UNTUK INDONESIA

Lima Tempat Asyik Habiskan Akhir Pekan di Pangalengan Jabar

Berikut lima tempat wisata alam yang wajib anda kunjungi saat berada di Kota Kembang Bandung
Puncak Mega, Gunung Puntang di Desa Campaka Mulya, Kabupaten Bandung. (Foto: instagram/mountravaddict)

Bandung - memiliki sejuta panorama yang indah dan menakjubkan. Wisata alam banyak ditemukan di kota Bandung, seperti di Ciwidey dan Lembang. Namun ada daerah wisata yang wajib traveler kunjungi, yakni di Pangalengan.

Pangalengan merupakan sebuah Kecamatan di bagian selatan Kota Bandung. Daerahnya ini di kelilingi oleh gunung-gunung dan diselimuti hamparan kebun teh yang luas dan hijau.

Udaranya dingin dan sejuk. Pangalengan memiliki berbagai macam wisata alam, seperti pegunungan, danau, air terjun, dan hutan yang akan membuat traveler betah berlama-lama di sini.

Tidak hanya memiliki wisata alam yang melimpah. Pangalengan dikenal juga sebagai daerah penghasil susu sapi. Jika Anda tahu Koperasi Peternakan Bandung Selatan (KPBS), di sinilah kantor pusatnya berdiri.

KPBS ini mengumpulkan susu-susu sapi yang berasal dari warga. Kemudian, susu-susu tersebut diolah dan dipasarkan keberbagai kota di Indonesia.

Di sini juga banyak industri kecil yang mengolah susu sendiri. Produk-produknya dijual sebagai buah tangan para wisatawan yang berkunjung ke Pangalengan.

Berlibur menjadi waktu yang tepat untuk menikmati kebersamaan dengan keluarga atau orang tersayang. Tak perlu jauh-jauh untuk berlibur, Pangalengan bisa menjadi destinasi wisata yang asyik untuk menghabiskan akhir pekan, dari berbagai sumber. Apa saja tempatnya? Mari simak ya.

1. Cibolang Hot Spring

Bagi Anda yang sering berkunjung ke Pangalengan, tentu tak asing lagi dengan Cibolang Hot Spring atau tempat permandian air panas Cibolang.

Cibolang Hot SpringCibolang Hot Spring di Desa Wayang Windu, Kecamatan Pangalengan,Kabupaten Bandung. (Foto: sfidntfits.com)

Tempat permandian air panas ini berlokasi di Desa Wayang Windu, Kecamatan Pangalengan. Pertama kali ditemukan pada 1985 yang kemudian dikembangkan sebagai tempat wisata oleh pemerintah.

Permandian air panas ini masih alami dan asri. Air di Cibolang Hot Spring bersumber dari mata air di Gunung Windu. Mata airnya mengandung belerang yang baik untuk kesehatan.

Oleh karena itu, banyak wisatawan berkunjung ke sini demi menikmati air panas alaminya.

Untuk memasuki tempat permandian air panas ini, Anda perlu mengeluarkan Rp 20.000 untuk tiket normal dan Rp 35.000 VIP per orang.

Fasilitas yang disediakan pun lengkap. Terdapat dua kolam besar, satu kolam berendam, toilet, saung, parkir, tempat makan dan musala. Bagi traveler yang ingin bermalam, jangan khawatir karena Cibolang Hot Spring menyediakan penginapan.

2. Wayang Windu Panenjoan 1800 Sky Park

Tempat wisata yang sempat viral beberapa bulan lalu ini, masih manjadi favorit para wisatawan. Wayang Windu Panenjoan 1800 atau WWP 1800 menyuguhkan hamparan pemandangan kebun teh yang luas dan hijau. Pemandangan tersebut menjadi daya tarik dari tempat ini.

Wayang Windu PanenjoanWayang Windu Panenjoan 1800 di Banjarsari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. (Foto: instagram/firman_akoeng)

Tidak hanya menyuguhkan pemandangan teh, traveler juga bisa menikmati matahari terbenam di sini. Dari beberapa sumber mengatakan, jika WWP 1800 adalah salah satu spot terbaik melihat sunset.

