UNTUK INDONESIA
Ketika Nama Asep Sedunia Berkumpul di Garut
"Asep!" dan ribuan orang menoleh ke arah yang memanggil. Itulah yang terjadi saat nama Asep sedunia berkumpul di Garut.
Presiden Asep Dunia, Asep Hambali (kiri) disaksikan peserta bernama Asep saat melukis dalam acara pertemuan Paguyuban Asep Dunia di Pendopo Kabupaten Garut, Jawa Barat, Minggu (23/06/2019). (Foto: Antara/Feri Purnama)

Garut - "Asep!" dan ribuan orang menoleh ke arah yang memanggil. Itulah yang terjadi saat nama Asep seluruh dunia berkumpul di Garut, Jawa Barat. Kehebohan pun pasti terasa karena ribuan orang dengan satu nama berkumpul. 

Ketua Paguyuban Asep se-Priangan Timur, Asep Jaelani, mengatakan forum silaturahmi nama Asep menggelar pertemuan bertemakan "Riung Mungpulung Asep sa-Alam Dunia" yang dihadiri ribuan nama Asep dari berbagai daerah.

Menurut dia, acara tersebut paling banyak dihadiri nama Asep dibandingkan acara pertemuan sebelumnya yang diselenggarakan di Kabupaten Garut, khusus acara ini hadir nama Asep dari Aceh, Batam dan Kalimantan.

Baca juga: Punya Rasul dan Presiden Lain, Warga Garut Diamankan

"Yang paling jauh dari Aceh, Batam dan Kalimantan," katanya di sela-sela kegiatan acara halal bihalal nama Asep di Pendopo, Kabupaten Garut, Minggu, 23 Juni 2019, mengutip Antara.

Ia menyampaikan, pertemuan nama Asep itu bagian dari upaya paguyuban nama Asep untuk melestarikan nama Asep sebagai nama khas Sunda dan menjadi kebanggaan baginya.

Pertemuan nama Asep dari berbagai kalangan itu, kata dia, diharapkan bisa saling membantu dan mendukung satu sama lainnya sehingga para Asep bisa maju, dan sejahtera, terutama dalam membangun bangsa dan negara.

Paguyuban Asep Dunia menyatakan dalam pertemuan nama Asep di Kabupaten Garut, Jawa Barat, siap berperan dalam membangun bangsa Indonesia lebih maju dengan selalu menjalin kebersamaan, persaudaraan dan saling membantu sesama anak bangsa terutama yang memiliki nama Asep.

"Kita punya komitmen Ti Asep, Ku Asep, Keur Indonesia (Dari Asep, oleh Asep untuk Indonesia) artinya bahwa Asep harus punya peran yang baik untuk Indonesia," kata Asep.

"Seperti yang saya katakan tadi dengan hadirnya Asep ini Asep agnia dan biasa nanti bisa saling bantu membantu," katanya.

Bupati Garut Rudy Gunawan yang menghadiri pertemuan para Asep di Pendopo Garut itu, mengungkapkan bangga adanya kegiatan tersebut sebagai upaya menjaga kultur Sunda yang memiliki ciri khas nama Asep.

Baca juga: Fakta-fakta Muncikari Garut Jual 2 Anaknya

Menurut dia, para Asep di Garut telah memberikan kontribusi yang baik dalam membangun Kabupaten Garut bahkan Indonesia agar menjadi negara yang lebih baik.

"Asep ini memberikan kontribusi terhadap pembangunan di Garut," katanya.

Sementara itu, Bupati Garut mendapatkan penghormatan dari Paguyuban Asep Dunia dengan menobatkan nama Asep kepada Bupati Garut menjadi Asep Rudy Gunawan.

"Saya juga Asep Rudy karena dulu Rudy dianggap bukan orang Sunda," katanya. []

Berita terkait
0
Mutu Pendidikan di Sumbar Diklaim Masih Kurang
Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sumatera Barat menilai mutu pendidikan di Sumbar masih kurang.