Jakarta, (Tagar 17/6/2018) – Meningkatkan pelayanan dan kelancaran mudik Lebaran 2018. Demikian upaya yang dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) selaku operator untuk mengurangi kepadatan pada sejumlah tempat istirahat di ruas tol fungsional.

Berkaca pada pengalaman sebelumnya, para pemudik yang tengah menuju Jakarta diimbau untuk menggunakan Tempat Istirahat (TI), Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP), dan Tempat Istirahat Sementara (TIS) yang tersedia pada ruas tol fungsional Batang-Pemalang-Pejagan. Bahkan, dari enam TI/TIP/TIS yang ada akan ditambah lima TIS.

Atas penambahan tersebut, maka pada ruas tol fungsional Pejagan-Pemalang-Batang sepanjang 75 km akan terdapat 11 TI/TIS. Tepatnya, ada penambahan pada ruas Batang-Pemalang di TIS Km 321 dan TIS Km 344, Pemalang-Pejagan di TI KM 252A, TI Km 275A dan TI KM 282B serta Brebes Timur-Kanci tersedia TIP KM 229B.

Selain itu juga terdapat Parking Bay (PB) di KM 287. Fasilitas yang disediakan meliputi parkir, toilet, air bersih, area kuliner, mushola, dan SPBU portable.

Diakui, kepadatan di rest area berkontribusi terhadap kemacetan di jalan tol akibat antrean kendaraan yang akan masuk, terutama pada puncak arus balik yang diperkirakan terjadi pada 18 hingga 20 Juni 2018.

“Kementerian PUPR berupaya seoptimal mungkin, agar mudik Lebaran 2018 lebih baik dari tahun sebelumnya. Dalam rangka mendukung kelancaran arus mudik dan arus balik Lebaran 2018, Kementerian PUPR juga memberikan dukungan berupa mobil toilet umum yang ditempatkan di beberapa tempat istirahat,” kata Menteri Basuki Hadimuljono beberapa waktu lalu.

Disebutkan, pada ruas tol fungsional dari Semarang hingga Batang, terdapat empat TIP dan empat PB. Keempat TIP tersebut berada di KM 389B, KM 407A, KM 418B, dan KM 420A. Sementara untuk Parking Bay berada di KM 381B, KM 401B, KM 442B, dan KM 436B.

Tol fungsional mulai dibuka selama tiga hari mulai Senin (18/6) pukul 06.00 WIB hingga Rabu (20/6). Seperti pada saat arus mudik, ruas tol fungsional akan dibuka dua lajur untuk satu arah menuju Jakarta.

Berdasarkan data arus mudik tahun 2017 yang tercatat di gerbang tol Cikarang Utama, jumlah kendaraan menuju arah Jakarta pada puncak arus balik diperkirakan sebanyak 100.000-120.000 kendaraan.

Tol Fungsional MKTT Seksi 1

Sementara itu, sejak Senin (11/6), Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) Seksi I Simpang Susun (SS) Tanjung Morawa-SS Parbarakan sepanjang 10,75 Km  dibuka sebagai jalur fungsional untuk arus mudik/balik Lebaran 2018. Meski statusnya tol fungsional namun kondisi jalan seperti tol operasional, karena ruas ini sudah selesai dan siap untuk diresmikan.

Tol Medan-Kualanamu-Tebing TinggiJalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi. (Foto: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR)

Dibukanya ruas tol tersebut memperlancar arus lalu lintas dari Medan yang menuju Tebing Tinggi dan sebaliknya.

“Simpang Kayu Besar biasanya macet. Namun dengan dibukanya ruas tol fungsional Tanjung Morawa ke Parbarakan Kualanamu ke Tebing Tinggi lancar,” kata Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional II Medan (Sumatera Utara-Riau) Paul Ames Halomoan. (yps)