UNTUK INDONESIA

Kementerian PUPR Tuntaskan Pengendali Banjir Sungai Cikidang

Kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy tuntaskan pembangunan prasarana pengendali banjir di muara Sungai Cikidang.
Pembangunan prasarana pengendali banjir di muara Sungai Cikidang. (Foto:Tagar/pu.go.id)

Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy tuntaskan pembangunan prasarana pengendali banjir di muara Sungai Cikidang. 

Pekerjaan konstruksinya diperkirakan selesai lebih cepat sehingga dapat segera berfungsi untuk mengurangi sedimen yang masuk ke muara sungai

Pembuatan prasarana tersebut berfungsi untuk mengurangi pendangkalan alur yang disebabkan adanya sedimen pantai serta untuk mengendalikan banjir di area Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Babakan, Kabupaten Pangandaran.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pembuatan pengendalian banjir muara Sungai Cikidang merupakan tindak lanjut dari direktif Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke Pelabuhan Cikidang pada 24 April 2018 lalu terkait penanganan permasalahan infrastruktur di Pantai Timur Pengandaran.

"Pekerjaan konstruksinya diperkirakan selesai lebih cepat sehingga dapat segera berfungsi untuk mengurangi sedimen yang masuk ke muara sungai yang menyebabkan banjir di muara sungai Cikidang," kata Basuki.

Adapun bentuk pembangunan prasarana pegendali banjir di muara Sungai Cikidang antara lain; pembuatan Jeti dengan material batu armor sepanjang 156 meter yang berfungsi untuk menahan sedimentasi yang terbawa gelombang laut masuk ke muara, juga pembangunan tembok pengamanan yang berfungsi sebagai penahan gelombang laut.

Selain itu dilakukan juga pekerjaan pengerukan alur muara sungai akibat sedimen pada muara Sungai Cikidang yang menyebabkan limpasan banjir di wilayah sekitar muara sungai sampai 2,5 kilometer ke arah hulu. Hal ini juga yang menyebabkan transportasi nelayan ke luar dan masuk muara sungai Cikidang terhambat.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy Bambang Hidayah mengatakan pengerjaan pengendali banjir tersebut bergerak dengan anggaran sebesar Rp. 12,3 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2020.  

"Pekerjaannya kalau sesuai jadwal 31 Desember 2020. Alhamdulillah tanggal 7 Desember 2020 lalu telah rampung 100 persen," jelasnya.

Muara Cikidang berlokasi diantara Pelabuhan Cikidang dengan Pantai Timur Pangandaran merupakan Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) di Desa Babakan, Kecamatan Pangandaran. Selain sebagai salah satu kawasan akses keluar masuknya para nelayan, juga merupakan denyut aktifitas perikanan tangkap di Jawa Barat. []

Baca juga: 

Berita terkait
Kementerian PUPR Kembangkan Aplikasi BPJT Info
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah mengembangkan aplikasi Badan Pengatur Jalan Tol Info.
Menteri PUPR Tinjau Penataan Taman Anggrek Kebun Raya Bogor
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melakukan kunjungan ke Penataan Bangunan Kawasan Taman Anggrek Kebun Raya Bogor.
Kementerian PUPR Membangun PLBN di Kabupaten Natuna
Kementerian PUPR memulai pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Serasan yang berlokasi di Kabupaten Natuna.
0
Survei: Elektabilitas Partai PDI-P dan Gerindra Kian Merosot
Survei Voxpol: Partai PDI Perjuangan dan Gerindra mengalami penurunan popularitas paling tajam di penghujung tahun 2020.