Terbakar di Agam
Kebakaran menghanguskan satu unit rumah di Kabupaten Agam, Sumatera Barat.
Hadapi PSBB, Stok Beras 70 Persen Warga Agam Aman
Dengan bantuan yang sudah disalurkan, sedikitnya 70 persen warga Kabupaten Agam sudah memiliki stok beras selama Ramadan.
Gagal Ginjal, Warga Agam Dimakamkan Ala Covid-19
Seorang warga Kabupaten Agam yang diduga menderita penyakit gagal ginjal dimakamkan sesuai protokol covid-19.
0
Jenis Olahraga yang Aman Selama Puasa
Namun, saat menjalani puasa Ramadan banyak orang yang malas berolahraga karena takut kelelahan, dan batal puasanya.