UNTUK INDONESIA
Kue Garpu, Kuliner Lebaran Khas Semarang
Kue ini disebut kue garpu karena cara membuatnya memang dicetak menggunakan garpu. Berikut Tagar bagikan cara membuatnya.
Kue Garpu, Kuliner Lebaran Khas Semarang. (Foto: Istimewa)

Semarang - Mendengar kue garpu kita langsung membayangkan bentuknya seperti sendok garpu yang digunakan untuk makan. Kue ini disebut kue garpu karena cara membuatnya memang dicetak menggunakan garpu. 

Kue kering ini juga punya beberapa nama lain, seperti kue Klatak di Semarang, atau kue Kekewukan di Tasikmalaya. Disebut kekewukan karena bentuknya mirip kewuk atau siput laut.

Di beberapa tempat di Indonesia, kudapan lezat ini merupakan kue khas Hari Lebaran, jadi di bulan Ramadan ini bisa dipastikan beberapa orang mulai bersiap-siap membuat kue ini. Sekilas rasa kue garpu, mirip dengan kue molen. Karena rasanya yang asin dan gurih serta renyah di lidah cocok dijadikan camilan sambil santai. 

Rasa gurih didapatkan dari santan dan mentega. Kue garpu asin ini juga menjadi lebih harum karena campuran daun seledri juga. Sehingga cocok untuk teman makanan berkuah seperti sop atau bakso.

Bahan-bahan kue garpu cukup sederhana dan murah meriah. Bahkan, saat Lebaran kue yang banyak di sukai orang ditempatkan di dalam toples kaca.

Cara membuat kue garpu, caranya cukup mudah. Meskipun proses mencetak menggunakan garpunya butuh ketelaten terutama saat memberikan tekstur luar dengan menggunakan sendok garpu. Bahan yang digunakan memang sangat mudah didapat. 

Berikut Tagar bagikan cara membuat kue garpu asin spesial buatan sendiri.

Bahan-bahan

  • 150 gram tepung terigu
  • 50 gram tepung kanji
  • 1 sdm mentega
  • 50 ml santan kental
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt penyedap rasa
  • 1 helai daun seledri (iris halus)
  • ½ liter minyak goreng

Cara Membuat

Langkah Pertama

Campurkan kedua macam tepung. Setelah itu, masukkan garam dan penyedap rasa. Lalu masukkan santan dan mentega, aduk sampai kalis.

Langkah Kedua 

Masukkan irisan daun seledri, aduk rata, sisihkan.

Langkah Ketiga 

Ambil sedikit adonan, kemudian pipihkan dengan garpu, gulung. Ulangi sampai adonan habis.

Langkah Keempat 

Goreng adonan sampai matang dan kecokelatan. Angkat dan sisihkan. Lalu, sajikan. [] 

Berita terkait
Resep Aneka Kue Kering Lezat Khas Lebaran
Aneka kue kering menjadi makanan favorit yang selalu ditunggu banyak umat Muslim saat lebaran. Berikut resep aneka kue kering lezat khas lebaran.
Resep Aneka Makanan Spesial Identik dengan Lebaran
Umat Muslim pasti merindukan suasana dan tradisi perayaan lebaran, termasuk aneka makanan spesial yang biasa dihidangkan.
9 Aneka Camilan Lezat Nostalgia Saat Lebaran
ada beberapa aneka camilan nostalgia yang sering kali ditemui saat momen lebaran. Berikut camilan nostalgia yang selalu ada saat Idul Fitri.
0
Kue Garpu, Kuliner Lebaran Khas Semarang
Kue ini disebut kue garpu karena cara membuatnya memang dicetak menggunakan garpu. Berikut Tagar bagikan cara membuatnya.