UNTUK INDONESIA
Kondisi Ibu Hamil yang Diobservasi di Pulau Sebaru
Juru bicara Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto membicarakan wanita hamil yang diobservasi corona di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, Jakarta.
Juru Bicara Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto. (foto: Tagar/Popy Sofy).

Jakarta - Juru bicara Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto mengatakan terdapat wanita hamil tiga bulan yang berhasil dievakuasi pemerintah dari kapal World Dream. 

Saat ini, kata dia, yang bersangkutan masih menjalani proses observasi di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta.

"Dari 188 ini, ada 16 anak buah kapal (ABK) wanita, dan salah satunya sedang dalam kondisi hamil tiga bulan, suaminya juga ada di sana. Kondisi kehamilan dan ibunya bagus, tidak ada masalah," ucap Yuri di Kantor Staf Kepresidenan, Jakarta, Jumat, 6 Maret 2020.

Baca juga: BNPB Ungkap Kunci Pemulihan WNI di Pulau Sebaru

Menurutnya, sejak menjalani tahapan observasi, seluruh ABK dalam kondisi sehat hingga hari keenam observasi. 

Setelah melewati waktu 14 hari, maka 188 kru kapal itu akan kembali menjalani pemeriksaan kesehatan agar benar-benar terbebas dari virus corona.

Kondisi kehamilan dan ibunya bagus, tidak ada masalah.

Baca juga: Kondisi Kru Kapal Pesiar World Dream di Pulau Sebaru

"Dari observasi World Dream ini hari keenam, semua sehat 188 ini pemeriksaan semua negatif. Alhamdulillah tidak ada satupun yang sakit, baik psikologis maupun fisik tidak ada permasalahan. Sehingga diharapkan dalam waktu yang tidak lama lagi setelah 14 hari kita akan lakukan pemeriksaan lagi dan kemudian bisa kita kembalikan ke kota masing-masing," ujar dia.

Yuri menjelaskan sebanyak 35 orang tenaga kesehatan membantu penanganan observasi di Pulau Sebaru. Selain itu, kata dia, observasi juga menyertakan dokter spesialis seperti dokter jantung, spesialis paru, dan dokter umum. []

Berita terkait
Karantina WNI Diamond Princess di Pulau Sebaru Kecil
Menko PMK Muhadjir Effendy menuturkan tidak akan menggabungkan 69 WNI ABK Diamond Princess dengan 181 WNI World Dream yang tiba lebih awal.
Besok 69 WNI Diobservasi Corona di Sebaru Jakarta
Sebanyak 69 WNI akan memulai masa observasi virus corona di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, Jakarta, besok Senin, 2 Maret 2020.
ABK Kapal World Dream Segera Tiba di Pulau Sebaru
188 warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi anak buah kapal (ABK) di World Dream, menuju Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, Jakarta.
0
Cara Startup di Bali Bertahan dari Badai Covid-19
Bali menjadi salah satu destinasi wisata yang paling terkena dampak pandemi Covid-19. Salah satunya adalah perusahaan startup.