UNTUK INDONESIA
Juara Coppa Italia, Lazio Lolos ke Liga Europa
Lazio tampil sebagai juara Coppa Italia setelah mengalahkan Atalanta 2-0 di laga final di Stadion Olimpico.
Lazio tampil sebagai juara Coppa Italia setelah di final mengalahkan Atalanta 2-0 di Stadion Olimpico, Kamis 16 Mei 2019 dini hari WIB. (Foto: dailymail.co.uk)

Jakarta - Lazio akhirnya bisa berlaga di Liga Europa setelah memenangi Coppa Italia. Di laga puncak di Stadion Olimpico, Kamis 16 Mei 2019 dini hari WIB, Lazio mengalahkan Atalanta 2-0. 

Sukses itu mengantarkan Lazio mengakhiri musim dengan raihan trofi. Pasalnya tim biru langit ini gagal di kompetisi Serie A Italia. Kini, mereka bisa berlaga di kompetisi kasta kedua Eropa.

Keberhasilan merengkuh trofi juara menjadikan Lazio untuk ketujuh kalinya memenangi Coppa Italia dari 10 kali mencapai final. Mereka pun menyamai rekor Inter Milan sekaligus menjadi tim ketiga yang paling banyak menjadi juara Coppa Italia. 

Saat ini, Juventus masih memegang rekor sebagai tim terbanyak menjadi juara. Tim tersebut tercatat 13 kali mengangkat trofi. Disusul AS Roma yang sudah sembilan kali menjadi juara. 

Ini kemenangan yang luar biasa. Kami merayakannya di stadion kami bersama suporter

Ini juga menjadi gelar pertama pelatih Lazio Simone Inzhagi. Namun sebagai pemain, saudara dari eks striker tim nasional Italia, Filippo Inzaghi, ini sudah tiga kali memenanginya. Dia meraihnya bersama I Biancocelesti.

Sebaliknya, Atalanta baru sekali memenangi Coppa Italia pada 1963. Ini juga menjadi final pertama sejak 1996. Saat itu, Atalanta dikalahkan Fiorentina yang diperkuat sang legenda, Gabriel Batistuta. 

Final tersebut berjalan ketat dan kedua memeragakan permainan dengan tempo tinggi. Atalanta yang tengah menanjak di kompetisi Serie A Italia benar-benar merepotkan Lazio. 

Lazio akhirnya bisa membobol gawang Atalanta menjelang akhir pertandingan oleh pemain pengganti Sergej Milinkovic-Savic. Sebelumnya, Milinkovic-Savic masuk menggantikan Luis Alberto di menit 79. Hanya berselang tiga menit, dia berhasil memecah kebuntuan. Sedangkan Joaquin Correa memantapkan keunggulan timnya di menit terakhir.  

Inzaghi pun merasa puas dengan keberhasilan timnya meraih trofi. Apalagi keberhasilan itu diraih di hadapan pendukungnya karena laga final digelar di Olimpico yang menjadi markas Lazio dan Roma. 

"Ini kemenangan yang luar biasa. Kami merayakannya di stadion kami bersama suporter," kata Inzaghi yang mengakui Lazio menghadapi laga yang tidak mudah. 

"Kami menjalani pertandingan yang ketat dan kesulitan mendapatkan peluang bagus. Di babak kedua, permainan kami menjadi lebih baik dan bisa memanfaatkan peluang dari bola mati. Kami pantas menjadi juara. Selama tiga tahun terakhir kami bekerja keras dan kini kami bisa menikmatinya," ujar dia seperti dikutip forzaitalianfootball.com. []

Baca juga: 

Berita terkait
0
Seusai Mahfud MD, Christiany Tetty Tiba di Istana
Christiany Eugenia Tetty Paruntu, bupati terpilih di Kabupaten Minahasa Selatan periode 2010-2015 menjadi orang kedua yang datang ke Istana Negara.