Tagar News - Sekarang ini mencari kerja menjadi lebih mudah dengan lowongan kerja online. Dengan membuka situs pencarian kerja di internet, Anda dapat melamar pekerjaan impian Anda. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mencari lowongan kerja online.

Untuk Anda yang belum terbiasa menyusuri laman internet untuk mencari kerja, pasti akan bingung dengan prosesnya. Padahal dewasa ini perusahaan sudah tidak bersusah payah membuka lowongan kerja offline apalagi walk in interview. Mereka lebih memilih untuk memasang iklan di situs-situs pencarian kerja.

Jadi untuk Anda yang bingung, berikut tips mencari lowongan kerja online dari Glints yang bisa Anda perhatikan:

Riset

Dalam mencari lowongan kerja online Anda harus memperbanyak riset. Banyak dari pencari kerja belum tahu ingin melamar kerja di bidang apa dan perusahaan apa. Ketika membuka situs pencarian kerja, para pencari kerja hanya mendaftar ke pekerjaan yang terlihat keren atau cocok. Namun, ada baiknya Anda sudah meriset jenis-jenis pekerjaan yang ingin Anda lamar. Sehingga, ketika pada proses wawancara kerja Anda tidak kaget dengan pertanyaan seputar pekerjaan tersebut. Ada baiknya Anda memang mempunyai keahlian dalam bidang tersebut, bukan hanya sekadar "keinginan" saja.

Hal lain yang Anda perlu riset adalah situs pencarian kerja. Apakah situs tersebut terpercaya dan punya banyak ragam lowongan kerja. Karena banyak kasus para pencari kerja justru dimintai biaya terkait pendaftaran kerja. Jadi pastikan situs yang Anda gunakan mempunyai reputasi yang baik.

Ragam lowongan kerja online di dalam situs itu juga harus menjadi pertimbangan. Pilih situs pencarian kerja yang mempunyai segudang lowongan kerja impian Anda. Banyaknya pilihan akan membuat Anda lebih leluasa merancang karier Anda.

Gunakan Keyword Dalam Mencari Lowongan

Menurut TheBalanceCareer cara paling efektif untuk menemukan lowongan kerja online yang Anda cari adalah melalui keyword. Anda hanya harus mengetahui kata apa yang biasanya umum dipakai oleh para pengiklan lowongan kerja. Contohnya jika Anda mencari pekerjaan di bidang digital marketing, Anda hanya harus menulis di laman pencarian "lowongan kerja digital marketing". Dari sana Anda akan menemukan banyak situs pencarian kerja yang mengiklankannya.

Buat Profil di Situs Pencarian Kerja

Untuk mencari lowongan online biasanya Anda harus bergabung ke situs pencarian kerja. Di sana ada banyak perusahaan yang memasang iklan. Sekarang situs pencarian kerja juga membantu Anda mem-branding diri Anda dengan membuat profil yang menarik perusahaan untuk mendekati Anda terlebih dahulu. Untuk itu saat Anda membuat profil di website pencarian kerja, usahakan untuk membuatnya seunik Anda membuat CV. Jelaskan secara singkat namun jelas mengenai pekerjaan terdahulu Anda. Jangan lupa juga untuk menulis keahlian Anda agar dapat dicocokan kepada perusahaan yang mencari kandidat dengan keahlian yang sama.

Siapkan CV Anda

Biasanya dalam mencari lowongan kerja online Anda harus mengunggah CV Anda ke situs pencarian kerja. Buat CV Anda seunik mungkin agar tidak dilewatkan oleh recruiter. Jangan lupa juga untuk menulis cover letter.  Mengutip dari Forbes, cover letter membantu Anda untuk menjelaskan banyak tentang diri Anda, ragam keahlian Anda dan fokus dalam bekerja. Namun, jangan mengirim CV dengan cover letter yang sama ke semua perusahaan. Anda harus memilah dan menulis ulang cover letter sesuai dengan kebutuhan dan jenis perusahaannya.

Mendaftar Melalui Email

Anda akan menemukan lowongan kerja yang mengharuskan Anda mengirim lamaran melalui email. Untuk hal ini pastikan Anda membuat email khusus untuk melamar kerja. Hal ini bertujuan agar Anda bisa menandai jejak lamaran kerja Anda secara fokus. Artinya email keluar dan email masuk Anda tidak akan bercampur dengan email lain. Pastikan juga Anda tidak membuat nama alamat email Anda dengan nama-nama yang tidak profesional.

Masalah dengan melamar kerja via email adalah membiarkan badan email kosong. Anda setidaknya harus membuat "basa-basi" di badan email seperti nama dan mengapa Anda ingin melamar. Membiarkan badan email kosong akan mengesankan Anda tidak serius dalam melamar pekerjaan tersebut.

Berikut tips cerdas dalam mencari lowongan kerja online. Ternyata banyak yang harus diperhatikan dalam mencari lowongan kerja di laman pencarian. Untuk Anda yang sedang mencari pekerjaan impian, Glints menawarkan hiring bonus sebesar Rp 500.000 melalui program #JobSearchisSelfLove. Program ini bertujuan untuk memotivasi dan mengapresiasi para pencari kerja dalam mencari pekerjaan terbaik. Semoga bermanfaat dalam pencarian karier Anda. []