UNTUK INDONESIA
Klasemen Liga Inggris 2020, Big Six Gagal Menang
Tim-tim big six gagal memenangkan pertandingan di pekan ke-23 Liga Premier Inggris. Chelsea kalah, Tottenham Hotspur dan Manchester City imbang.
Tottenham Hotspur bermain imbang 0-0 melawan Watford di laga Liga Premier Inggris di Stadion Vicarage Road, Sabtu 18 Januari 2020. Tampak kiper Tottenham Paulo Gazzaniga mengagalkan penalti Troy Deeney (kiri). (Foto: standard.co.uk)

Jakarta - Tim-tim big six gagal memenangkan pertandingan di pekan ke-23 Liga Premier Inggris. Mereka hanya mampu bermain imbang dan bahkan Chelsea harus mengakui keunggulan lawannya yang membuat posisi tim-tim itu tak berubah di klasemen sementara. 

Tottenham Hotspur mengawali kegagalan tim big six setelah ditahan Watford. Dalam duel di kandang Watford di Stadion Vicarage Road, Sabtu 18 Januari 2020, Tottenham hanya mampu bermain imbang 0-0. 

Tanpa striker Harry Kane yang harus menepis karena cedera hamstring menjadikan mandulnya lini depan Tottenham. Bahkan The Lilywhites nyaris tumbang bila kiper Paulo Gazzaniga tidak menggagalkan eksekusi penalti Troy Deeney. 

Setelah unggul 2-1, kami seharusnya tak membiarkan Zaha berlari. Sederhana saja. Kami membiarkan mereka sehingga kami kebobolan

Hasil itu menjadikan Tottenham tertahan di peringkat delapan dengan poin 31. Sementara, Watford naik satu strip untuk keluar dari zona degradasi. Mereka menduduki peringkat 17 dengan poin 23. 

Kegagalan meraih poin penuh tak membuat manajer Jose Mourinho gusar. Dirinya berusaha tetap tenang meski Tottenham gagal memperbaiki posisinya di klasemen. 

"Ini bukan laga terakhir dalam sejarah Tottenham. Kami akan menghadapi pertandingan berikutnya pada Rabu (atau Kamis 23 Januari 2020 dini hari WIB). Di musim berikutnya, kami juga akan meraih lebih banyak poin," ucap eks pelatih Real Madrid ini kepada Evening Standard.

Man City Imbang di Laga Kandang

Hasil imbang juga diraih Manchester City yang menjamu Crystal Palace di kandang sendiri di Stadion Etihad. Tertinggal lebih lebih lewat gol Cenk Tosun di menit 39, The Cityzens sukses membalikkan keadaan melalui dua gol Sergio Aguero. 

Penyerang asal Argentina ini mencetak gol hanya dalam tempo lima menit menjelang akhir pertandingan. Diawali golnya di menit 82 dan kemudian sundulannya yang mengarah ke sisi kiri gawang Palace gagal dijangkau kiper Ederson di menit 87. 

Namun kegembiraan pemain dan suporter tuan rumah karena mengira memenangkan pertandingan langsung pupus. Palace yang pantang menyerah sukses menyamakan gol lewat bunuh diri Fernandinho di injury time

Manchester City vs Crystal PalaceManchester City gagal menang dan hanya mampu bermain imbang 2-2 melawan Crystal Palace di pertandingan Liga Premier Inggris di Stadion Etihad, Sabtu 18 Januari 2020. Striker Palace Wilfried Zaha tampak dibayang-bayangi pemain City di laga itu. (Foto: standard.co.uk)

Gol bunuh diri tercipta saat Fernandinho berusaha memotong umpan silang Wilfried Zaha yang sama sekali tidak mendapat pengawalan saat melakukan penetrasi dari sisi kanan pertahanan City. Upaya Fernandinho justru membuat bola meluncur ke gawang sendiri. Skor menjadi 2-2 yang bertahan sampai akhir pertandingan. 

