Indonesia
Kalahkan Spanyol, Jerman Berpeluang Lolos 16 Besar
Jerman hampir dipastikan lolos ke 16 Besar Piala Dunia 2019 setelah mengalahkan Spanyol 1-0, Kamis 13 Juni 2019 dini hari WIB.
Jerman meraih kemenangan kedua setelah menaklukkan Spanyol 1-0 di pertandingan Piala Dunia Wanita 2019 di Stadion du Hainaut, Kamis 13 Juni 2019 dini hari WIB. Kemenangan itu membuka peluang Jerman lolos ke 16 Besar. (Foto: fifa.com)

Jakarta - Jerman hampir dipastikan lolos ke 16 Besar Piala Dunia Wanita 2019. Di pertandingan Grup B di Stadion du Hainaut, Kamis 13 Juni 2019 dini hari WIB, Jerman menang tipis 1-0 atas Prancis. Hasil itu menjadikan Jerman kian kukuh di puncak klasemen Grup B. 

Jerman yang bermain taktis dan efisien saat menghadapi Spanyol mencatat rekor tak terkalahkan di 14 pertandingan sejak 14 Maret 2018. Mereka juga mempertahankan rekor tak pernah kalah selama lima pertemuan dengan Spanyol.  

Kini, Jerman memiliki poin enam setelah meraih dua kemenangan berturut-turut. Sebelumnya, mereka juga menang dengan skor sama saat menghadapi China. Kemenangan atas Spanyol juga memperbesar peluang Jerman lolos ke babak berikutnya. 

Kami agak gugup sehingga tidak memulai laga dengan baik. Harus diakui ini grup yang sulit dibandingkan grup-grup lain yang lebih mudah. Terbukti kami menjalani dua pertandingan yang sulit

Bila Afrika Selatan gagal mengalahkan China, maka Spanyol sudah pasti lolos ke 16 Besar. Kedua tim yang sama-sama mengalami kekalahan di laga pertama ini akan saling berhadapan pada Jumat 13 Juni 2019 dini hari WIB. 

Di pertandingan itu, Jerman sempat mengalami kesulitan menghadapi Spanyol yang lebih menguasai permainan. Namun die Nationalelf memang mampu bermain taktis. Hasilnya, mereka mampu mengungguli Spanyol setelah gelandang Sara Daebritz mencetak gol di menit 42. 

Gol tidak terlepas dari aksi individu gelandang Bayern Munich ini. Dirinya beraksi masuk ke jantung pertahanan Spanyol dan melesakkan bola melewati kiper Spanyol Sandra Panos.

Mengalami Kesulitan

Pelatih Jerman Martina Voss-Tecklenburg mengakui bila timnya mengalami kesulitan menghadapi Spanyol. Apalagi Jerman mengawali laga secara kurang bagus. 

"Kami agak gugup sehingga tidak memulai laga dengan baik. Harus diakui ini grup yang sulit dibandingkan grup-grup lain yang lebih mudah. Terbukti kami menjalani dua pertandingan yang sulit," kata Voss-Tecklenburg. 

"Beruntung kami akhirnya mencetak gol. Yang penting sekarang adalah kami memiliki enam poin di grup ini. Namun kami harus memperbaiki diri untuk laga berikutnya," ujarnya lagi. 

Pelatih Spanyol Jorge Vilda mengaku kecewa karena tim bermain bagus, terutama di babak pertama. Namun kesalahan yang dilakukan pemain membuat lawan bisa memanfaatkannya dengan baik. 

"Kami sesungguhnya ingin menang. Tetapi kami setidaknya bisa menunjukkan apa yang sudah dilakukan tim Spanyol. Kami harus membayar kesalahan saat menghadapi tim bagus," kata Vilda.

" Jerman merupakan tim terbaik kedua dan kami bisa mendominasi di pertandingan ini. Sayangnya kami tak bisa mencetak gol dan dihukum atas kesalahan kami," ujarnya. []

Baca juga: 

Berita terkait
0
Romo Benny Sikapi Ceramah Ustaz Abdul Somad
Rohaniwan Katolik Antonius Benny Susetyo Sikapi Polemik Ustaz Abdul Somad