UNTUK INDONESIA
Lawan Yordania, Indonesia Cetak Satu Gol Penalti
Indonesia kalah telak 1-4 dari Yordania di pertandingan uji coba, Selasa 11 Juni 2019.
Indonesia mengalami kekalahan 1-4 dari Yordania di pertandingan uji coba FIFA di Amman International Stadium, Selasa 11 Juni 2019 malam. (Foto: foxsportsasia.com)

Jakarta  - Tim nasional Indonesia hanya mampu mencetak satu gol saat beruji coba internasional FIFA melawan Yordania di Amman International Stadium, Selasa 11 Juni 2019. Di laga itu, Indonesia kalah telak 1-4 dan satu-satunya gol dicetak striker naturalisasi, Alberto 'Beto' Goncalves. 

Di laga uji coba itu Indonesia hanya mampu memberi perlawanan selama 20 menit pertama. Tim asuhan Simon McMenemy memiliki satu atau dua peluang. Termasuk aksi penetrasi yang dilakukan Riko Simanjuntak di kotak penalti. 

Hanya, pemain sayap Persija Jakarta ini tetap membawa bola meski menghadapi barisan pemain belakang Yordania yang berpostur tinggi besar. Tak heran bila bola di kaki Riko bisa gampang direbut 

Pertandingan juga diwarnai beberapa blunder yang dilakukan kiper Andritany Ardhyasa. Apalagi, komunikasi antarpemain tidak berjalan sebagaimana mestinya. 

Andritany, misalnya, memberikan bola kepada pemain belakang yang ternyata tidak siap sehinga bola sempat direbut pemain Yordania. Beruntung, kiper Persija ini bisa menyelamatkan bola. Namun kesalahan kedua dari Andritany yang akhirnya menghasilkan gol bagi Yordania. 

Seperti dikutip Antara, pesta kemenangan tuan rumah diawali oleh Bahaa Faisal yang mencetak gol di menit 22. Gol itu juga tidak terlepas dari kurang sigapnya pemain belakang Indonesia saat Faisal berlari menyambut umpan lambung dari rekannya. Ada tiga pemain timnas terlambat mengantisipasi aksi Faisal yang kemudian menaklukkan Andritany.

Selanjutnya, Ahmed Ersan memperbesar keunggulan tuan rumah. Dia mencetak gol di menit 42 yang menjadikan Yordania unggul 2-0 sampai akhir babak pertama.

Tidak Berubah

Di  babak kedua, penampilan Indonesia tidak berubah. Mereka tetap mendapat tekanan dari Yordania. Skor menjadi 3-0 usai Yousef Alrawashdeh menyumbangkan gol menit 63. Gol terjadi akibat kesalahan Andritany yang hendak membuang bola tetapi justru mengarah ke pemain Yordania. 

Hamza Aldardour membuat gol keempat untuk Yordania di menit 79. Gol tercipta melalui tendangan melengkung dari dalam kotak penalti.

Tim nasional akhirnya bisa mencetak gol, empat menit menjelang bubaran. Gol diciptakan Beto  melalui titik penalti. Penalti diberikan wasit setelah kiper Yordania menjatuhkan Beto.

Gol itu meski tercipta lewat bola mati sehingga tidak ada skema permainan menyerang itu benar-benar menjadi hiburan bagi tim Garuda. Setidaknya Indonesia bisa mencetak satu gol yang dilakukan pemain naturalisasi. []

Baca juga: 

Berita terkait
0
Tiga Langkah Apple Menghadapi Perang Dagang AS-China
Kenaikan tarif dagang memaksa Apple melakukan sejumlah langkah untuk tetap bertahan di dalam perang dagang antara AS dan Cina.