UNTUK INDONESIA
Kerabat Prabowo Ramyadjie Priambodo Simpan Mesin ATM di Rumah
Ramyadjie Priyambodo terbukti menjadi pelaku pembobol ATM di Jakarta dan Tangerang.
Ramyadjie Priambodo. (Foto: Instagram)

Jakarta, (Tagar 19/3/2019) - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengungkap kronologi penangkapan pelaku pembobol ATM BCA dengan modus skimming atau penggandaan ATM, Ramyadjie Priambodo.

Diketahui, Ramyadjie Priambodo merupakan kerabat jauh capres nomor urut 02 Prabowo Subianto.

Argo menjelaskan, kronologi penangkapan Ramyadjie Priambodo bermula dari laporan masuk ke Polda Metro Jaya pada 11 Februari 2019 perihal dugaan kejahatan skimming yang dilakukannya di Jakarta dan Tangerang.

Dalam pemeriksaan, dari kamar Ramyadjie Priambodo, polisi menyita sejumlah barang bukti, salah satu barang bukti itu adalah 1 unit mesin ATM.

"Dilakukan penyelidikan di rumahnya, penyidik menemukan ATM di kamarnya, ATM itu di kamarnya. Jadi infonya sedang dipelajari sistem mekanisme ATM seperti apa, mesinnya, mesin ATM yang di kamarnya," ucap Argo pada awak media, Rabu (18/3).

Setelah Ramyadjie Priambodo pada 26 Februari 2019, pengembangan berupa penggeledahan dilakukan di rumah pelaku di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Selain mesin ATM, polisi menyita 1 laptop, 1 unit MacBook, sejumlah mesin EDC, sejumlah kartu ATM dan lain-lain.

"Dan juga ada handphone, dan juga ada masker ada juga, dan ada juga kerudung seperti hijab dan menggunakannya saat mengambil ATM di daerah Tangerang Selatan dan Jaksel," tambah Argo.

Terungkap, pelaku telah mengumpulkan uang pembobolan ATM hingga Rp 300 juta. Terkait ada tidaknya tersangka lain, hingga kini polisi masih melakukan pengembangan kasus.

Diutarakan Argo, Ramyadjie Priambodo sebagai pelaku pembobolan ATM  dengan modus skimming, kala beraksi selalu mempertimbangkan CCTV.

"Dia mengelabui kamera pengawas dengan menggunakan kerudung. Dia menggunakan itu, berhijab, kemudian kayak perempuan sehingga kalau dilihat dari CCTV seperti perempuan," kata Argo.

Politikus Partai Gerindra sekaligus Juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Andre Rosiade menegaskan Ramyadjie Priambodo yang ditangkap polisi karena kasus skimming ATM bukan keponakan Prabowo Subianto.

"Yang bersangkutan bukan keponakan Pak Prabowo, tapi kerabat jauh," kata Andre Rosiade dijumpai di lokasi debat ketiga Pilpres 2019, di Hotel Sultan, Jakarta, (17/3).

Andre menekankan hubungan Prabowo dengan Ramyadjie Priambodo adalah kerabat jauh. "Kalau keponakan Pak Prabowo pasti ada nama Djojohadikusumo di belakangnya," kata Andre.

Baca juga: Siapa Ramyadjie Priambodo Pembobol ATM yang Disebut Keponakan Prabowo?

Berita terkait
0
Ritual Appalili Tradisi Warga Gowa yang Terjaga
Pasca musim panen dan menjelang musim tanam masyarakat Kabupaten Gowa memiliki tradisi yang bernama Appalili.