Kunjungi Blitar, Ganjar Pranowo Berdoa di Makam Bung Karno

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berziarah ke makan Bung Karno. Di depan pusara Sang Proklamator, Ganjar berdoa.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berziarah ke makam Bung Karno di Blitar. Ganjar berdoa dan menabur bunga di pusara Sang Proklamator. (Foto: Tagar/Humas Pemprov Jateng)

Blitar - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkunjung ke Blitar, Jawa Timur, Sabtu, 7 November 2020. Dalam kesempatan itu, Ganjar sekalian berziarah dan berdoa di depan makam Bung Karno

Ganjar tiba di pintu gerbang makam tepat ketika azan salat Isya berkumandang. Gubernur khas rambut putih ini langsung berjalan kemudian duduk bersila di samping pusara Sang Proklamator. 

Begitu azan selesai, Ganjar yang dipandu kiai kampung setempat langsung memulai doa dengan membaca syahadat dan istigfar. Mengenakan baju putih, Ganjar nampak khusyuk berdoa sekitar 15 menit. Ia juga menaburkan bunga di atas pusara Bung Karno.

Persatuan nomor satu.

Ditemui sesaat usai berdoa, Ganjar menyatakan tak ada niat lain kecuali hanya ingin ziarah ke makam Sang Proklamator. "Tadi kan acara di Kediri. Saya rasa karena dekat dengan sini (makam Bung Karno) jadi sekalian nyekar," katanya.

Menurut Ganjar, dengan kegiatan ziarah akan jadi pengingat jasa para pendahulu. Terlebih di makam Bung Karno, sebagai salah satu pendiri Republik yang telah meletakkan pondasi-pondasi persatuan.

"Itulah sebabnya pesan persatuan menjadi sangat penting. Dan ini bukan sekadar pesan yang berhenti pada ucapan, tapi harus kita realisasikan," katanya.

Baca juga: 

Apalagi, lanjut Ganjar, saat ini telah memasuki masa pilkada serentak. Jangan sampai perbedaan pilihan jadi penyebab meregangnya persatuan. Beda pilihan tak masalah namun semuanya harus dilandasi dengan sikap untuk mengutamakan kepentingan bangsa dan negara.

"Persatuan nomor satu. Tapi pesan saya, karena juga ini masih dalam kondisi pandemi, tolong semua pasangan calon mengutamakan protokol kesehatan. Ini paling penting," imbuh dia. []

Berita terkait
PDIP Tak Mampu Jalankan Diskursus Politik Dunia Bung Karno
Rocky Herung mengatakan, PDIP sudah tidak mampu menjalankan fasilitas politik yang ditinggalkan Presiden RI Pertama Soekarno atau Bung Karno.
Puan Maharani Sampaikan Kecintaan Bung Karno Kepada NU
Puan Maharani dalam orasi kebangsaannya saat Konferensi Besar ke-23 GP Ansor, menceritakan kedekatan Presiden Soekarno dengan Nahdlatul Ulama (NU).
Tuan, Kembalikan Tulisan Bung Karno dari Danau Toba
Dalam lawatan Tuan di Danau Toba, saya lihat Tuan menyeberangi danau naik speedboat menuju Grand Inna Hotel Parapat untuk beristirahat.
0
Firli Bahuri Minta Pegawai KPK Komitmen Perangi Korupsi
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri meninta semua pegawai yang baru dilantik untuk memerangi tindakan korupsi di negeri ini.