UNTUK INDONESIA
Lima Lokasi Wisata Mempesona di Bumi Papua
Ada beberapa tempat wisata alam menarik yang dapat kita kunjungi di Papua.
Taman Nasional Teluk Cenderawasih. (Foto: Instagram/@tn.teluk_cenderawasih)

Jakarta - Siapa pun akan takjub ketika melihat keelokan alam nan indah di Bumi Cenderawasih. Ada beberapa tempat wisata alam menarik yang dapat kita kunjungi di Papua.

Di antaranya Raja Ampat, Lembah Baliem, Danau Sentani dan sebagainya. Berikut Tagar merangkum lima tempat wisata yang memesona di Tanah Papua.

1. Raja Ampat

Pulau Raja AmpatPulau Raja Ampat. (Foto: Instagram/@lisaebani)

Pesona keindahan Raja Ampat memang cukup populer di kalangan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Kawasan ini merupakan daerah yang terdiri dari pulau kecil dan besar yang terbentang memperelok keindahannya. Selain gugusan pulaunya yang indah, Raja Ampat juga memiliki ragam kekayaan biota laut yang indah.

2. Danau Sentani

Danau SentuniDanau Sentuni. (Foto: Instagram/@bayumasbay)

Dengan luas mencapai 9.000 hektare, Danau Sentani merupakan danau terbesar di Papua. Memiliki keindahan yang memesona terutama pemandangan pulau berwarna hijau muda yang berdiri kokoh mengelilingi danau tersebut.

3. Lembah Baliem

Lembah BaliemLembah Baliem. (Foto: m.qubicle.id)

Lembah Baliem merupakan tempat tinggal suku Dani, Yali dan Lani yang terletak di sekitar Pegunungan Jayawijaya. Setiap tahunnya, Lembah Baliem bakal ramai dikunjungi wisatawan saat festival adat yang dilangsungkan selama tiga hari pada bulan Agustus.

4. Taman Nasional Teluk Cenderawasih

Taman Nasional Teluk CenderawasihTaman Nasional Teluk Cenderawasih. (Foto: Instagram/@tn.teluk_cenderawasih)

Memiliki luas 1,4 juta hektare dengan 90 persen wilayahnya berupa air. Tak mengherankan jika Taman Nasioanal Teluk Cenderawasih menjadi kawasan konservasi laut terbesar dan terluas di Indonesia. Di sini terdapat ragam flora dan fauna bawah laut yang menakjubkan.

Selain sebagai tempat wisata, teluk ini menjadi pusat penelitian hiu paus atau whale shark yang dilakukan oleh pemerintah bekerja sama dengan LSM lokal dan luar negeri. 

5. Gunung Carstensz Pyramid

Gunung Carstensz PyramidGunung Carstensz Pyramid. (Foto: Instagram/@tripdixi)

Gunung ini memiliki ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut yang diselimuti salju abadi. Gunung ini merupakan salah satu dari tujuh gunung yang dikenal sebagai Tujuh Puncak Dunia. Sebuah impian bagi para pendaki lokal maupun mancanegara untuk dapat menapakkan kaki di puncak Cartenz. []

Berita terkait
Hikayat Taman Ujung, Destinasi Wisata Prewedding di Bali
Spot terfavorit untuk Photoshoot Prewedding di Bali adalah Taman Ujung. Identik dengan namanya, lokasi ini memang menjual keindahan taman.
Lima Lokasi Wisata Baru di Bogor
Sebagai daerah yang sejuk dan menenangkan, Bogor memiliki berbagai lokasi wisata menakjubkan baru yang bisa dikunjungi saat masa liburan tiba.
Nama Agus Gratis Masuk di Kawasan Wisata Bantimurung
Disbudpar Maros memberikan hadiah spesial di HUT KE-74 RI untuk mereka yang bernama Agus, dimana mereka gratis masuk Taman wisata Alam bantimurung.
0
Sibowo, Aplikasi Belajar Bahasa Jawa untuk Milenial
Sibowo, aplikasi belajar Bahasa Jawa untuk anak milenial yang jarang menggunakan Bahasa Jawa padahal tinggal di Jawa. Ini sejarah kelahiran Sibowo.