Jakarta - Industri film telah lama mengangkat kisah hidup para nabi dan rasul. Alasannya, selain memberikan sentuhan keimanan religi, film jenis ini punya pasar yang pasti terutama bagi penganut ajarannya.

Meski demikian film bertema nabi dan rasul, juga tidak lepas dari kontroversi. Adanya beberapa kesamaan tokoh dan peristiwa dalam tiga agama besar dunia, Islam, Kristen dan Yahudi, justru membuat rumit masalah produksi dan distribusi film-film tersebut.

Berikut ini Tagar rangkum lima nabi yang kisah hidupnya difilmkan.

1. Mohammad, Messenger of God (2015)

Mohammad, Messenger of God adalah film besutan sutradara kawakan Majid Majidi tentang Nabi Muhammad, Rasul umat Islam. Diproduksi dengan biaya US$ 40, film ini dibuat demi menangkis gelombang baru Islamophobia di dunia Barat.

Majid Majidi adalah sutradara yang karyanya selalu dinanti, berkat film indah yang pernah disutradarainya Children Of Heaven.

MGPoster film Messenger of God. (Foto: IMDB)

2. Noah (2014)

Noah atau Nuh, merupakan nabi Yahudi, Kristen dan Islam, yang kisahnya diangkat dalam film Noah. Meskipun nama-nama yang terlibat di film ini punya jaminan kualitas, Darren Aronofsky dan Russel Crowe, namun banyak pihak yang masih tidak yakin dengan penggambaran tafsir antar agama.

Lembaga Sensor Film (LSF) langsung melarang Noah tayang di Indonesia karena dapat memprovokasi pertikaian. Selain itu, film ini juga mendapat penolakan di sejumlah negara Timur Tengah, yaitu: Uni Emirat Arab, Qatar, dan Bahrain.

NoahNoah. (Foto: ImdB)

3. The Prince of Egypt (1998)

The Prince of Egypt adalah film animasi tentang nabi Musa yang dirilis oleh DreamWorks, rumah produksi sineas berdarah yahudi, Steven Spielberg. Film ini termasuk sukses, tapi mendapat penolakan di beberapa negara (termasuk Indonesia) karena ceritanya lebih condong pada gambaran Musa dalam ajaran Yahudi.

EgyptThe Prince of Egypt (Foto: IMDB)

4. Son of God (2014)

Son God berkisah tentang Nabi Isa dalam kepercayaan umat kristiani, yang menganggap Almasih sebagai anak Tuhan. Film low budget ini sukses dalam peredaran.

SoGSon of God (Foto: IMDB)

5. David dan Goliath (2016)

Serupa dengan Son of God, David and Goliath adalah film independen yang bercerita tentang kehidupan Nabi Daud menurut versi agama Kristen. 

David and GoliathDavid and Goliath. (Foto: YouTube)

Sebenarnya masih banyak film tentang nabi seperti The Tenth Commandments, Passion of Christ, dan lain-lain, namun karena temanya peka, jadi cukup beberapa judul diatas yang bisa diulas. []