Jakarta - PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) memberikan penjelasan terkait adanya gangguan pada sistem mobile banking Mandiri Online yang mengalami down pada Jumat, 25 September 2020. Menurut mereka, error di sistem Mandiri Online terjadi lantaran adanya upaya peningkatan kualitas layanan.
"Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan, saat ini Bank Mandiri sedang melakukan perawatan sistem Mandiri Online," ujar pernyataan resmi dari dari Bank Mandiri, dikutip Tagar pada Jumat, 25 September 2020.
"Atas hal itu, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan," kata mereka.
Dalam pernyataannya, Bank Mandiri menyampaikan bahwa nasabah saat ini tetap bisa bertransaksi melalui bebagai saluran lain, seperti USSD *141*6#, SMS Banking atau mandiri ATM.
Sebelumnya, sepanjang Jumat pagi hingga siang, nasabah bank Mandiri mengeluhkan adanya error dalam sistem mobile banking Bank Mandiri. Melalui Twitter, warganet mengaku kesulitan untuk mengakses layanan dan bertransaksi melalui aplikasi Mobile Online.
Beberapa nasabah mengaku mendapatkan notifikasi gagal masuk ke laman Mandiri Online. Tulisan yang tertera berbunyi "Gangguan Koneksi, Periksa koneksi internet Anda dan silakan coba lagi" dikeluhkan warganet saat mencoba mengakses layanan tersebut.
Selain itu, kalimat lain yang ditemui warganet saat mengakses Mandiri Mobile juga ada yang berbunyi "Terdapat Gangguan, proses memuat belum berhasil, silakan coba lagi."
"Mau pake wifi atau cell data juga ngga bisaaa. Buat zoom aja bisa kok, berarti kan mbanking nya yang bermasalah," cuit seorang warganet di media sosial Twitter.
"udh lebih dari 6 jam masih belum bisa juga. engga kecabut kan kabel servernya ? semoga aman ya," kata seorang warganet lain.
- Baca juga: Bank Mandiri Targetkan SR013 Terjual Hingga Rp1,52 T
- Baca juga: Bulan Depan, Bank Mandiri Bakal Gelar RUPSLB
Pada pukul 15.00 WIB, Tagar mencoba masuk ke layanan Mobile Banking Mandiri Online dan berhasil. Seluruh transaksi dan layanan dapat dibuka dan diakses tanpa ada gangguan. []