UNTUK INDONESIA
KPU RI Beri Petunjuk Status Tahar Rum di Pilkada Lutra
KPU Sulsel diberi tugas untuk mengklarifikasi terkait Cakada Luwu Utara yang di RS
Komisi Pemilihan Umum. (Foto: Tagar/Ilustrasi)

Makassar - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu Utara mendapatkan tugas dari KPU RI untuk melakukan klarifikasi ke rumah sakit tempat bakal calon kepala daerah, Muh Tahar Rum dirawat.

Petunjuk sudah diberikan oleh KPU RI. Mereka ada di kantor dua malam dan saat itu juga keluar surat petunjuknya.

Politisi Partai NasDem ini tidak dapat melanjutkan seluruh agenda pemeriksaan kesehatan setelah tumbang ketika mengikuti proses pemeriksaan medis sebagai syarat pencalonan Bupati Luwu Utara di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak.

"Petunjuk sudah diberikan oleh KPU RI. Mereka ada di kantor dua malam dan saat itu juga keluar surat petunjuknya," kata Komisioner KPU Sulsel Syarifuddin Jufri.

Saat ini, pihak KPU Lutra mendapatkan petunjuk untuk melakukan klarifikasi ke rumah sakit tempat Muh Thahar Rum dirawat.

"Jadi tugas KPU Lutra melakukan klarifikasi ke rumah sakit tempat beliau dirawat. Dan harus memperlakukan seluruh calon sama semuanya," ujarnya.

Sementara, terkait regulasi pemeriksaan kesehatan lanjutan. Hal itu kata Syarifuddin tidak ada yang mengatur regulasi tersebut.

"Hanya kasus Covid kalau ada positif ditunda sampai negatif, tapi kalau kasus beliau itu tidak ada," katanya.

Syarifuddin tidak ingin berspekulasi soal diskualifikasi calon kepala daerah yang tidak menyelesaikan seluruh agenda pemeriksaan kesehatan. Karena pihak penyelenggara kata dia tetap akan berkoordinasi dengan KPU RI.

"Soal diskualifikasi tergantung dari dokter nanti yang diklarifikasi. Tapi kita belum tau. Tidak bisa berspekulasi soal itu. Nanti kita komunikasikan dengan KPU RI," katanya.

Sebelumnya, agenda pemeriksaan kesehatan bakal calon Bupati Luwu Utara di RSUP Wahidin Sudirohusodo yang berlangsung pada Kamis 10 September 2020, tidak dihadiri Muh Thahar Rum yang dikabarkan menjalani perawatan medis di salah satu rumah sakit. []

Berita terkait
Paslon Pilkada Kabupaten Barru Sulsel Positif Narkoba
Salah seorang pasangan calon kepala daerah di Sulawesi Selatan (Sulsel), terkonfirmasi positif narkoba.
Putra Sekda Sulsel Dapat Rekomendasi PKB Pilkada Barru
Putra Sekretaris Provinsi Sulsel Abdul Hayat Gani, Mudassir Hasri Gani mendapat rekomendasi dari Partai PKB untuk maji di Pilkada Barru.
PDIP Belum Tentukan Usungan Pilkada di Sulsel
PDIP belum menentukan usungan calon kepala daerah Pilkada serentak di Sulawesi Selatan. Ini alasannya.
0
KPU RI Beri Petunjuk Status Tahar Rum di Pilkada Lutra
KPU Sulsel diberi tugas untuk mengklarifikasi terkait Cakada Luwu Utara yang di RS