UNTUK INDONESIA
Lagu Aisyah Istri Rasulullah Viral, Apa Kata UAS?
Lagu Aisyah Istri Rasulullah dengan berbagai versi cover penyanyi di Indonesia sempat viral di dunia maya dalam sepekan.
Ustaz Abdul Somad (UAS). (Foto: Instagram/ustadzabdulsomad_official/)

Jakarta - Lagu 'Aisyah Istri Rasulullah' dengan berbagai versi cover penyanyi di Indonesia sempat viral di dunia maya dalam sepekan. Bahkan, hingga saat ini lirik dalam lagu tersebut masih menuai beragam tanggapan publik, tak terkecuali Ustaz Abdul Somad akrab disapa UAS.

UAS sebenarnya tak mempermasalahkan lirik lagu 'Aisyah Istri Rasulullah' yang populer sekarang. Lantaran, menurutnya setiap orang punya bahasa yang berbeda-beda menyampaikan dan menggambarkan sosok Aisyah, termasuk menyampaikan lirik kepada generasi milenial.

Hanya saja, akan lebih baik dalam lirik disebutkan nama panjang 'Aisyah' yang lain.

"Pilihlah kata-kata. Alhamdulillah, beberapa hari ini ada syair yang baru. Tidak lagi menyebut Aisyah saja. Oh Saidah Aisyah, oh Siti Aisyah. Jadi. sudah ada perbaikan syair," kata Ustad UAS seperti dikutip Tagar dari chanel YouTube @Ustadz Abdul Somad Official pada Minggu, 12 April 2020.

Ustaz Abdul Somad (UAS)Ustaz Abdul Somad (UAS). (Foto: Instagram/ustadzabdulsomad_official/)

Soal kritik, UAS berharap tak dianggap sebagai batu sandungan untuk berkarya mengenalkan tokoh-tokoh di zaman Rasulullah SAW. Sebab, ia yakin dan percaya kritik-kritik itu tidak menjatuhkan.

"Tapi menyelamatkan kita semua. Maka bagi insan seni, jangan pernah berhenti teruslah berkarya. Kenalkan Fatimah, kenalkan Sayyidina Al Hasan, Sayyidina Husain, kenalkan Sofia, Ummu Kultsum, Zainab dengan bahasa yang indah," tuturnya.

Tak UAS, Felix Siauw pun turut mengomentari lagu 'Aisyah Istri Rasulullah'. Ia menilai ternyata lagu tersebut bisa menjadi salah satu cara untuk berdakwah menyampaikan kisah Muhammad SAW.

"Karena itu, dari sudut pandang lain, lagu ini ternyata bisa jadi perantara dakwah yang sangat efektif, dengar saja, berapa banyak kisah yang tersampaikan dari lagu itu," ucap Felix Siauw dalam Twitter @felixsiauw, Senin, 6 April 2020.

Menyoal banyak kritikan dari sejumlah kalangan tak masalah baginya. Ia justru menghormati perbedaan pendapat para penikmat musik.

"Saya menghormati mereka yang mengambil pendapat musik itu haram, meski saya mengambil pendapat fiqih yang berbeda, begitulah harusnya sikap kita," ujarnya.

Lagu 'Aisyah Istri Rasulullah' pertama kali dipopulerkan band asal Malaysia bernama Projector Band dengan judul 'Aisyah Satu Dua Tiga Cinta Kamu' pada 2017. Namun, bukan lagu yang berkisah sosok Aisyah istri Nabi Muhammad SAW.

Di tahun yang sama, tepatnya Agustus judul dan lirik lagu diubah oleh Mr Bie, seorang YouTuber asal Malaysia.  

Setelah itu, sejumlah artis Tanah Air mendaur ulang lagu tersebut dengan versi masing-masing, di antaranya Nissa Sabyan, Andre Taulany serta pedangdut Via Vallen dan Rizky Ridho.

Tak ketinggalan, selebgram seperti Ria Ricis dan Syakir Daulay yang telah mendapatkan izin dari Universal Music Publishing Group (UMPG) sebagai Sub Publisher dari Media Asia Production Sdn.Bhd (MAP). []

Berita terkait
Felix Siauw Komentari Lagu Aisyah Istri Rasulullah
Sempat menduduki posisi trending selama seminggu di YouTube lagu Aisyah Istri Rasullah menuai komentar dari Felix Siauw.
Lirik Lagu Aisyah Istri Rasulullah Versi Ketiga
Berikut Tagar rangkumkan lirik lagu Aisyah Istri Rasulullah versi ketiga hasil gubahan Yusuf Subhan.
Deretan Penyanyi Cover Lagu Aisyah Istri Rasulullah
Sejumlah penyanyi Tanah Air menyanyikan ulang (cover) lagu Aisyah Istri Rasullah dengan versi masing-masing.
0
Musisi Aceh Rilis Lagu Religi di Tengah Wabah Corona
Musisi Aceh, Joel Pase bakal merilis lagu berjudul ‘Ramadan yang Dinanti’ pada Jumat, 1 Mei 2020 besok.