Kisah Camilan Anak-anak Taiwan Jadi Jimat Keberuntungan

Camilan anak-anak Taiwan yang berevolusi menjadi ‘jimat keberuntungan’ agar mesin elektronik tidak rusak
Keripik jagung rasa kelapa yang menjadi jimat keberuntungan di Taiwan (Foto: bbc.com/indonesia – HOPE NGO)

Jakarta – Keripik bisa ditemukan di berbagai kantor. Ia adalah camilan sempurna mendampingi secangkir kopi di pagi hari, pelengkap makan siang, hingga menemani saat kerja lembur.

Tetapi di Taiwan, terdapat satu merek keripik yang memiliki manfaat lebih dari sekedar menahan rasa lapar.

Banyak mesin-mesin elektronik di pulau ini -mulai dari ATM hingga menara transmisi radio- tampaknya mengandalkan camilan keripik jagung rasa kelapa ini agar tetap dalam kondisi prima.

Beberapa orang yang diwawancarai mengatakan kepada Taipei Times bahwa mereka memandang keripik ini sebagai jimat - atau pembawa keberuntungan - yang, jika digunakan dengan benar, akan memastikan teknologi akan berperilaku dengan baik dan tidak rusak.

Mereka menempatkan makanan ringan ini, yang dikenal sebagai 'Kuai Kuai' (atau 'Guai Guai'), di atas atau di sekitar mesin-mesin yang memiliki peran vital seperti di banyak laboratorium, bank, dan bahkan rumah sakit untuk memastikan mesin tersebut terus melakukan tugasnya.

Muncul pertanyaan, bagaimana produk lezat ini akhirnya berperan sebagai jimat pelindung bagi masyarakat berteknologi tinggi yang memasok sebagian besar semikonduktor dunia- dan mengapa orang-orang membelinya?

1. 'Jadilah Baik'

Tidak ada yang benar-benar yakin secara pasti kapan atau bagaimana kantong kemasan hijau keripik Kuai Kuai dianggap sebagai "jimat" agar elektronik tetap bekerja optimal.

Perusahaan Kuai Kuai yang bergerak di bidang makanan ringan dan kembang gula didirikan pada tahun 1968 oleh Liao Jing Gang dan putranya Spencer sebagai upaya untuk menopang bisnis utama mereka - sektor impor dan manufaktur farmasi - agar tetap bertahan selama periode perlambatan ekonomi saat itu.

"Kuai Kuai secara khusus dibuat untuk dijual kepada anak-anak. Saat itu, tidak ada yang seperti itu di pasaran," kata Irene Liao, putri Spencer yang kini menjabat sebagai manajer umum perusahaan.

Tapi, itu semua berubah ketika keripik yang artinya 'berperilaku' atau 'menjadi baik' dalam bahasa Mandarin dan Taiwan itu berada di tangah seorang mahasiswa pasca-sarjana jurusan teknologi informasi.

"Ternyata semua bermula dari mahasiswa pasca-sarjana yang sedang mengerjakan tugas akhir dan komputernya terus bermasalah. Jadi, dia berpikir bahwa perangkatnya mungkin membutuhkan jimat," katanya.

Mahasiswa itu lalu meletakkan cemilan di komputernya, "dan berikutnya yang terjadi, komputer beroperasi dengan normal, dan dia menyelesaikan tugas akhirnya tepat waktu," kata Liao.

Kenapa harus Kuai-Kuai yang dipilih di tengah banyaknya camilan? Pertama adalah warna hijau kemasan keripik yang dimaknai sebagai "jalan terus" seperti lampu lalu lintas.

Kedua, namanya memiliki arti "menjadi baik/berperilaku baik".

Kemudian cerita itu menyebar dari mulut ke mulut dan melahirkan legenda Kuai Kuai. Itulah cerita yang didapat Liao dari tangan ke tiga.

Hingga kini, jimat keberuntungan masih memainkan peran penting dalam budaya masyarakat Taiwan di tengah kemajuan teknologi yang pesat.

"Ceritanya tumbuh dan berkembang secara organik, [yang berarti] orang dari berbeda industri, berbeda pula dalam menginterpretasi tentang bagaimana menggunakan Kuai Kuai," kata Liao.

Contohnya - selain digunakan pada mesin ATM, server kantor, dan mesin fotokopi, kantong Kuai Kuai juga digunakan di rumah sakit di seluruh Taiwan untuk menjaga mesin penting seperti ventilator tetap berjalan.

Makanan ini juga dapat ditemukan di situs transmisi radio. Lionel Leng, seorang insinyur yang telah bekerja di Radio Komunitas Internasional Taipei sejak tahun 1990-an, tidak ingat kapan hal itu dimulai, apalagi siapa yang memulainya.

Leng mengatakan, mulai menggunakan kantong itu karena pernah melihat orang lain dalam profesinya melakukannya.

"Saya melihat apa yang mereka lakukan dengan kantong kemasan itu, dan kemudian saya bertanya kepada teknisi lain apa itu, dan mereka akan berkata, 'oh itu Kuai Kuai', yang berarti 'dengarkan saya' atau 'patuhi', jadi mesin akan melakukan itu."

