UNTUK INDONESIA
Lima Destinasi Pilihan Wisata Alam di Jawa Barat
Ada beberapa tempat wisata di Jawa Barat yang masih diketahui sedikit orang. Bisa menjadi pilihan saat berlibur bersama keluarga atau teman.
Suasana Telaga Remis di Cirebon, Jawa Barat. (Foto: indonesiakaya.id)

Jakarta - Jawa Barat memiliki banyak tempat yang menarik dikunjungi untuk wisata. Ada banyak tempat wisata alam, seperti Lembang, Puncak Bogor, dan Situ Bagendir di Garut. Namun ada beberapa tempat wisata di Jawa Barat yang masih sedikit diketahui.

Berikut Tagar rangkum lima destinasi wisata Jawa Barat yang jarang diketahui khalayak.

1. Terminal Wisata Alam Grafika Cikole, Bandung

Selain menjadi ibu kota Jawa Barat, Bandung memiliki beberapa destinasi wisata alam yang menarik. Salah satunya Terminal Wisata Alam Grafika Cikole. 

Terminal Wisata Alam Grafika Cikole merupakan tempat istirahat atau rest area yang memiliki fasilitas penginapan. Berada di lahan seluas sembilan hektar dam memiliki suhu udara yang sejuk. Saat malam hari, suhu udara bisa mencapai 5 derajat celcius. 

Taman Wisata Grafika CikoleSalah satu sudut Wisata Grafika Cikole. (Foto: Kaskus)

2. Curug Luhur, Bogor

Curug Luhur merupakan air terjun yang terletak di kaki Gunung Salak, Bogor, memiliki tinggi sekitar 630 meter. Pepohonan di sekitar curug semakin menambah asri suasana. 

Meski memiliki air yang jernih, disarankan tidak mandi di dekat pancuran air. Karena curug memiliki aliran yang deras dan dapat melukai orang yang terkena aliran air.

Curug LuhurSuasana air terjun Curug Luhur di Bogor, Jawa Barat. (Foto: Wikipedia)

3. Pantai Ranca Buaya, Garut

Terletak di selatan Garut, Pantai Ranca Buaya tersebut masih sepi dan jarang dikunjungi wisatawan. Meski begitu, pantai ini memiliki pemandangan Samudera Hindia yang indah. Pantai ini diketahui memiliki batuan karang yang cukup besar dengan deru ombak yang deras.

Keindahan lainnya adalah dengan adanya air terjun atau curug yang berada di dekat pantai. Selain menikmati keindahan pantai, pengunjung bisa menemukan banyak ikan yang bersembunyi di balik karang.

Pantai Ranca BuayaPantai Ranca Buaya. (Foto: Wikipedia)

4. Mata Air Panas Cisolok, Sukabumi

Jika biasanya mata air panas sudah dialirkan ke kolam-kolam, berbeda dengan mata air panas yang terletak di Cisolok, Sukabumi ini. Mata air panas yang berasal dari aktivitas tektonik tersebut membuat kawasan ini menyemburkan air panas ke udara.

Tempat ini sangat cocok untuk bersantai atau relaksasi sembari membasuh tubuh dengan air panas. Lokasi mata air Cisolok ini hanya berjarak sekitar 15 kilometer dari Pelabuhan Ratu yang merupakan ibu kota Kabupaten Sukabumi.

Mata Air Panas CisolokSemburan air panas di Cisolok, Sukabumi. (Foto: YouTube)

5. Wisata Alam Telaga Remis, Cirebon

Wisata alam ini terletak di dalam areal hutan yang memiliki luas 13 hektare. Danau yang memiliki luas sekitar 3,25 hektare ini dikelola Perusahaan Umum Kehutanan Kabupaten Kuningan

Selain Telaga Remis, ada delapan telaga yang berada di sekitar hutan tersebut, yaitu Telaga Leat, Telaga Nilem, Telaga Deleg, Situ Ayu Salintang, Telaga Leutik, Telaga Buruy, Telaga Tespong, dan Sumur Jalatunda.

Telaga ini telah dijadikan sebagai tempat wisata. Pengelola Telaga Remis telah melengkapi tempat ini dengan sejumlah fasilitas, seperti perahu motor, sepeda air, saung, pos jaga, pondok kerja, papan petunjuk, instalasi air bersih, shelter, tempat sampah, bangku, MCK dan musholla.

Telaga RemisSuasana Telaga Remis di Cirebon, Jawa Barat. (Foto: indonesiakaya.id)

Berita terkait
Kampung Ahok dan Empat Wisata di Belitung
Tempat kelahiran mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di Belitung terdapat sejumlah wisata, diantaranya Kampung Ahok.
Bangga! Indonesia Jadi Negara Wisata Terpopuler 2019
Indonesia dinobatkan sebagai negara terbaik untuk berwisata pada tahun 2019 dengan skor 92,78.
Lima Wisata yang Menarik Hati di Wonosobo Jawa Tengah
Wonosobo banyak menyimpan destinasi wisata yang menarik namun belum dikelola secara maksimal. Lokasi yang strategis cukup menarik wisatawan.
0
Terserang Flu Burung, Puluhan Ekor Ayam Dimusnah
Puluhan ekor ayam di Tegal dimusnakah karena positif terserang virus flue burung