UNTUK INDONESIA
Kronologi Pelajar SMP Tenggelam di Embung Sleman
Pelajar SMP di Sleman meninggal setelah tenggelam saat mandi di embung Cangkringan, Sleman. Diduga korban tidak bisa berenang.
Ilustrasi orang tenggelam (Foto: pixabay)

Sleman - Malang nian nasib pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP), Putri Claudia, 14 tahun, warga Jomblangan, Wukirsari, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Dia meninggal setelah tenggelam saat mandi di Embung Lanjaran Harjobinangun Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta pada Minggu, 16 Februari 2020 sekitar pukul 15.00 WIB.

Kapolsek Pakem Komisaris Polisi Haryanta, saat dikonfirmasi membenarkan adanya kejadian tersebut. Kasus ini masih dalam penyelidikan kepolisian. "Kejadian sudah ditangani kepolisian," katanya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, kejadian bermula saat korban dan teman-temanya yang berjumlah lima orang datang ke lokasi melewati tebing barat pukul 11.00 WIB. Selanjutnya Putri dan teman-temanya mandi di embung tersebut.

Tidak lama setelah itu, Putri dan satu orang temanya turun ke embung. Tiba-tiba terdengar suara teriakan korban yang meminta tolong. Melihat kejadian itu, teman berusaha melakukan pertolonggan, sayangnya Putri terlebih dahulu tenggelam. Diduga Putri tidak mengetahui kedalaman air di embung tersebut.

Satu orang berhasil diselamatkan oleh teman-temannya. Sedangkan Putri tidak berhasil diselamatkan karena tenggelam lebih dulu. "Korban sempat berteriak meminta tolong, namun karena tak bisa berenang, akhirnya korban tenggelam. Seketika itu juga, teman-teman korban yang panik berlari meminta bantuan kepada warga setempat," kata Haryanta.

Evakuasi korban tenggalam di embung SlemanKepolisian, TRC BPBD Sleman, Sarlinmas Wilayah 7 Kaliurang dan Banops, SAR DIY, SAR DIY Unit Cangkringan, PMI Sleman, dan warga sekitar saat mengevakuasi korban yang tenggelam di embung pada Minggu, 16 Februari 2020 (Foto: TRC BPBD Sleman/Tagar/Evi Nur Afiah).

Mendapati Putri sudah tidak nampak dipermukaan air, salah satu saksi langsung bergegas meminta bantuan ke warga setempat. Selanjutnya diteruskan laporan ke Polsek Pakem dan Polres Sleman. Mendapat laporan itu, dengan dipimpin Kompol Haryanta mendatangi lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi.

Korban sempat berteriak meminta tolong, namun karena tak bisa berenang, akhirnya korban tenggelam.

Warga yang mengetahui kejadian tersebut beramai-ramai meluncur ke lokasi kejadian. Beberapa orang bahkan langsung ikut terjun menceburkan diri menyelam ke embung untuk mencari keberadaan korban.

Penyisiran korban juga berjalan alot. Setelah satu jam penyisiran membuahkan hasil, Putri dapat ditemukan. Namun sudah dalam keadaan tidak bernafas. Selanjutnya korban dilarikan ke rumah sakit Panti Nugroho Sleman. Namun nyawa Putri sudah tidak terselamatkan.

Kepolisian langsung menyerahkan jasad kepada pihak keluarga untuk dimakamkan. Hasil pemeriksaan tim dokter, tidak ditemukan adanya unsur penganiayaan pada fisik korban. "Hasil otopsi, tidak ditemukan unsur penganiayaan. Korban murni meninggal karena tenggelam," ucapnya.

Kompol Haryanta mengimbau agar anak-anak mematuhi tempat yang dilarang untuk bermain. Pasalnya larangan untuk tidak mandi dan berenang di embung tersebut juga sudah diterapkan. 

Polisi juga meminta kepada orang tua agar mengawasi anak-anaknya dengan baik. "Semoga ini bisa menjadi pembelajaran buat kita semua. Untuk para orangtua sebaiknya mengawasi dengan baik anak-anaknya," ucapnya. []

Baca Juga:

Berita terkait
Kronologi Bocah SD Tegal Tewas Tenggelam di Sungai
Seorang bocah SD ditemukan tewas tenggelam di Sungai Pedes, Bumijawa, Kabupaten Tegal. Bagaimana awal mulanya?
Pelajar SMA Tenggelam di Danau Kembar Solok
Seorang pelajar SMA di Kabupaten Solok, Sumatera Barat, tewas tenggelam di kawasan Danau Diatas Solok.
Nelayan Papagarang Tewas Tenggelam di Rinca NTT
Seorang nelayan NTT ditemukan tewas tenggelam di perairan sekitar Pulau Rinca. Perahunya tersapu cuaca buruk.
0
Jadwal Lengkap Televisi Nasional Senin 4 Mei 2020
Beragam program acara televisi nasional siap menemani Anda di awal pekan. Bikin Senin 4 Mei 2020 Anda makin terhibur.