UNTUK INDONESIA
Lima Hektare Lahan Sawit di Pasaman Barat Terbakar
Kebakaran menghanguskan lima hektare lahan sawit di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat.
Petugas BPBD gabungan memadamkan lahan sawit yang terbakar di Plasma Batang Alin Permai, Kecamatan Sungai Aua, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar). (Foto: Tagar/dok. BPBD Pasaman Barat)

Pasaman Barat - Kebakaran hebat melanda kawasan Plasma Batang Alin Permai, Kecamatan Sungai Aua, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar). Sedikitnya, lima hektare lahan sawit ludes dilahap si jago merah.

Dugaan sementara kebakaran kebun sawit ini akibat puntung rokok yang dibuang sembarangan.

Informasinya, kebakaran terjadi sejak Kamis, 27 Februari sampai Jumat, 28 Februari 2020 malam. Setidaknya, ada enam titik api yang terpantau di lokasi kejadian. Petugas BPDB Pasaman Barat baru mengetahui kebakaran setelah dua jam lamanya api membara.

"Untuk memadamkan api, kami menggunakan dua unit mesin pompa. Sebab lokasi kebakarannya di areal perkebunan, mobil pemadam kebakaran tidak bisa masuk," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Pasaman Barat Decky H Saputra, Jumat, 28 Februari 2020 malam.

Proses pemadaman api berlangsung cukup sulit. Selain tidak bisa ditempuh mobil pemadam kebakaran, minimnya ketersediaan air juga menjadi kendala petugas di lapangan. Apalagi, kawasan sekitar sedang dilanda cuaca panas sejak beberapa hari belakangan.

"Kami mengambil air yang berasal dari parit di kawasan kebun yang volumenya tidak besar," katanya.

Saat ini, pihaknya masih melakukakan pemantauan proses pendinginan di kebun sawit itu. Selain BPBD, pemadaman api juga dibantu personel TNI-Polri dan pekerja di kebun sawit yang terbakar.

"Dugaan sementara kebakaran kebun sawit ini akibat puntung rokok yang dibuang sembarangan atau karena masyarakat yang memasak di dalam lahan," tuturnya. []



Berita terkait
Lima Fakta Hubungan Seks Kakak-Adik di Pasaman
Pembuang bayi hasil hubungan seks kakak-adik di Pasaman, Sumatera Barat, tinggal di pedalaman. Mereka juga sudah lama ditinggalkan ayah kandungnya.
Warga Pasaman Tewas Tertimbun Tanah Longsor
Warga Pasaman, Sumatera Barat, yang dilaporkan hilang ditemukan tewas tertimbun longsor.
Buaya Muara Resahkan Warga Pasaman Barat
Penampakan seekor buaya meresahkan warga Jorong Pinaga, Nagari Aua Kuniang, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Sumatera Barat (Sumbar).
0
Sport Tourism Kejurnas Enduro Tak Terganggu Corona
Virus corona tidak mengganggu penyelenggaraan Kejurnas Enduro Championship. Event sport tourism yang mempromosikan wisata ini digelar BOB.