UNTUK INDONESIA
KPK Setop 36 Perkara Korupsi, Kasus RS Sumber Waras?
KPK setop 36 perkara dugaan korupsi. Apakah salah satunya kasus Rumah Sakit (RS) Sumber Waras yang selama ini diusut secara terbuka.
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata (kanan) bersama Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta, Jumat, 21 Februari 2020. (Foto: Tagar/R Fathan)

Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan 36 perkara dugaan korupsi yang dihentikan penyelidikannya bukan kasus besar. Dia mencontohkan bukan kasus Bank Century, Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI), maupun Rumah Sakit Sumber Waras yang selama ini diusut secara terbuka.

"Sebenarnya teman-teman, 36 kasus yang dihentikan adalah penyelidikan tertutup," ujar Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta, Jumat, 21 Februari 2020.

Alex memberi contoh, perkara dugaan korupsi yang dihentikan salah satu surat perintah penyelidikannya ditanda tangani Abraham Samad selaku pimpinan KPK sebelumnya pada 20 Januari 2010.

Nah, ketika sudah tidak ditemukan bukti permulaan yang cukup, maka untuk menjamin adanya kepastian hukum, tentu kemudian dihentikan.

Namun, meski telah diputuskan untuk dihentikan, Alex masih membuka peluang puluhan perkara itu dilanjutkan kembali. Hal itu jika kelak ditemukan alat bukti yang kuat.

Sebelumnya, KPK memastikan 36 kasus dugaan korupsi yang masih di tahap penyelidikan dihentikan. Alasannya, KPK tidak menemukan bukti yang cukup untuk menetapkan tersangka dan membawa 36 perkara dugaan korupsi tersebut tingkat penyidikan.

Adapun proses penyelidikan 36 kasus itu telah ditangani sejak 2011, 2013, dan 2018. "Nah, ketika sudah tidak ditemukan bukti permulaan yang cukup, maka untuk menjamin adanya kepastian hukum, tentu kemudian dihentikan," ujar Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri di Jakarta, Kamis, 20 Februari 2020.

Ali juga menyebut, penghentian proses perkara penyelidikan yang dilakukan KPK ini bukan kali pertama. Kata dia, ada sekitar 162 perkara yang dihentikan penyelidikannya oleh lembaga antirasuah dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. [] 

Berita terkait
ICW Curiga Ada Kepentingan 36 Kasus Korupsi Disetop
Peneliti ICW mencurigai ada konflik kepentingan dari tindakan Pemimpin KPK menghentikan 36 penyelidikan kasus dugaan korupsi.
44 Hari Kerja, Pemimpin KPK Setop 36 Kasus Korupsi
Pemimpin KPK menghentikan 36 penyelidikan perkara dugaan korupsi hanya dalam 44 hari masa kerja.
Nadiem Makarim dan Dugaan Korupsi Bayar SPP di GoPay
Kritik keras diutarakan eks Sekretaris BUMN Said Didu kepada Mendikbud Nadiem Makarim soal bayar SPP lewat GoPay memiliki indikasi korupsi.
0
Cerita Pengusaha Bulukumba Rela di Poligami
Viral poligami di Bulukumba, Mempelai wanita, Hj. Nirfawana mengaku menerima lamaran A. Syamsir karena dilamarkan langsung istrinya, Juspiawati.