UNTUK INDONESIA
Lima Bubur Nusantara Paling Menggoda
Indonesia juga mempunyai ragam bubur khas Nusantara yang tidak kalah enaknhya dengan makanan jenis lainnya.
Bubur Manado. (Foto: Instagram/@lunch_combociajo)

Jakarta - Indonesia memang kaya akan kulinernya. Namun, siapa sangka cita rasa beragam bubur khas Nusantara juga tidak kalah nikmatnya. 

Berikut Tagar rangkum sejumlah bubur khas Indonesia yang harus kamu cicipi, jangan sampai makanan ini hilang tergerus dengan masakan modern saat ini. 

1. Bubur Manado  

Bubur ManadoBubur Manado. (Foto: Instagram/@lunch_combociajo)

Bubur Manado atau tinutuan adalah makanan khas Indonesia dari Manado, Sulawesi Utara, yang terbuat dari labu kuning dan dicampur dengan aneka sayuran seperti daun singkong, bayam, kangkung, kemangi, dan jagung. 

Biasanya bubur tersebut disantap untuk sarapan dengan tambahan lauk perkedel nike, ikan cakalang, serta sambal roa . Tinutuan juga bisa disajikan dengan mie atau dengan sup kacang merah atau disebut brenebon. 

Makanan yang dicampur dengan brenebon ini, kadang juga ditambahkan tetelan sapi. Konon dipercaya orang yang memakannya dapat menarik 'roda' (gerobak). 

Pada komunitas Kristen di Manado, tinutuan yang dicampur dengan brenebon ini juga dapat disajikan khusus dengan ditambahkannya kaki babi. Namun, biasanya campuran ini ada pada acara khusus seperti acara tumpah makan yaitu pada hari pengucapan syukur di Manado.   

2.  Bubur Ase 

Bubur AseBubur Ase ini berasal dari Betawi. (Foto: Instagram/@jktfoodgenk)

Bubur ini berasal dari Betawi atau Jakarta, tetapi kini sulit ditemukan. Tampilan makanan ini sangat berbeda dengan jenis bubur Cianjur, Sukabumi, ataupun jenis bubur Chinese. 

Makanan ini terbuat dari beras biasa, yang berwarna hitam karena siraman kuah semur Betawi. Selain semur daging sapi, bubur ase disajikan dengan tambahan tauge, kacang kedelai, lokcoi, emping, serta kerupuk merah.

Biasanya juga ditambahkan dengan teri Medan gorang agar lebih gurih. Buat yang suka dengan pedas, ada sambal yang terbuat dari cabai mentah. Semua paduan ini akan semakin menambah rasa istimewanya. 

3.  Bubur Bassang

Bubur BassangBubur Bassang populer di Sulawesi Selatan, tepatnya Makassar. (Foto: Instagram/@bubur_bassang_mamuju)

Makanan ini populer di Sulawesi Selatan, tepatnya Makassar. Bubur berwarna putih pucat ini terbuat dari jagung pulut alias jagung putih, tepung terigu, air, gula, dan garam.

Bubur bassang dihidangkan dalam keadaan panas dan diberi gula pasir secukupnya. Untuk membuatnya, biji jagung pulut yang sudah tua dikeluarkan kulit bijinya sehingga terlihat sangat putih.

Kemudian, bulir jagung itu direndam satu malam lalu dimasak, lalu tambahkan dengan santan dan daun pandan.

Selanjutnya, santan dikentalkan dengan menggunakan campuran tepung terigu dan sedikit air. Lalu diberi garam dan vanili, aduk hingga rata.

Rempah-rempah lain bisa saja ditambahkan ke dalam bassang seperti jahe, tergantung seleranya masing-masing. Namun, kalau tidak suka yang manis boleh tambah penyedap saja.

4. Bubur Manggul 

Bubur ManggulBubur Manggul berasal dari Madura. (Foto: Instagram/@eatcook)

Bubur ini berasal dari Madura yang terbuat dari tepung beras dan dicampurkan dengan santan, daun salam, serta garam hingga kental.   

Dinamakan dengan Manggul, karena konon para penjual dahulu menggunakan gerobak yang dipanggul. Topping yang wajib ada di hidangan bubur ini adalah serundeng kelapa dan sambal goreng udan. 

Serundeng dalam sajian ini justru gurih dengan sensasi pedas yang berasal dari sambal goreng. Jika ingin semakin segar, berilah tambahan lalapan kemangi. 

Betapa nikmatnya makanan ini, jadi jangan sia-siakan kelezatan dari kuliner yang satu ini karena Anda tidak akan menyesal dengan cita rasanya. 

5. Bubur Kampiun

Bubur KampiunBubur kampiun adalah bubur khas dari Sumatera Barat. (Foto: Instagram/@mimi.harith)

Bubur kampiun adalah bubur khas dari Sumatera Barat.  Makanan ini terbuat dari campuran ketan putih yang dikukus, bubur putih atau bubur sumsum, bubur ketan hitam, kolak pisang/ubi, bubur kacang hijau atau kacang padi dan bubur conde atau candil.

Di beberapa daerah, bubur ini memiliki beberapa variasi campuran. Seperti, lupis ketan putih sebagai pengganti nasi ketan atau bubur delima sebagai pengganti bubur conde.

Mempersiapkan komponen-komponen bubur kampiun memang menuntut keterampilan khusus. Setidaknya dalam mengatur waktu saat keenam jenis bahan dimasak bersamaan.  

Bubur manis dan wangi ini sangat menggoda lidah. Sehingga saat sudah mencicipi makanan tersebut, kamu pasti akan terus ingin mencobanya kembali.

Tunggu apalagi, kalau sudah menginjakkan kaki ke daeran minang ini tidak ada salahnya kamu cicipi sensari rasanya.[] 

Baca juga:

Berita terkait
Mochi dan Empat Makanan Khas Tahun Baru di Jepang
Jepang yang memiliki kebiasaan menghidangkan makanan khas di momen tahun baru, apa sajakah itu?
Lima Makanan Khas Medan Selain Bika Ambon
Kota Medan memiliki beragam makanan khas yang dapat dicoba selain bika ambon.
5 Makanan Khas Madiun, Kota Terjadinya Peristiwa 1948
Mengenal lebih dekat Kota Malang, lewat makanan khas yang dimilikinya, salah satunya adalah Brem.
0
Terkena Flu Burung, Puluhan Ekor Ayam Dimusnahkan
Puluhan ekor ayam di Tegal dimusnakah karena positif terserang virus flue burung