UNTUK INDONESIA
Lima Destinasi Wisata Unggulan Labuan Bajo
Labuan Bajo ditetapkan menjadi salah satu dari 10 destinasi unggulan nasional oleh Kementerian Pariwisata pada tahun 2016.
Presiden RI Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo saat mengunjungi Labuan Bajo belum lama ini. (Foto: setkab)

Jakarta - Labuan Bajo yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) ditetapkan menjadi salah satu dari 10 destinasi unggulan nasional oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) pada tahun 2016.

10 destinasi wisata unggulan ini kemudian menjadi daerah direkomendasikan bagi turis lokal dan mancanegara untuk berlibur. 

Bagi yang ingin berlibur ke Labuan Bajo, Tagar rangkumkan lima destinasi unggulan.

1. Wae Rebo

Labuan BajoDesa Adat Wae Rebu, Kabupaten Manggarai, NTT. (Foto: indonesia.travel)

Wae Rebo merupakan desa adat yang terletak di perbukitan. Desa yang hanya memiliki 7 rumah ikonik yang bernama Mbaru Niang. 

Wae Rebo terletak di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Desa ini tidak hanya menyimpan keindahan alam, butuh waktu 3 jam jalan kaki dari Denge uncuk mencapai desa terpencil ini.

2. Gili Lawa Darat

Labuan BajoGugusan pulau di Gili Lawa Darat. (Foto: indonesia.travel)

Terletak di sebelah utara Pulau Komodo, Gili Lawa Darat adalah pulau yang menyajikan suasana pantai dan perbukitan gundul yang eksotis. 

Gili Lawa Darat tidak hanya cocok dijadikan tempat berfoto untuk feeds instagram, berjemur di pasir putihnya juga bisa menjadi sebuah pilihan.

3. Manta Point

Labuan BajoIkan Pari Manta di Manta Point, Labuan Bajo, NTT. (Foto: indonesia.travel)

Buat yang hobi diving Manta Point bisa menjadi spot terbaik untuk menjelajahi kekayaan bawah laut Flores. Spot diving ini terletak di antara Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Sesuai namanya, disana akn terlihat ikan pari manta berenang bebas. 

Pastikan memiliki kemampuan menyelam yang baik dan menggunakan diving gear yang mumpuni. Dengan begitu bisa menikmati keanekaragaman hayati bawah laut Manta Point Labuan Bajo. 

4. Pantai Moringa

Labuan BajoSalah satu sudut Pantai Moriga. (Foto: indonesiakaya)

Pantai Moringa terletak di Pulau Kelor, sebelah selatan Labuan Bajo. Pantai Moringa juga menyajikan keindahan alam yang indah. Tidak hanya indah, Pantai Moringa juga sangat bersih dengan air laut biru yang bersih pula. Pantai Moringa juga menjadi tempat yang cocok untuk snorkeling. Tidak jarang juga turis yang datang dan mandi di pulau ini.

5. Pulau Komodo

Labuan BajoSeekor komodo di Pulau Komodo. (Foto: indonesia.travel)

Pulau Komodo merupakan destinasi yang paling populer. Meskipun bukan satu-satunya pulau di Labuan Bajo yang memiliki hewan pra-sejarah komodo, namun paling banyak menyimpan kadal terbesar di dunia. 

Tidak hanya bisa mengamati komodo dari dekat, di pulau ini bisa bersantai dan menginap, karena banyak penginapan dan hotel yang tersebar di seluruh pulau. []

Berita terkait
0
Putra Tri Rismaharini Ungkap Ibunya Ditawari Menteri
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini alias Risma disebut-sebut masuk bursa calon menteri Kabinet Kerja jilid II.