Jokowi: Tingkatkan Asupan Gizi dengan Buah dan Sayuran

Jokowi menyebut tingkat konsumsi masyarakat Indonesia terhadap buah-buahan masih jauh dari rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).
Ilustrasi buah. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Presiden Jokowi mengimbau agar masyarakat meningkatkan asupan gizi dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran selama Pandemi Covid-19.

Menurut Jokowi, buah dan sayur dapat meningkatkan stamina dan imunitas tubuh yang dapat melawan paparan virus.

"Di masa pandemi seperti sekarang ini kita harus terus menjaga stamina dan meningkatkan imunitas tubuh, yaitu dengan mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayur agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit," kata Jokowi dalam Pembukaan Gelar Buah Nusantara ke-6, Senin, 9 Agustus 2021.

Eks Wali Kota Solo itu juga mengimbau masyarakat untuk lebih mencintai aneka buah-buahan nusantara. Dia menilai kandungan gizi yang ada dalam buah-buahan khas Indonesia tak kalah berlimpah dibandingkan buah impor.

Selain dapat menambah asupan gizi, lanjut Jokowi, masyarakat juga ikut membantu petani-petani buah dengan mengonsumsi buah Nusantara. Dengan begitu, para petani buah makin bersemangat, produktif, dan sejahtera di masa pandemi.

"Para pelaku usaha buah juga akan semakin berkembang sehingga ekosistem usaha buah nasional bergerak semakin maju," katanya.


Di masa pandemi seperti sekarang ini kita harus terus menjaga stamina dan meningkatkan imunitas tubuh, yaitu dengan mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayur agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit.


Jokowi menyebut tingkat konsumsi masyarakat Indonesia terhadap buah-buahan masih jauh dari rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Padahal, beragam jenis buah tersedia di seluruh Nusantara.

"Meskipun kita memiliki banyak buah-buahan khas Indonesia, namun tingkat konsumsi buah kita masih rendah 88,5 gram per orang per hari. Masih jauh di bawah rekomendasi WHO sebesar 150 gram per orang per hari," ujar Jokowi. []

Baca juga: Jokowi Wanti-wanti Lonjakan Covid-19 di Luar Jawa dan Bali

Berita terkait
Jokowi Resmikan Layanan Perizinan Online Terintegrasi
Presiden sampaikan sistem OSS berbasis risiko bertujuan untuk mendapatkan izin berusaha bagi para pelaku usaha di Indonesia
Jokowi: Saya Tak Mau Dengar Lagi, Akan Cek Langsung!
Presiden Jokowi menegaskan dirinya tidak ingin mendengar lagi ada suap di kalangan birokrasi.
Jokowi Instruksikan Perketat Mobilitas di Luar Jawa dan Bali
Presiden Jokowi menginstruksikan kepada pemerintah daerah dan aparat untuk melakukan pembatasan mobilitas masyarakat secara ketat.
0
Jokowi: Tingkatkan Asupan Gizi dengan Buah dan Sayuran
Jokowi menyebut tingkat konsumsi masyarakat Indonesia terhadap buah-buahan masih jauh dari rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).