UNTUK INDONESIA

KPU Banyuwangi Cetak 1,4 Juta Lebih Kertas Suara

KPU Banyuwangi mencetak kertas suara lebih banyak daripada DPT Pilkada Banyuwangi yang hanya 1,3 juta.
Kapolresta Banyuwangi, Kombes Arman Asmara Syarifudin bersama Komisioner KPU Banyuwangi Ari Mustofa mengecek kesiapan logistik Pilkada di gudang milik KPU Banyuwangi. (Foto: Tagar/Hermawan)

Banyuwangi - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi, Jawa Timur, mencetak 1,4 juta lebih kertas suara untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020.

Anggota KPU Banyuwangi, Ari Mustofa mengatakan jumlah kertas suara dicetak tersebut sudah melebihi jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada yang ditetapkan mencapai 1,3 juta lebih pemilih, termasuk 2 persen kertas suara cadangan.

Untuk proses pelipatan kertas sendiri, KPU Masih mempertimbangkan apakah melibatkan orang banyak atau tidak.

“Desain kertas suara yang telah dicetak itu sudah disepakati oleh masing-masing paslon,” ujar Ari Mustofa, Selasa, 17 November 2020.

Menurut Ari, Saat ini proses pencetakan kertas suara sedang berlangsung di Bali. Ditargetkan pekan depan selasai dan langsung dilakukan proses penyortiran dan pelipatan di Kantor KPU Banyuwangi.

Baca juga:

“Untuk proses pelipatan kertas sendiri, KPU Masih mempertimbangkan apakah melibatkan orang banyak atau tidak. Sebab proses pelipatan tersebut juga harus memperhatikan protokol kesehatan Covid-19,” ujar Ari.

Ari Mustofa menambahkan selain mencetak 1,4 juta lebih kertas suara, KPU juga mencetak 3000 lebih template khusus untuk penyandang disabilitas. Template tersebut, nantinya khusus digunakan untuk pemilih penyandang tuna netra pada saat menyalurkan hak suaranya di bilik suara. template tersebut kata Ari, fungsinya untuk membantu mengenali calon kepala daerah pilihan masyarakat penyandang tuna netra.

“Disabilitas suarat suaranya sama cuman nanti ada alat bantu tempalte itu nanti setiap TPS kami sediakan 1 alat bantu itu. Kalau surat suaranya sama Cuma nanti untuk pemilih bisa nyoblos itu harus pake template. Jadi teplate itu ada tulisan timbul braile itu sehingga teman kita yang tunantra itu bisa melihat ini calon A, ini calon B sehingga dia mau milih yang mana dengan meraba-raba itu,” kata Ari Mustofa

Ari menargetkan, sesuai dengan tahapan Pilkada Serentak, Kertas suara akan di distribusikan ke masing- masing Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) satu minggu menjelang pemungutan suara.

“Pendistribusian kertas suara nantinya dilakukan serentak dengan pengawalan ketat aparat keamanan ke masing-masing kecamatan," ucapnya. []

Berita terkait
Modus Perdagangan Anak di Banyuwangi, Korbannya Pelajar
Polresta Banyuwangi menangkap tiga orang pelaku kasus perdagangan anak. Satu pelaku diserahkan ke Bapas karena masih di bawah umur.
Janji Dinikahi, Gadis Banyuwangi Disetubuhi Pacar Hingga Hamil
Gadis remaja berusia 14 tahun di Banyuwangi disetubuhi pacarnya hingga hamil delapan bulan.
Bonceng Tiga, Pemotor di Banyuwangi Tewas Tabrak Pikap
Polresta Banyuwangi menyebut kecelakaan terjadi akibat pemotor berboncengan tiga menyenggol mobil di depannya hingga oleh dan menghantam pikap.
0
KPU Banyuwangi Cetak 1,4 Juta Lebih Kertas Suara
KPU Banyuwangi mencetak kertas suara lebih banyak daripada DPT Pilkada Banyuwangi yang hanya 1,3 juta.