Manfaat Surat Al-Waqiah Jika Dibaca Secara Rutin

Manfaat surat Al Waqiah merupakan wujud amalan yang akan terus mengalir. Manfaat surat Al Waqiah bisa didapat untuk mencari ridha Allah SWT.
Ilustrasi Al- Quran (Foto: /Pixels/GR Stocks

Jakarta - Jika dibaca secara rutin manfaat surat Al Waqiah akan mulai terasa dalam jiwa. Manfaat surat Al Waqiah didapat dari keistimewaannya bagi muslim. Manfaat surat Al Waqiah sering dikaitkan dengan kelimpahan rezeki dan dijauhkan dari kemiskinan.

Manfaat surat Al Waqiah merupakan wujud amalan yang akan terus mengalir. Manfaat surat Al Waqiah bisa didapat untuk mencari ridha Allah SWT.


Dijauhkan dari Kemiskinan

Jika dibaca secara rutin, manfaat surat Al Waqiah akan menghindarkan pembacanya dari kemiskinan. Ia juga akan senantiasa mendapat pahala dan rezeki berlimpah.


Tidak akan Ditimpa Kefakiran

Abdullah bin Mas'ud pernah mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

" Barangsiapa yang membaca surat Al Waqiah, ia tidak akan tertimpa oleh kefakiran selamanya." (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).

Dari hadits tersebut dijelaskan bahwa barangsiapa yang membaca Surat Al Waqiah setiap hari, niscaya ia tidak akan ditimpakan kekafiran. Kekafiran adalah salah satu hal yang sangat dibenci oleh Allah SWT.


Surat Kekayaan

Manfaat surat Al Waqiah yang berikutnya adalah surat ini merupakan surat kekayaan. Dari Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata:

" Barangsiapa yang membaca surat Al Waqiah pada malam Jumat, ia akan dicintai oleh Allah, dicintai oleh manusia, tidak melihat kesengsaraan, kefakiran, kebutuhan, dan penyakit dunia; surat ini adalah bagian dari sahabat Amirul Mukimin (sa) yang bagi beliau memiliki keistimewaan yang tidak tertandingi oleh yang lain." (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).

Dengan membaca surat Al Waqiah setiap hari maka dapat memudahkan seseorang mendapatkan rezeki yang halal, pun nikmat Allah yang terus mengalir.


Dikabulkannya Seluruh Hajat yang Berhubungan dengan Rezeki

Jika surat Al Waqiah dibaca sebanyak 41 kali dalam satu majelis, maka Insya Allah akan ditunaikan semua hajat yang dimohonkan terutama yang berhubungan dengan rezeki.


Dilindungi dari Kemudharatan Dunia

Manfaat surat Al Waqiah adalah menjadi pelindung dari kemudharatan dunia. Jika surat Al Waqiah ini dibacakan untuk atau oleh wanita dan juga gadis, maka akan berguna untuk melindungi diri dari segala macam kemudaratan dunia sekaligus terhindar juga dari kemiskinan.


Memperoleh Kekayaan dan Rezeki Berlimpah

Jika surat Al Waqiah dibaca sebanyak 14 kali seusai sholat Ashar maka orang tersebut akan mendapatkan kekayaan yang berlimpah dan tidak akan ada habisnya.


Mempermudah Sakaratul Maut

Manfaat surat Al Waqiah yang berikutnya adalah dapat mempermudah sakaratul maut. Jika orang yang sedang sakaratul maut dibacakan surat Al Waqiah, maka akan dipermudah ruhnya keluar dari jasad seseorang, sehingga tidak akan merasakan sakaratul maut terlalu lama.


Diberikan Syafaat pada Hari Kiamat

Diriwayatkan Imam Muslim, Rasulullah bersabda:

Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: " Barangsiapa yang merindukan surga dan sifatnya, maka bacalah surat Al Waqiah; dan barangsiapa yang ingin melihat sifat neraka, maka bacalah surat As-Sajadah." (Tsawabul A’mal, hlm 117).[]


(Ratu Mitha Amelia)


Baca Juga:

Berita terkait
Kumpulan Doa Pendek yang Mudah Dihafalkan Anak-anak
Menghafal doa pendek bagian dari upaya menanamkan nilai-nilai agama untuk anak oleh orang tua.
Kumpulan Doa Cepat Menemukan Jodoh yang Baik
Banyak yang bilang bahwa jodoh itu tak akan ke mana. Namun kalau Tagarians tak berusaha, bukan tak mungkin akan kesulitan mendapatkan jodoh.
Kumpulan Humor Gus Dur Paling Lucu
Gus Dur juga banyak memiliki humor lucu yang bisa membuat seseorang tertawa terpingkal-pingkal. Ia juga banyak mengajarkan tentang kehidupan.
0
Manfaat Surat Al-Waqiah Jika Dibaca Secara Rutin
Manfaat surat Al Waqiah merupakan wujud amalan yang akan terus mengalir. Manfaat surat Al Waqiah bisa didapat untuk mencari ridha Allah SWT.