Lionel Messi Masih Bisa Bawa Barcelona Juara
Bintang Barcelona Lionel Messi tetap akan menunjukkan performa terbaik sampai empat tahun mendatang.
Performa bintang Barcelona Lionel Messi diperkirakan sama sekali tidak menurun sampai empat tahun ke depan. (Foto: dailymail.co.uk)

Jakarta - Barcelona tak perlu cemas bila masih bergantung kepada Lionel Messi. Performa sang kapten tidak akan berubah sampai tiga atau empat tahun ke depan dan dia masih bisa membawa Barca meraih gelar juara. 

Messi belum menunjukkan tanda-tanda penurunan meski sudah berusia 31. Mantan kompatriotnya di lini tengah, Xavi Hernandez, menyebut Messi masih bisa berada di puncak sampai tiga atau empat tahun ke depan. 

Musim ini, dirinya mengantarkan Barca meraih titel La Liga Spanyol. Barca juga berpeluang meraih gelar ganda bila memenangi Copa del Rey. Di laga final, Sabtu atau Minggu 26 Mei 2019 dini hari WIB, Blaugrana menghadapi Valencia di laga puncak. 

Barca hanya gagal di Liga Champions. Mereka hanya mampu bertahan sampai semifinal setelah disingkirkan Liverpool

Messi juga mengukuhkan sebagai pencetak gol terbanyak di La Liga. Dirinya sudah 36 kali membobol gawang lawan di kompetisi domestik. Total gol yang dicetak kapten tim nasional Argentina ini mencapai 50 biji di berbagai kompetisi.

Messi selalu ingin lebih baik dari apa yang sudah dicapainya. Dia sungguh sosok yang profesional. Fisik dan mentalnya kuat. Dia adalah nomor 1 untuk semuanya

Dalam kariernya selama 15 tahun di Barca. Messi sudah meraih 34 trofi. Jumlah itu lebih banyak ketimbang usianya. Ini belum termasuk penghargaan atau trofi individu dan timnas. 

Persoalannya, bagaimana bila Messi pensiun? Apakah Barca mengalami keterpurukan karena sebelumnya terlalu bergantung kepada Messi. 

Namun, Xavi tegaskan Barca tak perlu khawatir karena performa Messi sama sekali tak menurun. 

"Kita selalu berbicara soal era setelah Messi. Tetapi lihat saja Leo masih bisa bermain seperti sekarang ini sampai tiga atau empat tahun lagi. Dia masih akan berada di level atas seperti kondisi dia sekarang ini," ujar Xavi. 

Menurut dia, Messi selalu termotivasi untuk menjadi yang terbaik. Dia selalu ingin melampui rekor yang sudah diciptakannya. 

"Messi selalu ingin lebih baik dari apa yang sudah dicapainya. Dia sungguh sosok yang profesional. Fisik dan mentalnya kuat. Dia adalah nomor 1 untuk semuanya," kata Xavi lagi. 

Xavi tegaskan Barca masih bisa meraih trofi Liga Champions lagi sebelum Messi pensiun. Dia juga meyakini Barca sudah akan melakukan persiapan dan mengantisipasi bila Messi sudah saatnya mengundurkan diri. 

"Jadi tenang saja, era Messi masih belum berakhir," jawabnya. []

Baca juga: 

Berita terkait
0
Mencium Aroma Lemon Tubuh Lebih Langsing
Sebuah penelitian memperlihatkan mencium aroma lemon ternyata bisa membuat seseorang merasa lebih langsing.