UNTUK INDONESIA
Manfaat Merotasi Keempat Ban Mobil
Merotasi ban mobil dari depan ke belakang banyak manfaatnya. Salah satunya agar keausan telapak ban mobil terbentuk secara merata.
Ilustrasi - Spooring dan Balancing. (Foto: Instagram @suryaanekaban)

Jakarta - Merotasi ban mobil dari depan ke belakang banyak manfaatnya. Salah satunya agar keausan telapak ban mobil terbentuk secara merata. Menjaga kondisi ban akan meningkatkan keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara. Poin penting demikian yang harus menjadi perhatian pemilik mobil.

"Rotasi ban supaya keausan telapak ban menjadi merata. Jika tidak dirotasi, ban depan yang kerjanya lebih berat akan cepat habis karena sering dibuat belok," kata Manager Operasional Carfix Indonesia Gunawan di Jakarta Selatan, seperti dikutip dari Antara, Jumat. 21 Februari 2020.

Gunawan menjelaskan selain menopang bobot kendaraan, ban depan mobil juga bekerja lebih keras karena berhubungan dengan gerak kemudi. Hal itu membuat ban depan lebih cepat habis ketimbang ban belakang.

Dia mengatakan ban depan mobil yang digunakan dalam periode tertentu umumnya terlihat lebih tipis pada bagian sisi terluar sehingga bisa dirotasi dengan ban belakang yang lebih tebal.

Gunawan mengatakan, rotasi ban bisa dilakukan setiap 10.000 kilometer, atau setiap melakukan perawatan spooring dan balancing.

Apabila rotasi ban dilakukan dengan benar, maka umur ban akan habis secara bersamaan yang memudahkan proses pergantian, yakni sekali kerja untuk empat ban.

"Kalau bisa usia ban, empat buah, harus rata. Setelah habis, ban bisa diganti semua bersamaan sehingga tidak ada yang tebal sebelah," katanya.

Gunawan menuturkan ada beberapa cara rotasi ban, pertama adalah secara horisontal yakni ban depan kanan ditukar dengan ban belakang kanan. Bisa juga secara diagonal yakni ban depan kanan ditukar dengan belakang kiri, begitu juga sebaliknya.

Dia menjelaskan, perawatan kaki-kaki mobil melalui spooring dan balancing juga mesti dilakukan setidaknya setiap 10.000 kilometer.

"Spooring juga penting, supaya ban habisnya rata, tidak habis bagian samping doang. Jika posisi ban tidak lurus, dan beda satu derajat umur ban bisa berkurang tujuh persen," ujar Gunawan. []

Berita terkait
Manfaat Spooring dan Balancing pada Mobil
Untuk itu jika tiba saatnya untuk spooring dan balancing, sebaiknya segera lakukan itu.
Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin
Kondisi sebaliknya apabila AC mobil rusak atau bermasalah maka kabin akan terasa panas di tengah kondisi lalu lintas yang macet seperti di Jakarta.
Lima Cara Merawat Ban Motor Agar Awet
Keberadaan ban pada motor atau mobil seringkali disepelekan oleh sebagian orang.
0
Aceh Belum Miliki Laboratorium Cek Pasien Corona
Rumah Sakit Umum Daerah Cut Meutia belum memiliki laboratorium untuk mengecek langsung bagi pasien yang mengidap virus corona.