Walaupun secara masif digunakan di Taiwan, perusahaan makanan ini belum mempromosikan produknya dapat menjadi "jimat" teknologi.

2. Ini Aturan Agar Jimat Berfungsi

Meskipun peran Kuai Kuai di ruang kerja teknologi berevolusi secara organik, penggunaan keripik diatur oleh seperangkat aturan yang ketat.

Kantong kemasan Kuai Kuai mungkin tersedia dalam tiga warna - selain hijau dua lainnya adalah kuning untuk rasa lima bumbu dan merah untuk cokelat - tetapi semua orang tahu bahwa hanya kantong hijau yang dapat digunakan sebagai jimat.

"Kuning dan merah adalah warna yang menandakan kehati-hatian dan alarm," jelas Leng.

Kantong kemasan juga tidak dapat digunakan sebagai jimat setelah melewati tanggal kedaluwarsanya,

Jadi, kata Leng, kantong cemilan itu biasanya ditukar dua kali setahun - yaitu pada awal Tahun Baru Imlek, yang biasanya berlangsung sekitar bulan Februari, dan sekali lagi selama Festival Hantu di bulan Juli.

Dan jangan sampai Anda berpikir untuk bisa memakan isinya dan hanya menggunakan bungkusnya saja. Leng mengatakan, bagi mereka yang percaya, camilan tidak boleh dikonsumsi.

Jika tidak, Anda secara teknis membatalkan jimat perlindungannya.

keripik halusKeripik harus ada dalam paket hijau - dan Anda tidak boleh memakannya Keripik harus ada dalam paket hijau - dan Anda tidak boleh memakannya (Foto: bbc.com/indonesia – HOPE NGO)

Dan bukan hanya bidang teknologi yang mengandalkan jimat keberuntungan ini, Irene Liao mengatakan kantong kemasan Kuai Kuai juga dibawa para artis yang pergi ke luar negeri untuk memastikan peralatan mereka dilindungi.

Sementara Peter Hsu, yang memiliki gelar lanjutan dalam teknologi fotonik dan sedang menyelesaikan pascasarjana di universitas, mengatakan kantong kemasan Kuai Kuai dapat ditemukan di laboratorium.

"Saya benar-benar tidak tahu apakah orang-orang membeli ini [adanya anggapan bahwa kantong kemasan membuat teknologi tidak rusak], tetapi semua orang melakukannya karena tidak ada salahnya," katanya.

3. Kekuatan Ambiguitas

Kuai Kuai bahkan dapat ditemukan di Academia Sinica, lembaga penelitian premier Taiwan. Ting Jen-Chieh, seorang peneliti yang berspesialisasi dalam psikologi sosial, menegaskan bahwa teknisi-teknisi di institut telah meletakkan kantong kemasan Kuai Kuai sejak 2002.

Untuk mencegah hewan pengerat, kantong kemasan Kuai Kuai sendiri dilindungi dengan disimpan di dalam kotaknya.

Ting, yang bekerja di Institut Etnologi, memandang penggunaan Kuai Kuai mencerminkan beberapa tren yaitu sebuah praktek yang semua orang ingin coba, lalu bukan sesuatu yang aneh karena semua orang melakukannya, dan sebuah ritual yang dilakukan semua orang karena ada ketakutan yang murni jika tidak menggunakan kantung itu mesin akan benar-benar rusak.

"Beberapa orang mungkin percaya, beberapa mungkin tidak, tapi kami percaya ada banyak ambiguitas antara apa yang bisa dipercaya dan apa yang tidak, itulah mengapa hal itu terus dilakukan," katanya.

Irene Liao bersyukur bahwa warisan ayah dan kakeknya sangat dihargai oleh tenaga kerja Taiwan, terutama karena kepercayaan pada kekuatan keripik sebagai pembisik teknologi telah membantu merek ini bertahan.

"Ini satu-satunya tempat di dunia di mana merek makanan ringan bisa menjadi fenomena budaya. Saya tidak bisa melihat bahwa hal ini dapat terjadi di tempat lain, "katanya.

Dan meskipun dia percaya bahwa hanya sebagian kecil dari keripik yang dibeli yang benar-benar dikonsumsi, dia tidak tergoda untuk mengurangi kualitas bahan yang digunakan untuk membuat Kuai Kuai karena, seperti yang dia katakan: "Kuai Kuai dibuat untuk dimakan." (bbc.com/indonesia). []

Berita terkait
Resep Kreasi Camilan Ketan Susu yang Legit
Ketan susu dijadikan camilan menjadi perbincangan masyarakat. Berikut resep kreasi camilan yang sedang hits ini.
Es Krim Jadi Camilan untuk Anak, Salahkah?
Camilan merupakan bagian yang tidak terpisahkan bagi anak. Di samping makanan pokok, anak membutuhkan camilan untuk melengkapi asupan gizi harian.
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.