UNTUK INDONESIA
Kebakaran 20 Rumah di Cawang Akibat Gas Bocor
Sebuah kebakaran besar melalap setidaknya 20 rumah tinggal semi permanen di belakang Apartemen Signature Park Cawang, Jakarta Timur.
Kebakaran melalap sebanyak 20 rumah semi permanen di RW 01 Cawang Atas, Jakarta Timur, Rabu, 9 Oktober 2019. (Foto: Antara/Andi Firdaus/pri)

Jakarta - Sebuah kebakaran besar melalap setidaknya 20 rumah tinggal semi permanen di belakang Apartemen Signature Park Cawang, Jakarta Timur, pada Rabu malam, 9 Oktober 2019. Diduga, kebakaran dipicu oleh kebocoran gas.

"Lokasinya di Jalan MT Haryono RT04 dan RT05 RW01 Cawang Atas, Kampung Dalam tepatnya di belakang Apartemen Signature Park," kata Kepala Seksi Pemadam Kebakaran (Damkar) Jakarta Timur, Gatot Sulaeman di Jakarta, melansir Antara.

Gatot mengatakan, pihaknya menerima laporan kebakaran tepat pukul 18.50 WIB dari salah satu warga setempat. Sebanyak 40 jiwa yang tergabung dalam 20 kepala keluarga (KK) harus diungsikan karena rumah tinggal mereka terbakar.

Sebanyak 16 unit armada pompa pemadam kebakaran, serta 80 personel pemadam dikerahkan ke lokasi dan berhasil menguasai kobaran api di atas lahan seluas 2.000 meter persegi (m2) beberapa jam kemudian.

Menurut laporan petugas di lapangan, kebakaran dipicu kebocoran selang regulator tabung gas. Kerugian akibat peristiwa itu, ditaksir mencapai Rp 1 miliar.

"Informasi awal, ada yang sedang memasak namun ditinggal pergi, lalu terjadi ledakan di dapur kemudian terjadi penyalaan di dapur dan merambat ke bangunan lainnya," kata Gatot.

"Kerugian berkisar Rp 1 miliar," ujar dia.

Sementara Pemerintah Kota Jakarta Timur menjanjikan pendirian tenda pengungsian dan dapur darurat bagi korban kebakaran di RW01 Cawang, Kramat Jati, akan dilakukan usai pemadaman selesai.

"Lokasi pengungsian telah kita tetapkan di area lapangan bola yang berjarak sekitar 100 meter dari RT05 yang terbakar," kata Camat Kramat Jati, Eka Darmawan.

Menurut dia, pihaknya telah berkoordinasi dengan Suku Dinas Sosial Jakarta Timur untuk memasang dua tenda pengungsian berkapasitas puluhan orang per tenda.

Hingga pukul 21.30 WIB tenda tersebut belum bisa dipasang karena area lapangan bola dipakai sebagai area parkir sejumlah armada pompa pemadam kebakaran.

"Tadi sudah mau dikirim, tapi di-pending dulu karena areanya masih dipakai mobil pemadam," katanya.

Eka memastikan dua unit tenda yang akan didirikan cukup untuk menampung sekitar 240 jiwa korban kebakaran di RT04 dan RT05.

"Kita juga dirikan dapur darurat dan posko kesehatan untuk memantau kondisi kesehatan korban," katanya. []

Berita terkait
Dampak Kebakaran TPA, Warga Solo Mulai Penyakitan
Mayoritas warga mengeluhkan sesak nafas dan mual akibat terpapar asap.
Fakta-fakta Sritex Kebakaran
Kebakaran yang melahap gudang kapas milik PT Sritex meninggalkan sejumlah fakta.
Daftar Nama 13 Pendaki Terjebak Kebakaran Gunung Raung
Sebanyak 13 pendaki terjebak dalam kebakaran hutan di Gunung Raung, Jawa Timur. Tujuh warga Singapura, 6 warga Indonesia. Ini identitas mereka.
0
Jelang Pelantikan, Jokowi Panggil Menhub Budi Karya
Tiga hari jelang pelantikan Presiden terpilih Jokowi memanggil Menhub Budi Karya ke Istana Kepresidenan Jakarta.