UNTUK INDONESIA
Lima Kuliner Pedas Menggugah Selera
Selain dikenal sebagai surga dunia, Indonesia juga identik dengan kuliner yang mempunyai cita rasa nikmat dan juga pedas.
Balado daging. (Foto: Instagram/@rinihasrita)

Jakarta - Selain dikenal mempunyai pariwisata yang begitu melimpah, Indonesia memang identik akan kulinernya yang begitu melegenda.

Banyak makanan khas diseluruh penjuru Nusantara, memiki cita rasa yang luar biasa enaknya. Namun, kuliner pedas Indonesia tak bisa dipisahkan bagi para pecinta masakan super pedas ini.

Berikut Tagar merangkumkan lima kuliner Indonesia yang mempunyai cita rasa yang super pedas.

1. Oseng-oseng Mercon

Oseng-oseng merconOseng-oseng mercon. (Foto: Instagram/@osengmerconjuara)

Kuliner khas Jogjakarta ini menggunakan daging tetelan sebagai bintang utamanya dan ditumis bersama sejumput bumbu, cabai, gula merah, dan kecap manis.

Proses masaknya agak memakan tambahan waktu, dengan begitu semua bumbu bisa benar-benar menyatu dengan daging.

Setelah tersaji, oseng-oseng mercon dilengkapi dengan bawang merah goreng dan nasi hangat. 

2. Balado

Balado dagingBalado daging. (Foto: Instagram/@rinihasrita)

Balado merupakan teknik memasak khas Indonesia yang berasal dari Minangkabau. Kuliner ini merupakan makanan yang dicintai para pecinta masakan pedas.

Dengan menggunakan campuran bumbu rempah-rempah, misalnya seperti cabai merah, bawang merah, bawang putih, dan jeruk nipis.

Memasak balado bisa dikreasikan dengan berbagai bahan baku, seperti dengdeng balado, kentang balado, udang balado, hingga ikan balado.

3. Mie Aceh

Mie AcehMie Aceh. (Foto: Instagram/@jogjabikinlaper)

Dengan ciri khas bentuk mie yang besar dan tebal, kuliner ini juga terkenal akan rasanya yang begitu pedas.

Dengan perpaduan bumbu rempah-rempah yang khas, dimasak dengan campuran daging sapi atau kambing.

Makanan khas Aceh bisa disajikan dengan tiga cara, yaitu goreng, tumis, dan kuah.

4. Ayam Betutu

Ayam betutuAyam betutu. (Foto: Instagram/@susan_gracia)

Kuliner ayam betutu merupakan makanan khas dari Bali, disukai oleh wisatawan lokal maupun asing, karena memiliki rasa yang pedas.

Berbahan dasar daging ayam, di campur bumbu rempah-rempah tradisional, dimasak menggunakan bungkusan daun pisang dan pelepah pisang.

5. Asam Padeh Ikan Tongkol

Asam padeh ikan tongkolAsam padeh ikan tongkol. (Foto: Instagram/@effihardianti)

Asam padeh merupakan masakan tradisional masyarakat Minangkabau. Berbahan baku dari hidangan laut, mulai dari ikan tongkol, kakap, tuna, hingga cumi-cumi.

Masakan ini terkenal akan cita rasanya yang pedas, dengan perpaduan bumbu rempah-rempah, ditambah asam jawa dan juga cabai.[]

Berita terkait
25 Kuliner Khas Malang yang Bikin Ketagihan
Kota Malang Jawa Timur memiliki ragam kuliner dengan cira rasa yang bikin ketagihan. Berikut 25 makanan khas wilayah berjuluk Kota Apel itu.
Sensasi Sup Ubi Tompong Kuliner Legendaris di Bantaeng
Warung sup ubi Tante Muming atau lebih dikenal dengan sup ubi Tompong adalah salah satu kuliner legendaris di Bantaeng, Sulawesi Selatan.
Enam Kuliner Maknyoss Asal Surabaya
Surabaya merupakan kota yang indah. Selain terkenal dengan sebutan kota pahlawan, kota ini juga memiliki beraneka ragam khas makanan.
0
Meski Corona, Garuda Melayani Penerbangan ke Korsel
Direktur Utama Garuda Indonesia rfan Setiaputra mengatakan layanan operasional penerbangan dari dan menuju Incheon, Korsel masih dibuka.