UNTUK INDONESIA
Madu dan Empat Makanan Tidak Boleh Dikonsumsi Mentah
Beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi mentah berpotensi membahayakan tubuh, salah satunya madu.
Madu. (Foto: Pixabay/PollyDot)

Jakarta - Memang ada beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi mentah, karena berpotensi membahayakan tubuh. Hal itu tentu harus menjadi perhatian semua orang agar kesehatan tetap terjaga. 

Berikut Tagar rangkum dari berbagai sumber, daftar makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi dalam keadaan mentah.

1. Madu

MaduMadu. (Foto: Pixabay/PollyDot)

Tidak disangka ternyata madu tidak baik untuk dikonsumsi mentah, terutama untuk anak kecil. Walaupun sekarang ini mudah sekali menemukan madu mentah di toserba, ternyata kandungan grayanotoxinnya berbahaya bagi tubuh.

Dampaknya, Anda bisa merasakan lemas, mual hingga muntah, hipertensi, dan kepala pusing.

Melihat itu, tentu harus jadi perhatian bagi semua orang terhadap efek yang akan ditimbulkan, karena madu termasuk dalam jenis makanan yang tidak boleh dimakan dalam keadaan mentah.

2. Susu

SusuIlustrasi. (Foto: Pixabay/Ilona Couleur)

Susu mentah juga masuk dalam kategori makanan yang tidak boleh dimakan dalam keadaan mentah. Jika tidak diperhatikan, tentu akan banyak dampak yang membahayakan kesehatan tubuh.

Menurut CDC atau setara dengan Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, susu yang belum dipasteurisasikan berbahaya bagi tubuh Anda. Hal ini dikarenakan terdapat bakteri yang bisa membahayakan nyawa Anda, seperti, Brucella, Campylobacter, Salmonella, E.Coli, Listeria  

Kelima jenis bakteri ini adalah sebagai pemicu diare, kram perut, dan mual hingga muntah. Namun, jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, anda bisa terkena penyakit GBS (sindrom guillain bare). 

Penyakit ini mampu membuat Anda lumpuh, gagal ginjal, stroke, hingga meninggal dunia. Jika sudah telanjur memakannya, segeralah datangi dokter untuk perawatan lebih lanjut. 

3. Kacang Merah

Kacang MerahKacang Merah. (Foto: Pixabay/PublicDomainPictures)

Kacang merah harus dimasak dengan benar. Jika tidak dapat membahayakan kesehatan tubuh. 

Kacang ini mengandung lektin, yang jika dikonsumsi dalam dosis tinggi dapat menyebabkan masalah pencernaan, mual dan muntah. Jadi mengonsumsinya, Anda harus merendam kacang dalam air beberapa waktu dan merebus hingga mendidih untuk menghindari masalah ini.

4. Kentang

KentangKentang. (Foto: Pixabay/Couleur)

Sebelum dikonsumsi, sebaiknya kentang diolah dahulu dengan digoreng atau direbus. Kentang mentah mengandung senyawa beracun yang disebut solanine, yang bisa membuat aneka masalah dalam perut hingga pecernaan terganggu. 

Pastikan kamu memasak kentang hingga benar-benar matang dan empuk. Jika tidak, kandungan Solonine yang membahayakan itu bisa menimbulkan penyakit seperti pingsan atau lumpuh tak sadarkan diri. 

5. Singkong

SingkongSingkong. (Foto: Pixabay/Brett_Hondow)

Singkong sangat berbahaya jika dimakan mentah, karena mengandung sianida. 

Singkong mentah menghasilkan sianida dalam bentuk senyawa glikosida sianogenik yang dinamakan linimarin. Senyawa ini relatif tidak beracun. 

Jika dimakan mentah akan mengalami proses enzimatik yang mengurai linimarin menjadi hidrogen sianida. Zat ini merupakan salah satu bentuk racun sianida yang paling berbahaya. Untuk itu pastikan untuk mengupas dan mencuci bersih singkong sebelum dimasak.[]  

Baca juga:

Berita terkait
Empat Manfaat Ketawa untuk Kesehatan
Selain bermanfaat untuk kesehatan mental, tertawa juga berpengaruh positif terhadap banyak organ tubuh.
BPJS Kesehatan: Iuran JKN-KIS Disesuaikan Tiap 2 Tahun
Langkah pemerintah yang menyesuaikan iuran JKN-KIS setiap dua tahun sudah sesuai dengan Peraturan Presiden No 82 Tahun 2018
Sensasi Terapi Kesehatan di Pantai Cepi Watu NTT
Pantai Cepi Watu merupakan obyek wisata tersohor yang terletak di Nusa Tenggara Timur (NTT). Di sini bahkan bisa juga untuk terapi stroke.
0
Rusuh di Penajam Pasir Utara Berawal dari Penganiayaan
Kerusuhan yang terjadi karena dipicu kejadian penikaman pada Rabu, 9 Oktober 2019 lalu. Namun kemudian dikaitkan dengan konflik suku.