Selain itu, terdapat juga spot-spot foto instagramable yang disediakan pengelola. Tempat wisata ini beroperasi 24 jam setiap hari, jadi tak perlu khawatir berlama-lama di sini.

WWP 1800 berlokasi di Banjarsari, Kecamatan Pangalengan. Tiket masuknya hanya Rp 10.000 dilengkapi dengan fasilitas yang memadai seperti area parkir, toilet, gazebo, musala, gardu pandang dan warung makan. Murah dan lengkap bukan?

3. Sungai Palayangan

Menyukai arum jeram atau rafting? Tempat ini sangat cocok untuk dicoba. Destinasi wisata ini berlokasi di kawasan objek wisata Situ Cileunca, Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Arum JeramArum Jeram di Sungai Palayangan, kawasan  Situ Cileunca, Pangalengan (Foto: elhaqiadventure.com)

Berbeda dengan arum jeram lainnya, traveler terlebih dahulu harus melewati genangan air Situ Cileunca dengan perahu karet, sebelum menuju aliran sungai Palayangan.

Sungai Palayangan memiliki tiga jenis jeram berbeda yang akan membuat traveler merasakan sensasi luar biasa.

Selain arum jeram, terdapat juga paket aktivitas rafting lain seperti paint ball, flying fox dan offroad dengan harga dan durasi yang berbeda tiap paketnya.

4. Situ Cisanti

Tempat selanjutnya yang dapat dikunjungi, yaitu Situ Cisanti. Situ ini merupakan danau buatan yang digunakan untuk menampung air dari tujuh sumber mata air Sungai Citarum.

Situ CisatuSitu Cisanti di Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung. (Foto: instagram/masjoko_aerial)

Dapat dikatakan danau ini hulu dari Sungai Citarum. Lokasinya berada di Kampung Pejaten, Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari.

Dengan harga tiket Rp 12.OOO Anda sudah bisa menikmati indahnya Situ Cisanti lengkap dengan spot-spot foto, untuk mengabadikan momen kebersamaan dengan keluarga.

5. Gunung Puntang

Tempat selanjutnya yang rekomendasi untuk dikunjungi, yaitu Gunung Puntang. Pesona alam yang terletak di Desa Campaka Mulya ini masih asri dan terawat.

Gunung PuntangPuncak Mega, Gunung Puntang di Desa Campaka Mulya, Kabupaten Bandung. (Foto: instagram/mountravaddict)

Gunung Puntang termasuk dalam kawasan bersejarah karena banyak ditemukan reruntuhan-reruntuhan dari bangunan Stasiun Radio Malabar zaman Belanda dulu.

Gunung Puntang memiliki berbagai macam spot wisata yang dapat dieksplorasi, seperti berkemah, mengunjungi Gua Belanda, menikmati lima jenis curug (air terjun), dan mandaki Puncak Mega.

Selain itu, di sekitar tempat wisata ini terdapat area perkebunan dan pengolahan kopi Puntang Wangi. Kopi ini bisa menjadi oleh-oleh untuk keluarga di rumah. [] (Grace Natalia Indah)

Berita terkait
Abaikan Prokes, Wisata Dusun Semilir Bawen Semarang Ditutup
Petugas Satpol PP Kab Semarang menutup sementara wisata Dusun Semilir di Bawen. Penutupan karena pengelola abaikan peringatan protokol kesehatan.
Keindahan Destinasi Wisata Alam Lebak di 28 Kecamatan
Bapera Kabupaten Lebak akan mendukung program pembangunan di Lebak mensukseskan Visi Bupati Lebak Iti Octavia Jabaya.
Tujuan Wisata dengan Konsep Alam di Kabupaten Bekasi
Sektor pariwisata di Kabupaten Bekasi, Jabar, menawarkan wisata dengan konpsep alam yang dikembangkan oleh warga
0
Gubernur Jabar Sampaikan Perubahan RJPMD 2018-2023
Ridwan Kamil mengatakan refokusing anggaran tahun 2020 dan 2021 masih akan dilakukan karena suasana masih dalam masa pandemi covid