Kenali 6 Tipe Diet Vegatarian, Punya Ciri Khas Tersendiri

Kamu pasti berpikir bahwa diet vegetarian adalah orang yang menghindari segala jenis daging, ikan, dan unggas
Ilustrasi makanan vegetarian (Foto: Tagar/Unsplash)

Jakarta - Diet vegetarian belakangan sangat digandrungi banyak orang dan menjadi populer di berbagai kalangan. Kamu pasti berpikir bahwa diet vegetarian adalah orang yang menghindari segala jenis daging, ikan, dan unggas.

Namun nyatanya, selain hanya makan lebih dominan di produk nabati dari pada hewani, diet tipe vegetarian mempunyai banyak jenis. Dilansir dari Healthline, berikut 6 tipe diet vegetarian yang harus kamu ketahui.


1. Flexitarian

Diet jenis ini cocok untuk kamu yang baru beralih menjadi vegetarian. Pasalnya tipe diet ini mengonsumsi sebagian besar dari tumbuhan atau nabati. Namun sesekali masih dapat mengonsumsi daging, telur, ikan, produk susu, dan unggas dalam jumlah sedikit.


Lakto Vegetarian

Tipe lakto vegetarian tidak memakan daging, ikan, unggas, dan telur sama sekali ke dalam makanan. Tipe ini lebih cenderung mengonsumsi produk susu seperti produk makanan dari susu sapi seperti keju, yoghurt, mentega, atau susu sapi.


Lakto-ovo Vegetarian

Pola makan lakto-ovo tidak mengonsumsi semua jenis daging sama sekali. Namun tipe ini menjalani diet dengan memasukkan telur dan produksi susu ke dalam makanan mereka. Seperti keju, mentega, yogurt, es krim, dan produk susu lainnya. Awalan “lakto” mengacu pada susu sapi atau produk susu, sedangkan “ovo” mengacu pada telur yang berasal dari kata latin ovum.


Ovo Vegetarian

Berbanding terbalik dengan lakto vegetarian, tipe jenis ini tidak mengonsumsi daging, unggas, ikan dan produk susu sama sekali. Namun mereka boleh mengonsumsi telur seperti telur orak-arik, telur rebus, dan omelet.


Diet Pescatarian

Awalan “pesce” merupakan kata Italia yang berarti ikan. Orang yang menjalani diet ini hanya boleh mengonsumsi makanan berbasis ikan seperti salmon, tuna, halibut, atau sushi. Tipe ini juga boleh mengonsumsi produk susu atau telur, namun menghindari daging-dagingan.


Vegan

Tipe diet vegan bisa terbilang adalah yang paling ketat, karena sama sekali tidak mengonsumsi daging, ikan, unggas, telur, dan susu ke dalam makanan. Makanan yang boleh dikonsumsi vegan hanya berupa buah-buahan, biji-bijian, sayuran, dan kacang-kacangan.[]


(Rafi Fairuz)

Baca Juga:

Berita terkait
Intip Diet Sederhana Setelah Melahirkan ala Citra Kirana
Apa saja rahasia yang berhasil Citra Kirana dapatkan, hingga memiliki tubuh langsing? Berikut Tagar rangkum informasi selengkapnya.
5 Aturan Diet Makanan Mentah dan Manfaatnya untuk Kesehatan
Metode diet ini diklaim dapat memberikan Anda energi lebih banyak, memperbaiki penampilan dan kesehatan kulit.
5 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan
Buah mangga akan nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, zat besi, folat, dan zinc.
0
Kenali 6 Tipe Diet Vegatarian, Punya Ciri Khas Tersendiri
Kamu pasti berpikir bahwa diet vegetarian adalah orang yang menghindari segala jenis daging, ikan, dan unggas