Bogor, (Tagar 4/8/2018) - Presiden Joko Widodo mengumpulkan atlet, artis, pegiat sosial media dan netizen di halaman belakang Gedung Induk Istana Kepresidenan Bogor, dalam rangka lebih menggaungkan promosi perhelatan Asian Games.

"Para netizen, para atlet, artis, yang siang ini berkumpul di Istana Bogor, saya titip satu. Terus harus kita promosikan yang namanya Asian Games 2018 yang tinggal 14 hari lagi," kata Presiden di Istana Bogor, Sabtu siang (4/8) mengutip Antara.

Kepala Negara berharap perhelatan besar bangsa yang akan dihadiri 16 ribu atlet dan ofisial dari 45 negara di Asia ini terus diangkat.

"Kita juga ingin prestasi kita masuk 10 besar, karena sebelumnya kita di ranking 17 di Asian Games sebelumnya. Saya minta 10 besar. Terakhir saya bisik-bisik lagi, sebetulnya saya minta 8, bukan 10. Kita ini bangsa besar, jangan sampai 10 besar saja tidak masuk," ujar Presiden melalui keterangan tertulis Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden diterima Tagar News.

Dua pekan menjelang perhelatan akbar olahraga se-Asia tersebut, Presiden menilai persiapan Indonesia sebagai tuan rumah sudah sangat baik. Sebanyak 16 ribu atlet dan official dari 45 negara akan hadir dalam ajang multicabang olahraga ini.

"Semoga nanti penyelenggaraan pelaksanaannya berjalan dengan baik," lanjutnya.

Selain dari sisi persiapan dan prestasi, Presiden juga berpesan kepada semua pihak agar terus mempromosikan Asian Games 2018 ini, mengingat waktu pelaksanaan yang semakin dekat. 

Presiden ingin perhelatan akbar ini sukses dan tidak kalah dengan perhelatan Asian Games sebelumnya.

"Ini bukan perhelatan kecil-kecilan, tapi perhelatan olahraga 45 negara yang harus kita angkat terus agar perhelatan ini tidak kalah dengan perhelatan Asian Games sebelum-sebelumnya. Sehingga sekali lagi saya minta, negara minta, pemerintah minta, kita semuanya mengangkat, mempromosikan Asian Games 2018 ini," tuturnya.

JokowiPresiden Joko Widodo didampingi Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Kepala Staf Presiden Moeldoko, Deputi II Inasgoc Francis Wanandi. Presiden berbicara pada pegiat olahraga dan pegiat media sosial dalam rangka mempromosikan Asian Games 2018, di halaman belakang Gedung Induk Istana Kepresidenan Bogor, Sabtu siang 4/8/2018. (Foto: Rusman/Biro Pers Setpres)

Jalan Kaki Itu Sehat

Pada kesempatan ini, Presiden juga menyoroti masalah kesehatan masyarakat Indonesia. Presiden menginginkan masyarakat lebih rajin berolahraga dan melakukan aktivitas berjalan kaki.

"Saya membaca sebuah berita bahwa masyarakat kita ini malas berjalan agak jauh, agak dekat saja malas, apalagi agak jauh. Mau ke mal, parkir yang paling dekat dengan pintu biar jalannya dekat, iya kan? Iya ini fakta," ujarnya.

Presiden pun bercerita bahwa dirinya selalu menyempatkan untuk jogging, baik di pagi hari maupun siang hari. Ia pun berusaha untuk selalu berjalan kaki, terutama jika sedang melakukan kunjungan ke daerah.

"Saya kalau ke daerah ya isinya jalan saja, banyak jalan kakinya. Entah kalau itu masuk ke desa, entah kalau itu masuk ke sawah, entah di tepi pantai. Jalan itu menyehatkan, jalan itu enak," imbuhnya.

Di penghujung sambutannya, Presiden mengingatkan perihal satu event besar setelah Asian Games, yaitu Asian Paragames.

"Kita harap kita berkumpul lagi. Tapi setelah itu kita harus kumandangkan terus jalan sehat untuk masyarakat kita semuanya," tandasnya. 

Dalam acara ini, Presiden didampingi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Kepala Staf Presiden Moeldoko, Deputi II Inasgoc Francis Wanandi.

Sedangkan dari jajaran para artis tampak hadir David Naif, Ruth Sahanaya bersama suaminya Jefry Woworuntu, Dion Wiyoko, Aline Adita, Laura Basuki, Brian Sheila On 7 dan beberapa artis lainnya.

Selain itu juga para atlet dan mantan atlet, di antaranya Ricard Sambera mantan atlet renang, Icuk Sugiarto mantan atlet bulutangkis.

Koordinator Artis Andre Opa Samual, yang ikut hadir di Istana Bogor, berharap partisipasi artis dalam mensosialisasikan Asian Games ini bisa lebih menggaung lagi.

"Artis itu kan punya followers, punya fans diharapkan lebih banyak tahu," kata Andre Opa.

Dia berharap dengan diajaknya para artis ke Istana Bogor ini akan memberikan kesadaran mereka untuk melakukan sosialisasi melalui akun sosial medianya.

Selain mengaungkan Asian Games, momen ini juga sebagai upaya kampanye Jalan Terus Indonesia.

Deputi II Inasgoc Francis Wanandi mengatakan konsep Jalan Terus Indonesia agar masyarakat lebih bergerak.

"Karena ada masukan juga dari survei bahwa Indonesia itu negara yang penduduknya yang melakukan gerakan paling sedikit di dunia. Bahkan ada istilah 'mager' (males gerak), itu tidak sehat," kata Francis.

Dia berharap dengan adanya momen Asian Games ini bisa menyadarkan masyarakat untuk lebih bergerak sambil menyukseskan perhelatan Asian Games.

Francis berharap pemerintah, khususnya DKI Jakarta yang sudah membangun infrastruktur trotoar yang lebar tidak digunakan untuk jualan dan laju motor.

"Inilah upaya-upaya pemerintah seperti konsep car free day yang digagas pemerintah DKI Jakarta agar masyarakat lebih banyak bergerak," harapnya. []