Lima Judul Buku yang Diadaptasi Menjadi Serial Netflix 2020

Berikut Tagar rangkumkan 5 judul buku best seller yang diangkat menjadi film series Netflix di sepanjang tahun 2020.
Teaser serial Netflix, The Ghost Bride. (Foto: Netflix)

Jakarta - Banyak judul buku yang telah dicetak di berbagai belahan dunia. Namun, hanya sebagian yang diadaptasi menjadi sebuah film. Pertimbangan tersebut tidak lain dari penjualan terbaik buku tersebut.

Salah satu penyedia layanan media streaming digital, di Los Gatos, California, yakni Netflix, mengadaptasi beberapa judul buku dari berbagai genre cerita ke dalam serial film.

Berikut Tagar rangkumkan 5 judul buku best seller yang diangkat menjadi film series Netflix di sepanjang tahun 2020:

All the Bright PlacesTeaser serial Netflix, All the Bright Places. (Foto: Netflix)

1. All the Bright Places

Film All the Bright Places merupakan serial terbaru Netflix yang rilis pada Februari 2020 lalu. Series ini dibintangi oleh Elle Fanning dan Justice Smith.

Film seri bergenre drama romantis ini diangkat dari novel berjudul All the Bright Places ini merupakan karya Jennifer Niven dan mengangkat kisah mengenai kehidupan Violet dan Theodore, dua sahabat yang berusaha mengatasi traumanya masing-masing.

Violet dan Theodore dikisahkan sama-sama memiliki kisah pilu dalam hidup mereka. Pasca meninggalnya sang kakak, Violet berada pada masa terkelam dalam hidupnya. Hingga kemudian Theodore datang dan menaruh perhatian pada dirinya, melakukan berbagai cara agar Violet bahagia.

Namun, bukan hanya karakter Violet yang terlihat paling rapuh, ternyata Theodore juga menyimpan trauma dan luka mendalam.

2. To All the Boys: P.S. I Still Love You

Serial P.S. I Still Love You ini merupakan film bersambung yang diadaptasi dari sebuah buku. Film ini merupakan sekuel dari film To All the Boys I've Loved Before, keduanya merupakan adaptasi dari novel karya Jenny Han.

Diperankan oleh Lana Condor (Lara Jean), dan Noah Centineo (Peter). Film bergenre romance ini memiliki cerita yang ringan, khas drama cinta remaja.

Kisah pada novel pertama diceritakan tidak berakhir bahagia, tetapi tidak ditunjukkan pada film pertamanya yang berakhir bahagia. Namun, kembali difilmkan dari novel tersebut mengisahkan ulang hal-hal yang masih belum terungkap perjalanan cinta Lara dan Noah di film pertama.

Buku ini mengisahkan kisah cinta segitiga remaja yang kembali diperhadapkan konflik baru ketika penerima surat cinta Lara Jean muncul.

3. The Ghost Bride

Film The Ghost Bride merupakan series Netflix yang tayang pada 23 Januari 2020. Series ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya penulis asal Malaysia, Yangsze Choo.

Buku yang diadaptasi jadi film ini bercerita tentang keinginan seorang konglomerat di Malaka untuk menikahkan anak laki-laki kesayangannya, Tian Ching, dengan teman masa kecilnya bernama Li Lan.

Keinginan ini ditolak karena Tian Ching sesungguhnya telah meninggal dunia. Hingga suatu hari, Li Lan mengetahui Tian Ching meninggal karena dibunuh.

Namun, sang ibu tetap memaksa pernikahan itu harus tetap digelar karena tak ingin anaknya kesepian di alam baka. Tiada hari yang ia lewatkan tanpa membakar uang serta barang mahal agar bisa digunakan Tian Ching di akhirat.

Di sisi lain, ayah Li Lan sedang terbaring koma. Hal itu membuat Li Lan membuat kesepakatan dengan Tian Ching untuk membantu menemukan pembunuhnya dengan imbalan ayahnya sembuh.

Namun, Li Lan malah terjebak di neraka karena menyetujui menikah dengan Tian Ching. Ia pun menjadi "ghost bride". Di sana, ia belajar mengenai rahasia tentang keluarganya sendiri.

4. Hillbilly Elegy

Berikutnya ada Hillbilly Elegy, salah satu film rilisan Netflix yang tayang pada November 2020. Film ini dibintangi aktor-aktris Hollywood ternama, yakni Amy Adams dan Glenn Close.

Film ini diangkat dari cerita novel karya J.D Vance yang berjudul Hillbilly Elegy: A Memoir of a Family and Culture in Crisis.

Buku yang ditulis Vance ini menjelaskan latar belakang asuhan dan keluarganya saat tumbuh di kota Middletown, Ohio, kota terbesar ketiga di wilayah metropolitan Cincinnati.

Dia menulis tentang riwayat keluarga yang miskin dan bergaji rendah, pekerjaan fisik yang telah hilang atau memburuk dalam jaminan mereka, dan membandingkan kehidupan ini dengan perspektifnya setelah meninggalkan daerah dan kehidupan itu.

Diceritakan pula tentang alkoholisme dan pelecehan kakek neneknya, riwayat ibunya yang tidak stabil kecanduan narkoba dan hubungan yang gagal.

5. Dash & Lily

Series Netflix Dash & Lily yang tayang di November 2020 ini, diangkat dari novel romantis berjudul Dash and Lily's Book of Dares karya David Levithan dan Rachel Chon.

Series ini dibintangi oleh Austin Abrams (Dash) dan Midori Francis (Lily). Dalam versi buku novel, kisah bercerita tentang romansa dua remaja yang tumbuh di musim liburan Natal.

Dikisahkan Lily adalah gadis periang yang ingin mengisi waktu liburan natalnya dengan cara berbeda.

Lily membuat daftar tantangan yang ia tulis di sebuah buku merah. Kemudian buku ini ditemukan oleh Dash yang membuatnya penasaran. []

(Christine Sheptiany)

Berita terkait
Lima Judul Novel Populer Karya Penulis Mira W
Berikut Tagar rangkumkan lima judul novel populer karya Mira W.
Lima Judul Buku dan Karya Sastra Favorit Muhammad Farhan
Berikut Tagar rangkumkan lima judul buku dan karya sastra favorit Muhammad Farhan.
Netflix Luncurkan Fitur untuk Pantau Tontonan Anak-Anak
Platform layanan streaming berlangganan Netflix meluncurkan fitur baru bagi orang tua untuk memantau tontonan anak.
0
Dewas KPK Pecat Penyidik Robin Terkait Suap Tanjung Balai
Dewan Pengawas KPK memecat penyidik Stepanus Robin Pattuju karena terbukti berhubungan dengan perkara Wali Kota Tanjung Balai M. Syahrial.