UNTUK INDONESIA
Erwin Siahaan, Anggota DPRD Medan 2019-2024
Menjadi anggota DPRD Medan, belum pernah terpikirkan olehnya terlebih dahulu. Namun Erwin Siahaan bertekad untuk dapat membantu masyarakat.
Erwin Siahaan, anggota DPRD Kota Medan (Foto : Tagar/Reza Pahlevi)

Medan - Menjadi wakil rakyat, belum pernah terpikirkan olehnya terlebih dahulu. Namun dia bertekad untuk dapat membantu masyarakat. Untuk itu dia maju sebagai Calon Legislatif (Caleg) DPRD Kota Medan, periode 2019 - 2024.

Bermodalkan tekad dan keyakinan, dia mendaftar dari Partai PSI. Kemudian dukungan dan takdir membuatnya terpilih dan dilantik.

Dia adalah Erwin Siahaan, anggota DPRD Kota Medan Periode 2019 - 2024, kelahiran di Kota Medan, 4 Desember 1982 dan beralamat di Jalan Pintu Air IV, Gg Maju, Kelurahan Kwala Bekala.

Suami dari Elvi Boru Purba ini memiliki riwayat pendidikan di SD Negeri 064990, Medan, kemudian melanjutkan SMP di Era Ibang, Medan dan SMA di Santo Petrus Medan.

Baca juga: Ketua DPRD Jeneponto Disoroti Karena Mantan Napi

Hobi dari pria yang berusia 37 tahun ini adalah membantu orang yang membutuhkan, bahkan dengan terpilihnya dia sebagai anggota DPRD Kota Medan, sudah ada program yang telah dijadwalkannya, terutama untuk masyarakat Kota Medan.

Misi saya diantaranya agar lembaga legislatif menjadi mitra eksekutif.

Diantaranya mendorong percepatan pembangunan infrastruktur seperti akses jalan raya dan jalan gang, drainase, lampu jalan dan tong sampah.

Memaksimalkan fungsi pengawasan legislatif supaya lembaga eksekutif bekerja tepat sasaran dan menjadi anggota DPRD Kota Medan yang produktif, akan membuat peraturan daerah yang berpihak untuk umum.

Hal demikian itu dijelaskan oleh Erwin Siahaan, ketika ditemui wartawan diruangan kerjanya, Selasa, 8 Oktober 2019. Dia membenarkan bahwa Itu ada dalam visi dan misi, program kerjanya.

"Itu visi dan misi saya, program kerja kedepan, visi saya agar masyarakat yang sadar politik, berkarakter, berbudaya dalam balutan kebhinekaan untuk terwujudnya Medan yang nyaman, aman, layak dan toleran," kata dia.

"Misi saya diantaranya agar lembaga legislatif menjadi mitra eksekutif atau pemerintah untuk dapat menentukan prioritas pembangunan," ucap Erwin Siahaan.

Erwin SiahaanErwin Siahaan, anggota DPRD Kota Medan (Foto : Tagar/Reza Pahlevi)

Selain itu, Erwin yang semasa kecilnya selalu berpindah rumah karena orang tuanya belum ada rumah ini selalu merasahkan apa yang orang rasakan.

Dulunya, dia hanya seorang sopir disalah satu bank swasta dan bahkan pernah menjadi penarik ojek online.

"Jadi, yang namanya hidup susah selalu saya rasakan, dengan saya menjadi anggota DPRD, mudah mudahan saya akan selalu membantu masyarakat yang membutuhkan," kata Erwin

Dengan menjadi anggota DPRD Kota Medan, dia tidak ingin lupa daratan, dia ingin hidup dan menjalankan aktivitas seperti biasa, tidak berlebihan.

Bahkan sampai sekarang dia masih menyewa mobil untuk transportasi pekerjaannya. Bukan itu saja, dia juga memakai pakaian yang serba sederhana.

"Iya, mobil yang saya gunakan itu mobil kakak saya, Honda Brio, saya sewa Rp 4,2 juta perbulan, karena kakak kesusahan untuk bayar kredit, makanya saya bantu meringankan kreditnya, kemudian, jas yang saya gunakan juga sudah lama saya beli, sudah 10 tahun lalu," kata dia.

"Harganya juga murah, celana juga, harganya cuma Rp 150 ribu, beli di pasar. Dengan menjadi anggota DPRD, bukan berarti saya harus pakai pakaian yang mahalkan," kata Erwin, anak dari A.P Luat Siahaan.

Selain program pribadinya sebagai anggota dewan, dia bersama Fraksi PSI yang ada di DPRD Medan juga berencana membuat posko pengaduan, itu untuk menerima atau menampung aspirasi dari masyarakat.

"Tempatnya bisa di gedung DPRD Kota Medan, misalnya di ruangan fraksi dan juga ada ditempat lain, tapi belum kita tentukan. Nantinya, kita akan berkonsultasi dengan DPP PSI, apalagi program posko pengaduan merupakan program dari DPP PSI," kata Erwin.

Baca juga: Anggota DPRD Probolinggo, Tersangka Pemalsuan Ijazah

Kemudian, untuk membuktikan keterbukaan diri terhadap masyarakat, dia juga menyarankan agar diruangan fraksi akan dipasang CCTV. Tujuannya, agar kerja DPRD, khusus dari Partai PSI bisa diketahui oleh masyarakat.

"Mudah mudahan dengan begitu, seluruh masyarakat yang membutuhkan bantuan atau berkonsultasi dengan anggota dewan bisa diakomodir," ucap dia. []


Berita terkait
Pernah Jual Pepaya dan Sopir, Kini Anggota DPRD Sumut
Sebelum menjadi anggota DPRD di Binjai dan provinsi, Zainuddin Purba pernah jualan pepaya ke Pasar Horas di Kota Pematangsiantar.
Anggota DPRD Sumut Tersangka Penipuan, Kasus Disetop?
Status tersangka dugaan penipuan dan penggelapan, Benny Harianto Sihotang sepertinya akan segera hilang di Polda Sumatera Utara.
Alasan Anggota DPRD Tebing Tinggi Gagal Dilantik
Sekretaris Dewan (Sekwan) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tebing Tinggi, Sahat Nasution, ungkap alasan Chairil gagal dilantik.
0
Pengamat Sebut Gerindra Bisa Jadi Koalisi-Kritis
Apabila Gerindra bergabung ke pemerintahan Jokowi, partai tersebut bisa berperan menjadi koalisi-kritis.