UNTUK INDONESIA
Komentator Shopee Liga 1 Lecehkan Suporter Perempuan
Komentator sepak bola Rama Sugianto meminta maaf lantaran mengeluarkan kalimat yang diaggap melecehkan suporter perempuan Persita Tangerang.
Supporter Persita Tangerang saat tim jagoannya bertandi melawan PSM Makassar di Stadion Sport Center, Kelapa Dua, Tangerang, Jumat, 6 Maret 2020. (Foto: Instagram/violakresek.tangbar)

Jakarta - Komentator sepak bola, Rama Sugianto, dianggap melakukan pelecehan verbal terhadap suporter perempuan saat memandu jalannya pertandingan di ajang Shopee Liga 1 2020, antara Persita Tangerang melawan PSM Makassar, pada Jumat, 6 Maret 2020.

Rama yang memandu jalannya pertandingan bersama rekannya, Erwin Fitriansyah, mengeluarkan komentar dengan kata-kata yang dianggap tidak pantas sewaktu layar kaca menampilkan bagian depan salah satu tribun penonton yang didominasi suporter perempuan pendukung Persita Tangerang.

"Sementara kita lihat ada sesuatu yang menonjol tapi bukan bakat. Ada yang besar tapi bukan harapan, apa itu Bung Erwin," kata Rama Sugianto dalam video tersebut.

"Perempuan-perempuan ini ya yang menghiasi tribun," ujar Erwin Fitriansyah, menimpali.

Komentar kontroversial tersebut kemudian mendapat respon keras dari warganet di dunia maya. Bahkan, video berisi cuplikan pertandingan antara Persita Tangerang melawan PSM Makassar berisi percapakan Rama dan Erwin viral di lini masa media sosial.

Video tersebut juga sempat dikomentari komedian sekaligus aktor Ernest Prakasa yang menyebut tindakan tersebut amat memalukan.

"Komentator TV dengan ucapan sekelas alay Instagram. Memalukan," kata Ernest dalam cuitannya melalui akun @ernestprakasa.

Lantaran viral dan menjadi perbincangan panas di dunia maya, Rama akhirnya ikut merespon video tersebut dan meminta maaf atas tindakannya itu. Ia juga berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya itu.

"Mohon maaf sekali lagi jika bercanda saya sangat berlebihan.. ini jadi pelajaran berharga tentunya untuk saya ke depannya. insyallah ini tidak akan terulang ke depannya," kata Rama melalui akun Twitternya, Minggu, 8 Maret 2020.

Cuitan permintaan maaf dari Rama, kemudian mendapat respon dari komedian Adjis Doa Ibu yang menuntut agar Rama mundur dari pekerjaannya sebagai komentator pertandingan.

"Dimaafin tapi mundur dong dari kerjaannya yg sekarang, biar beneran jadi pelajaran yg berharga balik lagi nanti kalau udah dewasa, Insya Alloh rejeki akan datang lagi," kata Adjis melalui akun @adjisdoaibu.

Baca juga: Komentator Liga 1 Lecehkan Perempuan, KPI Bergerak

Sementara Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), Nuning Rodiyah, yang dihubungi Tagar untuk menanggapi kejadian tersebut belum memberikan respon. Diketahui, helatan pertandingan pada pekan kedua Shopee Liga 1 2020 yang menjadi masalah tersebut disiarkan secara langsung oleh salah satu stasiun televisi nasional.

Pada pertandingan tersebut, laga Persita Tangerang melawan PSM Makassar berakhir imbang dengan skor 1-1. []



Berita terkait
6 Tuntutan ke Jokowi di Hari Perempuan Sedunia
Sejumlah massa dalam peringatan Hari Perempuan Sedunia berjalan kaki ke Istana Negara untuk membawa 6 tuntutan kepada Presiden Jokowi.
Hari Perempuan Sedunia, Hannah Al Rashid Gelar Aksi
Aktris cantik Hannah Al Rashid ikut merayakan Hari Perempuan Sedunia dengan menggelar aksi berjalan kaki di ajang Car Free Day.
Foto Tanpa Busana Tara Basro Tidak Langgar UU ITE
Menkominfo Johnny G Plate, menyebut foto tanpa busana yang diunggah akris Tara Basro tidak melanggar UU ITE.
0
PKM di Semarang Halau Ratusan Kendaraan Pemudik
Ratusan kendaraan pemudik diputar balik petugas di pos perbatasan Semarang. Petugas juga menghalau pengendara yang bersuhu tubuh tinggi.