Jakarta - Kalimat bijak RA Kartini sampai diterbitkan dalam sebuah buku dengan judul 'Habis gelap terbitlah terang'. Dalam buku itu terdapat sejumlah kutipan inspiratif bagi kaum perempuan sekarang ini. 

Berikut rangkuman kutipan kata-kata Kartini yang dapat dijadikan motivasi bagi perempuan untuk peringati Hari Kartini pada 21 April 2019.

1. Penyebab Seseorang Itu Bisa Jatuh

"Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu -satunya hal yang benar- benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri."

2. Jangan Mengeluh Dengan Keadaan

"Jangan mengeluhkan hal-hal buruk yang datang dalam hidupmu. Tuhan tak pernah memberikannya, kamulah yang membiarkannya datang."

3. Terus Kejar Mimpi

"Teruslah bermimpi, teruslah bermimpi, bermimpilah selama engkau dapat bermimpi! Bila tiada bermimpi, apakah jadinya hidup! Kehidupan yang sebenarnya kejam".  

4. Perempuan Harus Berpikir Cerdas

"Gadis yang pikirannya sudah dicerdaskan, pemandangannya sudah diperluas, tidak akan sanggup lagi hidup di dalam dunia nenek moyangnya."

5. Hadapi Kesulitan

"Terkadang, kesulitan harus kamu rasakan terlebih dulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu."

6. Jangan Menyerah Terhadap Apapun

 "Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang."

7. Hidup Harus Mandiri

"Adakah yang lebih hina, daripada bergantung kepada orang lain?"  

8. Kehidupan Pasti Selalu Berubah

"Tiada awan di langit yang tetap selamanya. Tiada mungkin akan terus-menerus terang cuaca. Sehabis malam gelap gulita lahir pagi membawa keindahan. Kehidupan manusia serupa alam."

9. Jangan Takut Gagal

"Karena ada bunga mati, maka banyaklah buah yang tumbuh. Demikianlah pula dalam hidup manusia. Karena ada angan-angan muda mati, kadang-kadang timbulah angan-angan lain, yang lebih sempurna, yang boleh menjadikannya buah."

10. Teguran Kepada Seseorang yang Sering Membawa Agama untuk Kepentingan

"Agama memang menjauhkan kita dari dosa, tapi berapa banyak dosa yang kita lakukan atas nama agama."

11. Tetap Saling Mengasihi

"Saat suatu hubungan berakhir, bukan berarti dua orang berhenti saling mencintai. Mereka hanya berhenti saling menyakiti. "

RA KartiniFakta Hari Kartini

Baca juga: