UNTUK INDONESIA
KPK Akan Panggil Menkumham Yasonna Hamonangan Laoly
KPK akan memanggil Menteri Hukum dan HAM Yasonna Hamonangan Laoly untuk dalami tersangka dugaan suap Harun Masiku
Menkumham Yasonna H Laoly usai mengisi acara Rapat Kerja Evaluasi Kinerja dan Anggaran Program Administrasi Hukum Umum di Hotel Royal Ambarukmo pada Jumat 17 Januari 2020. (Foto: Tagar/Hidayat)

Jakarta - Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri mengatakan akan memanggil Menteri Hukum dan HAM Yasonna Hamonangan Laoly untuk dalami tersangka dugaan suap Harun Masiku.

"Siapa yang mengetahui, melihat, mendengar dan merasakan langsung terhadap rangkaian perbuatan yang kemudian ditersangkakan kepada tersangka," kata Fikri saat konferensi pers di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat, 24 Januari 2020.

Ditanya apakah akan memeriksa Yasonna, Fikri menyebut jika keterangannya diperlukan akan dipanggil. Diketahui Yasonna pada 16 Januari mengatakan Harun Masiku berada di luar negeri sejak 6 Januari dan belum kembali.

"Ya, tidak tertutup (panggil Yasonna). Siapa pun jika kemudian penyidik memerlukan keterangan itu. Siapa pun. Sekali lagi KPK akan memeriksa siapapun termasuk kebutuhan penyidik untuk melengkapi berkas perkaranya," ujarnya.

Sebelumnya, Yasonna bersikukuh bahwa Harun pergi ke luar negeri pada 6 Januari 2020 dan belum kembali. Hal itu diungkapkannya pada 16 Januari 2020. Pokoknya belum di Indonesia," kata Yasonna, Kamis, 16 Januari 2020.

Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Ronny Sompie akhirnya mengakui Harun Masiku telah berada di Indonesia sejak tanggal 7 Januari 2020. Harun tiba di Jakarta setelah sehari sebelumnya pergi ke Singapura.

"Saya sudah menerima informasi berdasarkan pendalaman di sistem termasuk data melalui IT yang dimiliki stakeholder terkait di Bandara Soetta, bahwa HM telah melintas masuk kembali ke Jakarta dengan menggunakan pesawat Batik pada tanggal 7 Januari 2020," kata Ronny saat dikonfirmasi melalui pesan tertulis, Rabu, 22 Januari 2020. []

Berita terkait
Pesan Jokowi Kepada Yasonna Terkait Harun Masiku
Presiden Jokowi ingatkan menteri agar hati-hati memberikan informasi pada khalayak, ini terkait dengan keterangan Menkumham tentang Harun Masiku
PDIP Sembunyikan Harun Masiku
PDI Perjuangan (PDIP) disebut-sebut menyebunyikan Harun Masiku untuk menghalangi tindakan penyidikan terhadap kadernya.
PDIP Harus Bantu KPK Tangkap Harun Masiku
Pengamat Intelijen dan Keamanan, Stanislaus Riyanta meminta PDIP bersikap kooperatif dengan KPK untuk proses penangkapan Harun Masiku.
0
Mobil Balap F1 Tes Pramusim di Barcelona
Mobil-mobil baru Formula 1 akan berbarengan membuat bising Sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol, untuk menjalani tes pramusim