UNTUK INDONESIA
Lima Ciri Seseorang Rentan Kena Virus Corona
Virus Corona memiliki ciri-ciri ketika menyerang manusia. Berikut Tagar berikan ulasannya.
Petugas Dinas Kesehatan (Dinkes) Jakarta Selatan menyisir kemungkinan adanya virus corona di cafe Amigos Kemang, Selasa, 3 Maret 2020. (Foto: Tagar/ Eno Suratno Wongsodimedjo)

Jakarta - Virus Corona atau yang sekarang dikenal dengan nama Covid-19 ini memiliki ciri-ciri ketika menyerang manusia. Pencegahan sangat penting dilakukan untuk mengatasi penyebarannya yang semakin mengkhawatirkan. Kabar terbaru, warga Indonesia asal Depok sudah terpapar virus yang berasal dari Wuhan, China itu.

Berdasarkan data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada pukul 05.00 WIB, Kamis, 5 Maret 2020, secara global korban Corona sudah mencapai 93.090 kasus, sedangkan jumlah korban meninggal sebanyak 3.198 orang.

Menurut dr Vito A Damay, Spesialis Jantung dari Rumah Sakit Siloam ada beberapa ciri-ciri seseorang yang mudah terkena virus Corona.

1. Seseorang yang sedang sakit sangat rentan terserang Corona. Pasalnya, tingkat imun melemah saat berada pada kondisi ini. Untuk itu, bila sedang sakit jangan melakukan interaksi dulu sebelum sembuh.

2. Daya tahan tubuh manula relatif lebih rendah dan sangat rentan terkena virus Corona. Hal ini terbukti dari beberapa korban meninggal rata-rata berusia lanjut. Untuk itu, kesehatan harus bisa diperhatikan lagi, dengan mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga.

3. Seseorang yang memiliki kebiasaan mengusap-usap wajah, mata, dan mulut ternyata bisa terserang Covid-19. Untuk itu kebiasaan ini harus dikurangi agar tidak mudah terserang.

4. Makan tidak cuci tangan kebiasaan yang harus dihentikan. Kuman atau bakteri biasanya terkumpul di tangan. Mencuci tangan secara rutin, bisa menjadi salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk membunuh virus Corona.

5. Kerja di keramaian dan sering memeganng barang publik dan jarang basuh tangannya juga bisa menjadi penyebab menyebarnya Corona. Untuk itu harus rutin mencuci tangan dengan hand sanitizer. []

Berita terkait
Mitos dan Fakta tentang Virus Corona
Virus Corona penyebaran semakin mengkhawatirkan, berikut Tagar ulas mitos dan faktanya.
Dinkes Kota Tangerang Bantah Warga Kena Corona
Dikabarkan salah satu warganya terkena virus corna, Dinkes Kota Tangerang membantah, warga itu hanya lakukan pemeriksaan biasa
Negatif Corona, 4 WNI ABK di Jepang Boleh Pulang?
Empat dari sembilan WNI ABK Diamond Princess dinyatakan sembuh atau bebas dari virus corona setelah dirawat di RS Jepang.
0
Sehari, 5 Tenaga Medis di Pemalang Positif Covid-19
6 warga dinyatakan positif Covid-19 di Pemalang dalam sehari. Lima di antaranya tenaga medis.