"Setelah unggul 2-1, kami seharusnya tak membiarkan Zaha berlari. Sederhana saja. Kami membiarkan mereka sehingga kami kebobolan. Ini soal keputusan saja dan konsentrasi. Dan itu keputusan yang salah." ucapnya. 

Tambahan satu poin menjadikan City gagal merapatkan jarak poin dengan pimpinan klasemen Liverpool. Kini, mereka mengantongi poin 48. 

Sementara, Liverpool yang menyimpan dua pertandingan memiliki poin 61. Liverpool berpeluang kian menjauh dari para pesaingnya bila mengalahkan rivalnya, Manchester United, di Stadion Anfield, Minggu 19 Januari 2020. 

Arsenal juga gagal mempertahankan keunggulannya ketika diimbangi Sheffield United 1-1 dalam laga di Emirates. Arsenal unggul lebih dulu lewa gol Gabriel Martinelli di menit 45. Namun tujuh menit menjelang bubaran Sheffield sukses menyamakan skor melalui John Bleck.  

Chelsea menjadi satu-satunya tim big six yang menderita kalah. Dalam duel melawan tuan rumah Newcastle United di Stadion St James' Park, The Blues dipaksa menyerah 1-0. 

Ironisnya satu-satunya gol The Toon Army tercipta di injury time. Gol tuan rumah dihasilkan Isaac Hayden menit 90+4. 

Hasil itu yak mengubah posisi Chelsea di klasemen. Mereka menduduki peringkat empat dengan poin 39. Sedangkan Newcastle yang memiliki poin 29 naik ke peringkat 12. 

KlasemenKlasemen Liga Premier Inggris sampai pekan ke-23, Sabtu 18 Januari 2020 malam WIB-Minggu 19 Januari 2020 dini hari WIB. (Foto: Antara)

Jadwal dan hasil Liga Premier Inggris pekan ke-23:

Sabtu 18 Januari 2020 malam WIB-Minggu 19 Januari 2020 dini hari WIB
Watford 0-Tottenham Hotspur 0
West Ham United 1-Everton 1 (Issa Diop 40'; Dominic Calvert-Lewin 44')
Brighton & Hove Albion 1-Aston Villa 1 (Leandro Trossard 38'; Jack Grealish 75')
Arsenal 1-Sheffield United 1 (Gabriel Martinelli 45'; John Fleck 83')
Manchester City 2-Crystal Palace 2 (Sergio Aguero 82', 87'; Cenk Tosun 39', Fernandinho bd-90')
Norwich City 1-Bournemouth 0 (Teemu Pukki 33'pen)
Southampton 2-Wolverhampton Wanderers 3 (Jan Bednarek 15', Shane Long 35'; Pedro Neto 53', Raul Jimenez 65'pen, 76')
Newcastle United 1-Chelsea 0 (Isaac Hayden 90+4')

Minggu 19 Januari 2020 WIB
21.00 Burnley vs Leicester City
23.30 Liverpool vs Manchester United []

Berita terkait
Man City Menang Mudah Atas Man United di Piala Liga
Manchester City menang mudah 3-1 atas Manchester United di semifinal pertama Piala Liga di Old Trafford, Rabu 8 Januari 2020 dini hari WIB.
Tottenham Vs Middlesbrough, Menang di Laga Ulang
Tottenham Hotspur lolos ke babak keempat Piala FA setelah menyingkirkan Middlesbrough. Di laga replay babak ketiga, Tottenham menang 2-1.
Harry Kane Cedera, Tottenham Cari Striker Anyar
Manajer Tottenham Hotspur Jose Mourinho merasa perlu mencari striker baru menyusul cedera hamstring kapten Harry Kane.
0
Bawa Soft Gun, Tiga Begal di Surabaya Tewas Ditembak
Satreskrim Polrestabes Surabaya menembak mati tiga tersangka begal karena sempat melawan saat akan ditangkap.