UNTUK INDONESIA
Lawan Persib, PSIS Butuh Konsistensi
PSIS Semarang butuh konsistensi untuk memenangkan pertandingan melawan Persib Bandung di Magelang, Minggu 21 Juli 2019.
PSIS Semarang harus lebih konsisten saat menghadapi Persib Bandung dalam lanjutan kompetisi Shopee Liga 1 di Stadion Moch. Soebroto, Magelang, Minggu 21 Juli 2019. Tampak striker Silvio Escobar merayakan gol di sebuah pertandingan. (Foto: Tagar/Gonang Susatio)

Magelang - PSIS Semarang masih belum konsisten selama mengarungi kompetisi Shopee Liga 1 2019. Ini yang menjadikan pelatih Jafri Sastra berhati-hati saat PSIS menjamu Persib Bandung di Stadion Moch, Soebroto, Magelang, Minggu 21 Juli 2019. 

PSIS sesungguhnya memiliki modal bagus karena sukses menaklukkan PSS Sleman 3-1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu 17 Juli 2019. Kemenangan itu menunjukkan Silvio Escobar dkk telah bangkit usai dikalahkan Borneo FC 0-2. 

Hanya PSIS butuh konsistensi saat kembali bertindak sebagai tuan rumah dengan menjamu Persib. Menurut Jafri, Persib jelas bukan lawan ringan. Meski posisi Persib di klasemen sementara masih di bawah PSIS yang masuk lima besar, namun itu bukan ukuran. Pasalnya Maung Bandung tetap tim besar dengan deretan pemain berkualitas, tidak hanya lokal tetapi juga asing. 

Kami tidak melihat posisi klasemen dari kedua tim. Kami juga sudah berpikir bagaimana mengalahkan Persib setelah menghadapi PSS

"Ini problem yang dihadapi PSIS dan menurut saya juga tim-tim besar lainnya. Tapi semua tim Liga 1 mengalami ketidakkonsistenan. Ini menjadi pekerjaan rumah kami. Apalagi kami menghadapi Persib yang bukan lawan yang mudah bagi kami," tutur Jafri.

PSIS sejauh ini telah melakoni sembilan laga di Liga 1. Di laga kandang, Laskar Mahesa Jenar mampu menorehkan dua kali kemenangan atas Persija Jakarta (2-1) dan Persela Lamongan (2-0). Mereka juga mengalami kekalahan di kandang sendiri saat menjamu Kalteng Putra (1-2) dan kemudian ditahan imbang tanpa gol oleh Barito Putera.

Jafri tak ingin rekor kemenangan yang sudah terjaga di kandang sendiri ternoda saat PSIS menjamu Persib. Bila tim kembali disiplin dan menerapkan instruksi pelatih, dirinya optimistis PSIS melanjutkan tren positif. 

"Kami tidak melihat posisi klasemen dari kedua tim. Kami juga sudah berpikir bagaimana mengalahkan Persib setelah menghadapi PSS," ujarnya. 

Persib sendiri belum sekalipun menorehkan kemenangan saat laga tandang. Mereka dua kali meraih hasil imbang, yakni 1-1 di kandang Persija Jakarta dan 0-0 saat melawan Semen Padang. Mereka sekali mengalami kekalahan dari Persebaya Surabaya. Hanya di laga tandang itu, Persib dibantai Persebaya 4-0. []

Baca juga: 

Berita terkait
0
RUU Perlindungan Ulama PKS untuk Melawan Komunis
Disorongnya RUU Perlindungan Ulama usulan PKS perwujudan janji Pemilu 2019. Lewat aturan itu juga diharapkan komunis dapat dilawan.