UNTUK INDONESIA
Klenteng Setia Budhi Bandung Siap Rayakan Imlek 2020
Perayaan Tahun Baru Imlek tahun 2020 mulai malam ini, Jumat 24 Januari 2020, salah satu kelenteng di Kota Bandung, Setia BUdhi, siap rayakan Imlek
Klenteng Setia Budhi Kota Bandung (Foto: Tagar/Fitri Rachmawati)

Bandung - Perayaan Tahun Baru Imlek tinggal menghitung jam. Banyak klenteng yang sudah bersiap untuk menyambut Tahun Baru Imlek yang pada 2020 ini merupakan tahun tikus logam.

Pengurus Klenteng Setia Budhi, Sugiri menuturkan persiapan menyambut Tahun Baru Imlek sudah siap 100%, persiapan sudah dilakukan jauh seminggu lalu. Malam ini menjadi malam puncak perayaan. Nanti akan banyak umat hadir untuk beribadah, tak hanya yang berusia tua tetapi muda-mudi pasti akan datang ke klenteng ini.

“Vihara atau klenteng ini menjelang jam 12 malam bakal ada ritual untuk berterima kasih kepada Yang Maha Esa dan berharap kebaikan kepada-Nya, dan tentunya ritual untuk menghormati leluhur,” tuturnya di Bandung, Jumat, 24 Januari 2020.

Lebih lanjut ia menjelaskan, acara perayaan Imlek disini terbuka untuk umum. Masyarakat yang akan beribadah dipersilahkan, yang tidak merayakan tetapi ingin melihat-lihat juga dipersilahkan. Klenteng ini sangat terbuka bagi semua masyarakat dan umat beragama. “Ini pesta masyarakat, bukan agama tetapi budaya. Semua masyarakat boleh ke klenteng ikut merayakan atau sekedar melihat perayaan,” jelas dia.

Shio Tikus Logam Diharapkan Membawa Kedamaian

Sugiri yang juga merupakan Pengamat Budaya Tionghoa menambahkan, di Tahun Baru Imlek 2020 menjadi tahunnya tikus logam ini dia sangat berharap semua umat beragama bisa saling menghormati, menjaga kedamaian baik di Jawa Barat maupun secara umum di Indonesia. Sebab, hampir semua masyarakat dari berbagai umat beragama pada dasarnya sangat berharap hidup damai, aman, pemerintahan berjalan lancar meski saat ini tengah ramai berbagai kasus bermunculan.

“Tapi ya, yang namanya berdemokrasi semua bisa berbicara. Hanya saja, ia menitipkan saling menjaga kedamaian antar umat beragama, saling menghormati terutama sesama anak bangsa Indonesia, terlepas itu agamanya apa.

Adapun soal tikus logam ini terang Sugiri, memang di 2020 ini merupakan tahun tikus yang berunsur logam yang akan dimulai tepat pada Sabtu 25 Januari 2020. Menurut sebagian masyarakat Tionghoa, mereka percaya dengan karakter tikus logam di tahun ini akan mempengaruhi banyak hal dalam kehidupannya.

“Apalagi kalau dikaitkan dengan shio-nya, ada keberuntungan ataupun sebaliknya yang dipercaya akan mempengaruhi kehidupan mereka dalam 1 tahun ini,” terang dia. []

Berita terkait
Penjualan Pernak-pernik Imlek di Bandung Naik 50 Persen
Penjualan pernak-pernik Imlek di Bandung naik 50 persen. "Ada peningkatan hingga 50 persen," kata Marsita.
0
Lima Hektare Lahan Sawit di Pasaman Barat Terbakar
Kebakaran menghanguskan lima hektare lahan sawit di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat.