UNTUK INDONESIA
Khasiat Ikan Lele Kesukaan Egy Maulana Vikri
Egy Maulana Vikri, pemain bola mirip Lionel Messi ini suka olahan makanan apa saja berbahan dasar ikan lele. Berikut sederet khasiat ikan lele.
Ilustrasi - Olahan makanan lele goreng. (Foto: Instagram/@wm.mbahputri)

Jakarta - Menjadi pemain bola di luar negeri tidak membuat selera makan Egy Maulana Vikri berubah. Terbukti, pemain yang sering disebut mirip Lionel Messi ini tetap suka makanan berbahan dasar ikan lele. Apalagi olahan lele sambal hijau buatan ibundanya sendiri.

Ikan lele atau ikan keli ini merupakan sejenis ikan yang hidup di air tawar. Lele ini sangat mudah dikenali dari segi bentuknya yang pipih panjang serta lumayan licin badannya ketika dipegang. Tidak hanya itu, ikan ini juga identik dengan memiliki kumis di bagian mulutnya yang terbilang cukup panjang.

Olahan yang menggunakan bahan dasar ikan lele ini nampaknya tidak hanya Egy Maulana Vikri saja yang suka, tetapi juga hampir seluruh masyarakat. Hal ini terbukti dengan banyaknya warung pecel lele di pinggir jalan yang buka biasanya pada sore hari.

Selain rasanya yang khas dan mudah diolah, ikan jenis ini juga memiliki manfaat dan khasiat yang cukup banyak.

Lele Sambal HijauResep Lele Sambel Hijau Kesukaan Egy Maulana Vikri. (Foto: cookpad)

1. Mengandung Protein yang Berkualitas

Pada dasarnya ikan memang sumber protein yang baik bagi tubuh jika dikonsumsi. Lele bahkan memiliki kandungan protein yang berkualitas tinggi sebanyak 15,6 gram setiap 1 ekor lele.

Maka dari itu, dengan kandungan protein yang tinggi ini kebutuhan asam amino dalam tubuh bisa terpenuhi. Tidak hanya itu, kandungan ini dapat membantu meningkatkan efektivitas fungsi kekebalan tubuh dan membangun massa otot tanpa lemak.

2. Sumber Vitamin B-12

Ikan lele mengandung kadar vitamin B-12 yang sangat tinggi. Dalam 1 ekor ikan lele diketahui memiliki 40 persen asupan vitamin B-12. Karena hal itu, ikan ini sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi sesering mungkin.

Seperti diketahui Vitamin B-12 sangat baik untuk tubuh manusia. Biasanya vitamin ini berguna untuk menambah stamina serta energi pada tubuh meningkat, serta menjadi tidak mudah lelah ketika melakukan aktivitas.

3. Rendah Merkuri

Ikan lele bisa dibilang termasuk salah satu jenis ikan yang paling rendah merkuri. Merkuri merupakan logam berat, buangan dari limbah pabrik dan limbah rumah tangga yang di dalam air berikatan dengan protein dalam otot ikan.

Rendahnya merkuri pada lele yang rendah dapat dibilang cukup baik untuk dikonsumsi. Mengapa? karena penumpukan merkuri dalam tubuh Anda dalam jangka panjang dapat menyebabkan gangguan kesehatan, seperti keracunan merkuri hingga bahkan kerusakan saraf, terutama pada bayi dan anak-anak.

4. Mengandung Asam Lemak Sehat

Mengkonsumsi ikan lele ini merupakan cara mudah untuk meningkatkan asupan asam lemak omega 3 dan omega 6 dalam tubuh. Dalam 1 ekor ikan lele terkandung 220 mg asam lemak omega 3 dan 875 mg asam lemak omega 6.

Asam lemak omega 3 ini memiliki fungsi dalam proses pembentukan sel dalam otak serta meningkatkan kesehatan jantung. Berbeda dengan asam lemak omega 6 yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kadar kolestrol baik dalam tubuh.

5. Rendah Kalori dan Lemak

Ikan lele mengandung sekitar 122 kalori dan 6.1 gram lemak pada setiap 100 gramnya. Meski terbilang cukup rendah kalori dan lemak, penting bagi kita untuk memperhatikan porsi memasaknya sekaligus cara mengolahnya.

Lemak yang terdapat pada ikan lele adalah lemak yang bersifat sederhana. Selain itu rendahnya lemak ini secara tidak langsung menekankan kolestrol.

Meski demikian dengan manfaat dan khasiat ikan lele, wajib juga mengontrol konsumsi ikan lele ini. Karena apa pun yang berlebihan tidak akan baik bagi tubuh. []

Egy Maulana VikriEgy Maulana Vikri. (Foto: Instagram/Egy Maulana Vikri)

Baca juga:

Berita terkait
Trik Menjaga Kesehatan Saat Liburan Akhir Tahun
Ketika berlibur sangat penting untuk menjaga kesehatan, masa iya saat sedang asik-asik malah sakit. Apalagi liburan tahun baru sudah di depan mata.
Hepatitis A Menyerang Kota Depok, Kenali Gejalanya
Kasus meradangnya Hepatitis A di Depok sempat mencemaskan warga setempat, bagaimana mencegah penyakit ini terjadi, berikut ulasannya.
Lima Kebiasaan Tingkatkan Otak seperti Einstein
Fungsi otak tidak hanya untuk berpikir saja, Einstein juga melakukan hal itu. Ada beberapa kebiasaan yang dapat meningkatkan kemampuan otak.
0
Bocoran Samsung Galaxy A21 dan A11
Samsung Galaxy A lainnya diperkirakan akan diperkenalkan dalam beberapa minggu mendatang, yakni Galaxy A11 dan Galaxy A21.